Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Water Repellent pada Mobil? Ternyata Berguna Saat Hujan!

Otomotif

2023-05-08

Apa itu Water Repellent pada Mobil? Ternyata Berguna Saat Hujan!

Berbicara mengenai perawatan mobil, Anda pasti pernah mendengar istilah water repellent. Lantas apa arti istilah tersebut? Agar Anda tidak penasaran, yuk ketahui informasi selengkapnya dengan memperhatikan ulasan berikut ini. 

Apa itu Water Repellent?

Water repellent merupakan cairan tahan air yang digunakan untuk melapisi kaca mobil. Cairan ini biasanya digunakan pada musim hujan karena memberikan beragam manfaat. Lantas apa saja manfaatnya? Yuk ketahui dengan memperhatikan ulasan di bawah ini.

Fungsi Water Repellent

Water repellent memiliki beberapa fungsi yang kaya akan manfaat. Berikut fungsi selengkapnya.

1. Melindungi kaca mobil dari air hujan

Fungsi utama dari water repellent ialah melindungi kaca mobil dari air hujan. Seperti diketahui air hujan memiliki kadar pH tersendiri yang dapat membuat eksterior mobil berbahan logam mudah berkarat. Selain itu air hujan juga dapat membuat kaca mobil gelap ketika sedang berkendara. 

Cairan pelapis tahan air ini dibuat menggunakan material senyawa kimia seperti polimer, silikon, dan lainnya. Senyawa tersebut nantinya akan membentuk sifat hidrofobik ketika digunakan di kaca mobil. Dengan begitu permukaan kaca mobil tidak akan bersentuhan langsung dengan air hujan. Hal ini membuat air hujan cepat mengalir ketika menyentuh permukaan kaca mobil.

Baca Juga : Daftar Produk untuk Mengkilapkan Cat Mobil yang Bisa Sahabat Pilih

2. Melindungi kaca mobil dari segala macam kotoran yang menempel

Tidak hanya air hujan, kotoran seperti cipratan lumpur, debu, hingga serangga juga bisa dihilangkan dengan water repellent. Sebab cairan ini, akan memudahkan cairan pembersih kaca mobil dalam bekerja sehingga kebersihan kaca mobil selalu terjaga.

3. Melindungi kaca dari radiasi sinar UV

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat melindungi kaca dari radiasi sinar UV. Seperti diketahui radiasi sinar UV dapat mempercepat usia kerusakan kaca mobil. Jika kaca mobil sering terpapar sinar UV maka kaca mobil akan tampak kusam kekuningan dan mudah baret. Dengan adanya water repellent ini, kaca mobil Anda akan terlihat lebih jernih dan menjaga struktur kaca mobil agar tidak rusak.

4. Mengurangi pemakaian wiper

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat mengurangi pemakaian wiper sehingga wiper tidak mudah aus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sifat hidrofobik yang dihasilkan oleh water repellent ini membuat air hujan cepat mengalir. Selain itu, kaca menjadi mudah dibersihkan sehingga pemakaian wiper dapat dikurangi. Dengan begitu motor wiper menjadi lebih awet karena tidak terus-terusan dipaksa untuk membersihkan kotoran ataupun air hujan.

5. Meningkatkan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara

Fungsi selanjutnya, water repellent dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Mengapa bisa demikian? Sebab sifat hidrofobik dari water repellent dapat menjaga kaca mobil dari kusam kekuningan akibat radiasi sinar UV. Hal tersebut tentu memberikan efek nyaman bagi para pengemudi mobil.

Selain itu, water repellent juga dapat membasmi kabut yang menempel di kaca mobil. Bahkan ketika hujan deras, kaca mobil juga akan tetap jernih dan tidak mengganggu jarak pandang pengemudi. Dengan begitu visibilitas pengemudi tetap prima sehingga tetap fokus ketika berkendara.

Cara Menggunakan Water Repellent yang Benar

Jika Anda tertarik untuk menggunakan water repellent pada kaca mobil. Anda perlu memperhatikan cara penggunaannya yang benar agar hasil yang didapatkan maksimal. Berikut cara selengkapnya.

  1. Siapkan water repellent terlebih dahulu. Sebelum membelinya Anda bisa mencari rekomendasi produk terbaik di internet.
  2. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan permukaan kaca mobil terlebih dahulu. Hindari penggunaan cairan pembersih kaca mobil yang mengandung amonia karena dapat menimbulkan reaksi kimia. Reaksi tersebut nantinya dapat merusak struktur kaca mobil dan penggunaan water repellent kurang optimal.
  3. Setelah dibersihkan, tunggu beberapa saat hingga kaca kering.
  4. Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan water repellent di aras kaca mobil. Pastikan Anda mengoleskan cairan ini secara merata.
  5. Selanjutnya, biarkan sampai kering. Jika sudah, ambil kain mikrofiber lalu gosok bagian kaca mobil hingga rata dan berkilau.

Setelah Anda membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Bayar Pajak Mobil Plat Luar Daerah dengan Mudah dan Cepat

2023-09-29

Tuntutan pekerjaan terkadang membuat para pekerja harus menetap di suatu daerah yang berbeda dengan domisili asal. Hal tersebut, kerap kali menjadi faktor penyebab p

thumbnail

Kendaraan Ogah Jalan? Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

2021-01-12

Tatkala mengemudikan kendaraan, pastinya kondisi gigi persneling mobil akan masuk. Namun bagaimana jika kondisi persneling tidak bisa masuk? Tentunya akan hal ini nantin

thumbnail

Perbedaan Penggerak Mobil FWD dan RWD, Yuk Ketahui!

2022-11-07

FWD adalah singkatan dari Front Wheel Drive atau lebih dikenal dengan sistem penggerak roda depan. Seperti diketahui dalam dunia kendaraan roda empat, siste

thumbnail

4 Rekomendasi Mobil Paling Nyaman untuk Perjalanan Jauh

2023-04-12

Ketika Anda hendak melakukan perjalanan jauh, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar perjalanan Anda aman dan nyaman. Mulai dari kondisi fisik yang prima,