Logo Daihatsu
Menu

Pengertian Sasis Mobil dan Mengenal Seperti Apa Bentuknya

Otomotif

2021-01-06

pengertian dan bentuk sasis mobil

Bila diibaratkan manusia, mobil pun memiliki sebuah kerangka yang menopangnya. di mana kerangka tersebut dikenal dengan istilah chasis atau sasis. Keberadaan sasis pada kendaraan roda empat ini memegang peranan sangat penting. 

Di mana ia memiliki fungsi untuk menggerakkan bodi mobil. Berikut akan diulas pengertian dan bentuk sasis mobil yang perlu Anda ketahui. 

Pengertian Sasis Mobil

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mobil memiliki sebuah kerangka yang disebut dengan istilah chasis atau sasis. Sasis sendiri merupakan kerangka internal kendaraan roda empat yang digunakan sebagai penopang beragam komponen mobil. 

Tak hanya berguna menopang komponen mobil saja, sasis pula mampu menyokong beban kendaraan serta penumpang.

Chassis juga memiliki fungsi guna mempertahankan bentuk kendaraan roda empat agar tetap kokoh. Karena itulah, sasis terbuat dari material atau bahan khusus yang sangat kuat dan sanggup menahan segala beban dari kendaraan.

Biasanya, sasis dibuat dari kerangka besi atau baja yang telah didesain khusus sehingga mampu memenuhi segala kebutuhan seperti keamanan dan ketahanan.

Baca juga: Yuk, Ikuti 4 Cara Bongkar Mesin Mobil yang Benar

Macam Macam Bentuk Sasis Mobil

Sebenarnya pengertian dan bentuk sasis mobil tak hanya satu saja, melainkan terdapat beragam jenis lainnya yang saling bekerjasama untuk menopang segala beban kendaraan. 

1. Ladder Frame 

Memiliki bentuk seperti tangga, bagian sasis ladder frame ini merupakan dasar bagian dudukan bodi kendaraan, mesin, transmisi, dan komponen kendaraan roda empat lainnya.

Karena itulah, ladder frame diletakkan di bagian bawah guna menopang bodi, mesin, dan semua komponen mobil. Umumnya, bagian ini terbuat dari baja simetris berbentuk balok di mana di bagian tertentu diperkuat menggunakan tambahan join dan crossmember

Bahkan pada desain tertentu, bagian sasis ladder frame ini biasanya diperkuat dengan besi menyilang diantara bingkainya.

2. Monocoque chassis atau Sasis Monokok 

Sasis jenis ini dibuat menyatu dengan bodi mobil. Bisa dibilang pengertian dan bentuk sasis mobil ini merupakan bagian terluar bodi mobil yang sengaja didesain sedemikian rupa. 

Kegunaannya mampu melindungi ruang kabin dari benturan. Bagian monocoque chassis dibuat dari beberapa lembaran baja komposit untuk membentuk kerangka bodi mobil.

3. Backbone Chassis 

Memiliki peranan sebagai tulang kerangka utama tunggal, backbone chassis melintang sepanjang bagian tengah kendaraan roda empat, sehingga antara bagian depan dan belakang saling terhubung satu sama lain. 

Hampir keseluruhan bagian bernama backbone chassis ini dibekali dengan struktur yang kaku guna menahan beban berat pada kendaraan.

4. Tubular Space Frame 

Memanfaatkan beragam rangkaian pipa baja, di mana rangkaian pipa baja ini nantinya akan menyerupai bentuk mobil pada umumnya sesuai dengan konstruksi yang diinginkan. 

5. Aluminium Space Frame 

Sasis ini menggunakan lembaran plat baja. Sesuai dengan namanya, pengertian dan bentuk sasis mobil ini memanfaatkan aluminium sepenuhnya.

Bayangkan saja bila bagian sasis tidak ada di kendaraan roda empat, pastinya mobil tidak akan bisa digerakkan meski telah dilengkapi dengan berbagai komponennya. 

Anda ketahui, bahwa kini banyak pabrikan kendaraan bermotor yang mulai mengembangkan bagian sasis ini menjadi berbagai bentuk menyesuaikan instruksi yang diinginkan. 

Baca juga: Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Blokir STNK Mobil Online Mudah Tanpa ke Samsat

2024-01-28

Mengapa Anda perlu memblokir STNK mobil setelah menjual atau mentransfer kepemilikan? Pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil, diwajibkan untuk melakukan pemblokiran identitas Surat Tanda Nomor

thumbnail

Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering

2022-12-27

Merawat aki kering sebenarnya lebih mudah. Namun ada kalanya aki kering soak dan perlu diperbaiki. Berikut adalah cara memperbaiki aki kering yang mudah.

thumbnail

Daihatsu Tampil di Pameran Otomotif GIIAS 2023, Ini Fakta Menariknya!

2023-08-11

Pameran Otomotif GIIAS 2023 merupakan pameran otomotif tahunan di Indonesia yang kehadirannya selalu menyita animo ma