Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Roda Gila Mobil? Ini Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

Otomotif

2023-05-05

Apa itu Roda Gila Mobil? Ini Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

Roda gila mobil merupakan istilah yang kerap kali terdengar di dunia otomotif. Istilah tersebut digunakan untuk menamai salah satu komponen mobil. Meski istilah tersebut kerap kali terdengar, tidak semua orang mengenali komponen tersebut. Agar Anda lebih mengenali komponen tersebut lebih jauh lagi, maka Anda perlu memperhatikan ulasan berikut ini. 

Apa itu Roda Gila Mobil?

Roda gila merupakan istilah lain dari komponen mobil bernama flywheel. Komponen ini berbentuk piringan dan terbuat dari material baja dengan kualitas tinggi sehingga kokoh. 

Fungsi Roda Gila

Mengingat namanya yang cukup unik dan tersemat kata-kata “gila” membuat para penggiat otomotif semakin penasaran akan fungsinya. Apakah fungsi komponen ini juga gila seperti namanya? Daripada Anda penasaran, mari perhatikan fungsi selengkapnya seperti berikut.

1. Menyimpan dan menyalurkan energi

Roda gila memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai penyimpan dan penyalur energi mekanik. Agar proses penyaluran energi mekanik dapat berjalan dengan baik, maka komponen ini memanfaatkan baut pengikat yang terdapat di ujung poros engkol. 

2. Menyeimbangkan putaran mesin

Fungsi selanjutnya, roda gila dapat menyeimbangkan putaran mesin sehingga akselerasi mobil lebih maksimal. Seperti diketahui suplai energi yang berasal dari piston kerap kali terlalu berlebihan. Kondisi tersebut tentunya dapat menyebabkan putaran mesin menjadi kurang rata sehingga kasar dan tidak selaras. Dengan adanya roda gila maka energi yang berlebih tersebut diubah menjadi lebih seimbang.

3. Memaksimalkan kecepatan putaran mesin

Fungsi selanjutnya, roda gila juga mampu meningkatkan kecepatan putaran mesin sehingga lebih maksimal. Kondisi tersebut dapat terjadi karena roda gila merupakan tempat pertama dimana pemutaran mesin terjadi ketika mesin mobil dihidupkan. Di bagian tepi roda gila terdapat ring gear yang langsung terhubung dengan bagian pinion gear dan berfungsi memulai proses pembakaran bensin. 

4. Menghubungkan komponen kopling

Fungsi terakhir dari roda gila ialah berfungsi sebagai penghubung komponen kopling mobil. Mengapa bisa demikian? Sebab roda gila dimanfaatkan sebagai tempat atau wadah pemasangan komponen kopling seperti clutch cover. Selanjutnya pada bagian tengah dipasang plat kopling yang terhubung dengan komponen poros transmisi. Pada saat clutch cover dan roda gila menjepit plat kopling maka poros transmisi akan berputar.

Baca Juga : Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah

Jenis-Jenis Roda Gila Mobil

Setelah Anda mengetahui fungsi dari roda gila, selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa jenis roda gila. Berikut jenis selengkapnya.

1. Roda gila massa tunggal

Jenis ini memiliki diameter sebesar 300 mm hingga 400 mm dan digunakan pada mobil dengan keluaran tahun lama. Keunggulan roda gila jenis ini terdapat pada harganya yang ekonomis. Sedangkan untuk kekurangannya, roda gila ini tidak dapat menahan getaran atau guncangan baik sehingga mengurangi kenyamanan penumpang ketika mobil melewati jalanan yang kurang rata.

2. Roda gila massa ganda

Jenis kedua ada roda gila massa ganda yang digunakan pada mobil-mobil keluaran tahun terbaru. Keunggulan jenis ini mampu meredam getaran dan guncangan lebih baik daripada jenis sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena jenis ini mempunyai dua cakram pada bagian kopling dan poros engkol yang terpisah. Selain itu, roda gila ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat. Untuk segi kekurangannya, jenis ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Cara Kerja Roda Gila

Cara kerja roda gila terbilang sederhana, roda gila menyimpan energi mekanik yang berasal dari bagian torsi mesin. Selanjutnya, energi tersebut akan dilepaskan dengan cara melakukan putaran mesin. Putaran mesin tersebut menjadi meningkat ketika kondisi energi mekanik disimpan oleh roda gila. Sedangkan ketika energi mekanik tersebut dilepaskan maka putaran mesin menjadi stabil.

Agar kondisi roda gila pada mobil Anda selalu terjaga, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin. Berbicara soal perawatan mobil yang tepat dan profesional, Anda bisa mengunjungi bengkel Daihatsu. Di bengkel ini Anda akan mendapatkan perawatan dengan tenaga ahli dan peralatan perawatan yang mumpuni. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Strut Bar Mobil? Ini Fungsi Lengkapnya!

2023-03-16

Jika Anda sedang mencari strut bar mobil, maka hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, sebelum membeli Anda perlu mengetahui beberapa

thumbnail

Penyebab Knalpot Mobil Nembak dan Cara Mengatasinya

2023-01-03

Tahukah Anda penyebab knalpot mobil nembak? Agar tidak terjadi knalpot mobil yang sering nembak harus melakukan

thumbnail

Apa itu Detonasi pada Mesin Mobil? Ini Penyebab dan Solusinya

2024-01-15

Apa itu detonasi pada mesin mobil? Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut ketika sedang melakukan perawatan mobil di bengkel. Lantas apa saja yang meny

thumbnail

3 Fungsi Kampas Ganda Mobil, Cara Kerja & Tips Perawatannya

2023-04-10

Fungsi kampas ganda mobil terbilang cukup penting terhadap manuver mobil. Oleh karena itu, perlu dirawat secara rutin dan berkala. Berikut akan dijelaskan mengenai f