Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Apakah Aki Basah Bisa Dicas? Ini Info dan Cara Mengatasinya!
09 November 2023
Apakah Aki Basah Bisa Dicas? Ini Info dan Cara Mengatasinya!

Apakah aki basah bisa di cas? Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh orang yang awam mengenai dunia otomotif? Lantas apakah bisa? Yuk temukan jawaban selengkapnya dengan memperhatikan informasi berikut ini.

Apakah Aki Basah Bisa Dicas?

Agar sistem kelistrikan mobil berjalan dengan baik tentu dibutuhkan aki sebagai komponen penyimpan dan penyuplai kelistrikan. Seiring penggunaannya, daya aki juga akan berkurang. Lantas apakah aki basah mobil bisa di cas kembali? Jawabannya bisa, asalkan kondisi aki tidak rusak. Justru para ahli otomotif, menyarankan aki basah untuk dicas ulang ketika Anda baru membelinya.

Cas ulang aki basah tersebut bertujuan agar kinerja aki selalu optimal ketika digunakan dan memperpanjang usia keausan aki. Sebab, kemungkinan aki baru yang Anda beli, sudah terlalu lama tersimpan di toko sehingga daya listrik aki sudah menurun atau berkurang.

Mengapa Aki Basah Mobil Tidak Dapat Dicas Ulang? 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengecas ulang aki basah dapat mengoptimalkan kinerja aki. Namun, terkadang aki basah yang dicas tidak dapat menyimpan setrum dengan baik, bahkan tidak dapat menyimpan setrum sama sekali. Lantas apa penyebabnya? Berikut penyebab selengkapnya.

1. Dinamo ampere rusak

Dinamo ampere yang rusak merupakan penyebab utama aki basah tidak bisa menyimpan setrum saat dicas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh overcharging. Akibatnya menyebabkan penguapan air aki yang sangat cepat.

2. Penggunaan air aki yang tidak sesuai

Agar kinerja aki basah maksimal, perlu dilakukan pengisian air aki sesuai standar seperti air demineral atau air zuur. Apabila Anda menggunakan air aki yang mengandung mineral, maka dapat merusak daya penyimpanan listrik ketika aki dicas.

3. Faktor usia pemakaian aki

Pemakaian aki yang sudah melebihi batas usia pakainya maka dapat membuat aki basah tidak bisa dicas. Seperti diketahui, aki basah memiliki usia standar pemakaian selama tiga tahun. Namun, jika perawatan aki dilakukan dengan benar maka tidak menutup kemungkinan usia aki bisa mencapai lima tahun bahkan lebih.

Cara Mengatasi Aki Basah yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Ada beberapa cara mengatasi aki basah mobil Anda tidak bisa menyimpan setrum saat dicas yang perlu Anda ketahui. Berikut cara mengatasi selengkapnya.

1. Mempersiapkan alat perbaikan

Langkah pertama, Anda perlu menyiapkan beberapa alat perbaikan aki basah seperti, sarung tangan karet, jarum suntik atau pipet, battery charger, air aki, USP Magnesium Sulfate, hingga pisau.

2. Mengeluarkan aki dan menyimpan aki basah di tempat yang aman

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan, ketika Anda hendak melakukan perbaikan aki basah ialah menggunakan sarung tangan karet sebelum melakukan perbaikan hingga proses perbaikan selesai. Sebab air aki mengandung zat kimia yang dapat membuat kulit Anda melepuh jika terkena cairan tersebut.

Setelah Anda menggunakan sarung tangan karet, buka terlebih dahulu kap mesin. Selanjutnya, keluarkan aki basah secara hati-hati dan perlahan. Tempatkan aki di tempat yang datar dan aman dari jangkauan anak kecil. Gunakan pisau untuk membuka penutup aki dan keluarkan air aki yang lama. 

3. Membuat air aki sesuai standar

Selanjutnya, Anda perlu membuat air aki sesuai standar. Pertama-tama, Anda siapkan terlebih dahulu jarum suntik atau pipet. Kemudian suntik pipet tersebut ke dalam sel-sel aki hingga air aki di dalamnya tersisa kurang lebih 30%-40%. Selanjutnya, Anda perlu memindahkan air aki yang sudah tersedot pipet tersebut ke dalam wadah kaca agar tidak membahayakan kulit Anda.

Kemudian Anda campurkan USP magnesium sulfat ke dalam air mendidih. Selanjutnya, campurkan cairan ini ke dalam air aki yang baru. Kemudian aduk kedua cairan tersebut hingga merata. Selanjutnya, campurkan cairan tersebut ke dalam sel aki basah dengan bantuan pipet. 

4. Mengisi daya baterai

Langkah selanjutnya, gunakan battery charger dan pastikan tutup sel tidak Anda tutup selama proses pengisian daya berlangsung. Apabila kondisi aki sudah rusak parah, lakukan pengisian daya selama semalam suntuk. Anda juga bisa menggunakan alternator apabila tidak memiliki battery charger. Jangan lupa menutup tutup sel jika Anda menggunakan metode ini.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda contoh dalam mengatasi masalah aki basah tidak dapat dicas. Kunjungi bengkel resmi Dahatsu terdekat apabila Anda kurang mahir dalam melakukan perbaikan tersebut. 

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku