Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa Fungsi Flywheel pada Mesin Mobil? Berikut Penjelasannya
16 Februari 2021
fungsi flywheel

Mobil tanpa adanya komponen didalamnya, layaknya tubuh tanpa tulang. Yang mana berbagai komponen yang ada di kendaraan roda empat ini sangat berperan penting antara satu dengan yang lainnya, salah satunya flywheel

Tugas utamanya yakni melepaskan energi beban mekanik pada piston. Selain itu, terdapat fungsi flywheel atau roda gila lainnya. Berikut ulasannya.

1. Membuat Putaran Mesin Menjadi Lebih Seimbang

Agar kendaraan bisa selaras, diperlukan putaran mesin yang seimbang. Bukan hanya selaras saja, dengan putaran yang seimbang tersebut bisa dipastikan jika engine bisa bekerja lebih optimal lagi. 

Maka dari itu, roda gila dihadirkan untuk menciptakan putaran engine lebih seimbang yang diakibatkan oleh energi dihasilkan oleh sistem meski sumbernya tidak berkelanjutan.

Roda gila terpasang pada bagian crankshaft yang mana kerap digunakan untuk membuat keseimbangan pada kinerja engine. Bila putaran mesin tersebut tidak merata, maka energi yang dihasilkan pun tidak memiliki daya sebagaimana layaknya. 

Tapi jangan khawatir, karena kecepatan yang tidak seimbang tersebut kini bisa diredam lebih baik secara otomatis berkat fungsi flywheel.

2. Menyimpan dan Menyalurkan Putar dari Mesin

Jika pada fungsi pertama, roda gila berperan untuk membuat putaran mesin menjadi lebih seimbang. Maka kali ini, ia mampu menyalurkan dan menyimpan energi putar mesin tersebut. 

Misalnya saja, ketika kendaraan mulai dinyalakan hingga menghasilkan tenaga putar, secara otomatis roda gila akan menyimpan energi tersebut dan menyalurkannya kembali.

Biasanya, proses satu ini dipengaruhi oleh poros engkol yang menjadi bagian dari penyaluran tenaga pada roda gila. 

Pada poros engkol ini terdapat beberapa baut yang mengikat dari bagian ujung hingga akhir. Beberapa baut tersebut bukan hanya tanpa alasan, melainkan untuk membantu poros melakukan kerjanya. Alhasil, membuatnya bisa bekerja menjadi lebih baik.

Baca juga: Mengenal Fungsi Poros Engkol pada Kendaraan Roda Empat

3. Memutar Mesin Ketika di Starter Pertama Kalinya

Hal pertama yang dilakukan pada mobil sebelum digunakan untuk bepergian, yakni menyalakannya terlebih dahulu dengan cara menstarternya. Pada saat itu, fungsi flywheel sedang berperan. Yang mana, roda gila sangat berperan dalam membantu memutar mesin ketika di starter atau dinyalakan untuk pertama kalinya. 

Di bagian tepinya, terdapat ring gear yang berkaitan dengan pinion gear starter. Hal inilah yang membuat roda gila membantu untuk memutar mesin. 

Ketika dinyalakan, roda gila pun ikut berputar. Perputaran tersebutlah menyebabkan munculnya efek domino ke bagian lainnya di dalam kendaraan roda empat. Akhirnya, engine hidup dan bisa digunakan.

4. Tempat Pemasangan Kopling Mobil

Bagi kendaraan roda empat yang menggunakan transmisi manual, pastinya membutuhkan kopling untuk menjalankan engine di dalamnya.

Hadirnya roda gila dalam mobil ternyata sangat membantu. Bagaimana tidak, ternyata komponen ini digunakan sebagai tempat untuk pemasangan kopling kendaraan bertransmisi manual saja. 

Meski begitu, bukan berarti roda gila tidak berperan penting untuk mobil bertransmisi otomatis. Pasalnya, komponen ini mengikat komponen Torque Converter

Salah satu komponen kopling yang biasanya dipasang menyatu dengan roda gila yakni Clutch Cover. Antara Clutch Cover dan komponen ini lebih tepatnya di bagian tengahnya, dipasangkan plat kopling.

Plat kopling yang dipasang tersebut telah terhubung dengan poros transmisi. Sehingga secara otomatis, ketika plat kopling terjepit roda gila dan Clutch Cover, maka poros transmisinya akan berputar. 

Begitupun sebaliknya, bila tidak terjepit, maka fungsi flywheel tidak akan berjalan. Yakni tenaga putar mesin menjadi terputus alhasil poros transmisi terbebas dari hal tersebut.

Sebetulnya, ada banyak sekali komponen dalam kendaraan roda empat yang berperan penting. Namun hal ini pun tidak luput dari roda gila, yang mana keberadaannya sangatlah dibutuhkan demi menjalankan mesin kendaraan. 

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Fungsi Fungsi Throttle Position Sensor

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku