Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Strut Bar Mobil? Ini Fungsi Lengkapnya!
16 Maret 2023
Apa itu Strut Bar Mobil? Ini Fungsi Lengkapnya!

Jika Anda sedang mencari strut bar mobil, maka hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, sebelum membeli Anda perlu mengetahui beberapa fungsi serta tips dalam memilihnya yang akan dijelaskan pada kali ini.

Pengertian Strut Bar Mobil

Mungkin akan lebih baik jika pembahasan pada kali ini dimulai dengan pengertiannya terlebih dahulu. Strut bar merupakan sebuah palang besi yang dipasang melintang. Fungsi palang tersebut adalah untuk menghubungkan sasis di ruang mesin.

Beberapa orang kerap juga menyebutnya dengan istilah strut brace. Menurut beberapa sumber yang ada, strut bar memiliki cara kerja menghubungkan sasis dan suspensi bagian kiri dan kanan guna mengurangi kelenturan body roll. Dengan begitu, keduanya akan bekerja seimbang.

Dari penjelasan tersebut, bisa dikatakan bahwa tanpa strut bar pada mobil, artinya salah satu sisi dari suspensi akan membutuhkan lebih banyak beban dan membuat kendaraan menjadi tidak seimbang.

Pada umumnya strut bar banyak dijumpai di beberapa mobil sport. Akan tetapi, untuk mobil lainnya juga tetap bisa menambahkan strut bar apabila ingin menampilkan kesan sporty atau sekadar mempercantik ruang mesin.

Ada beberapa material yang terdapat pada strut bar. Akan tetapi, material yang paling umum dipakai adalah metal. Untuk pemasangannya sebenarnya cukup mudah, yakni tinggal membuka cover door trim untuk bagian belakang, sedangkan di bagian depan akan dipasang di dudukan shockbreaker bagian atas.

Baca Juga : Pengertian Body Roll dan Dampaknya Bagi Kendaraan

Beberapa Fungsi Strut Bar Mobil

Seperti yang telah disinggung di bagian sebelumnya, strut bar memiliki fungsi menyeimbangkan sasis mobil. Akan tetapi, di luar itu sebenarnya masih ada beberapa fungsi lainnya. Agar lebih jelas, silakan simak bagian berikut ini.

1. Menjaga mobil tetap stabil

Ini adalah fungsi yang paling utama dari strut bar, yakni menjaga mobil agar tetap stabil. Inilah sebabnya penggunaan komponen tersebut sangat dianjurkan untuk kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi. Dengan begitu, mobil akan lebih mudah dikendalikan.

Meski begitu, untuk beberapa jenis mobil sport memang tidak perlu memasang ini karena sudah dibekali dari pabrikan. Hanya saja, jika ditambahkan pada mobil pada umumnya, sebenarnya fungsi ini tidak akan terlalu berpengaruh.

Karena memiliki fungsi menjaga mobil tetap stabil, pemasangan strut bar sangat disarankan terutama jika Anda sering berkendara di jalur bebas hambatan untuk menjaga kestabilan. Hal ini dikarenakan cukup banyak kasus kecelakaan di jalan tol gara-gara mobil tidak bisa dikendalikan.

2. Menyambungkan sasis

Hal ini sudah disinggung di bagian sebelumnya, yakni strut bar berfungsi untuk menyambungkan sasis mobil serta suspensi kiri dan kanan. Biasanya strut bar juga akan dilengkapi dengan stabilizer seperti roll bar untuk kepentingan keselamatan selama berkendara.

3. Mengurangi suspensi

Fungsi strut bar yang berikutnya adalah mengurangi fleksibilitas pada suspensi. Hal tersebut memiliki tujuan guna mengurangi ayunan yang berlebih. Dengan begitu, kendaraan akan tetap seimbang walaupun sedang melaju di kecepatan tinggi.

Anda akan merasakan kemudahan saat mengendalikannya karena traksi dan roda akan berputar secara optimal. Akan tetapi, fleksibilitas yang berkurang mungkin juga akan membuat kendaraan menjadi kurang nyaman terutama di jalanan yang bergelombang dan tidak rata.

4. Membagi gaya kedua roda

Terakhir, strut bar memiliki fungsi untuk membagi gaya antara kedua roda kiri dan kanan. Dengan menghubungkan strut bar, maka komponen ini akan membagi gaya serta tekanan di kedua poros roda.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai strut bar beserta apa saja fungsinya. Mulai saat ini, Anda sudah memahami tentang komponen tersebut dan bisa diterapkan untuk berbagai keperluan.

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku