Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengecek Dinamo Ampere Mobil & Memperbaikinya

Otomotif

2022-08-15

Cara Mengecek Dinamo Ampere Mobil & Memperbaikinya

Pernahkah dinamo ampere mobil Anda bermasalah? Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya, ada baiknya untuk cek terlebih dahulu. Jika Anda bingung bagaimana cara mengecek dinamo ampere mobil hingga cara memperbaikinya, simak postingan ini sampai selesai.

Perlu diketahui beberapa peranti mobil seperti starter mobil, lampu, dan perangkat listrik lainnya, membutuhkan aliran energi listrik agar bisa menyala.

Energi listrik tersebut didapat dari dinamo ampere yang berfungsi sebagai penyuplai arus listrik ketika mesin mobil dalam keadaan hidup. Oleh karena itu, wajib bagi pemilik mobil untuk selalu rutin melakukan pengecekan.

Cara Mengecek Dinamo Ampere Mobil

Biasanya pengecekan dinamo ampere dilakukan di bengkel secara berkala sebagai antisipasi terjadi kerusakan mobil yang masif.

Tetapi ada baiknya Anda juga mengerti cara cek pengisian dinamo ampere ini secara mandiri terutama jika dalam keadaan darurat seperti mobil mati secara mendadak.

Baca Juga : Begini Cara Pasang Kabel Dinamo Ampere dengan Mudah

1. Uji Kemagnetan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan uji kemagnetan pada bagian pulley dan bodi dinamo. Proses uji ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada kabel yang terputus, atau untuk mengecek kondisi rotor dan stator. 

Cara uji kemagnetan dinamo ampere terbilang mudah. Pertama Anda siapkan kunci pas atau obeng. Lalu buka bagian kap mesin, dan putar kunci kontak pada dinamo ampere ke posisi ON. Kemudian, tempelkan kunci pas atau obeng pada bagian roda pemutar atau pulley dinamo

Jika kunci pas atau obeng tertarik pada saat ditempelkan maka daya magnet dinamo atau field coil masih berfungsi dengan baik.

Jika tidak tertarik kemungkinan kabel kumparan pada dinamo terputus atau carbon brushnya sudah habis. Jangan lupa juga cek pada bagian stator coil apakah masih memiliki daya magnet dengan menempelkan obeng ketika mobil dalam keadaan menyala.

2. Cek Tegangan dan Arus Dinamo Ampere

Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan proses pengecekan tegangan dan arus dinamo ampere dengan hanya menggunakan kunci pas atau kunci ring ukuran 10.

Proses pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui sistem IC regulator atau cut out apakah masih berfungsi dengan baik. 

Pertama, Anda buka bagian kap mesin, dan nyalakan mobil terlebih dahulu agar arus listrik dapat terdeteksi dengan baik. Setelah itu, kendorkan baut aki khususnya bagian terminal positif, lalu lepas kabel terminal aki tersebut. 

Jika kondisi mobil mendadak mati, bisa disimpulkan bahwa dinamo ampere rusak. Namun sebaliknya, apabila masih menyala berarti dinamo ampere dalam kondisi prima.

Hindari melakukan proses pengetesan sistem pengisian secara berulang karena dapat membuat IC regulator rusak, dan selalu hati-hati dalam melakukan pengetesan agar tidak kesetrum. 

Ciri Dinamo Ampere Mobil Rusak

Apa penyebab dinamo ampere tidak mengisi? Berikut adalah beberapa ciri dinamo ampere lemah dan perlu diganti.

  1. Intensitas cahaya lampu sorot mobil berkurang atau redup.
  2. Lampu indikator pada bagian dashboard selalu menyala padahal kondisi aki mobil masih normal.
  3. Suplai energi listrik pada aki menjadi kurang maksimal.
  4. Timbul bunyi decitan di bagian mesin saat mobil menyala.
  5. Tercium bau seperti karet terbakar di dalam mesin.
  6. Aki menjadi lebih boros atau mudah tekor.
  7. Mobil mogok secara mendadak.

Cara Memperbaiki Dinamo Ampere yang Rusak

Apakah dinamo ampere bisa diperbaiki? Ya, tentu saja bisa. Cara memperbaiki dinamo ampere cukup mudah, Anda tinggal mengikuti 3 langkah dibawah ini :

1. Cek Bagian Fisik Dinamo Ampere

Langkah pertama, Anda cek bagian bearing dengan memutar puller dengan dinamo tester atau secara manual menggunakan tangan.

Bongkar setiap komponen yang ada lalu bersihkan secara keseluruhan termasuk bagian slip ring dan brush. Setelah selesai, lakukan pemeriksaan dan pengukuran pada bagian dinamo ampere.

Pasang kembali komponen yang sudah dibongkar seperti semula, pastikan posisinya tepat dan tidak longgar, dan tidak ada kebocoran pada bagian slip ring. dan tes kembali dinamo ampere dengan menyalakan mesin mobil atau dinamo tester.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Switch Dinamo Starter Mobil yang Rusak

2. Ganti Dengan Komponen Baru

Anda disarankan mengganti dengan komponen yang baru apabila komponen dinamo rusak atau sudah tidak layak. Harga dinamo ampere untuk mobil ini sangat bervariasi. Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan mobil Anda.

3. Servis Mobil Secara Rutin dan Berkala

Jangan lupa selalu servis mobil secara rutin dan berkala di bengkel resmi atau dealer Daihatsu terdekat agar mengetahui semua komponen mobil yang bermasalah. Anda bisa mengganti spare part yang rusak dengan menggunakan produk original dari Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Kenali Arti Lambang Lampu Indikator Mobil Lengkap Ini!

2021-03-24

Banyaknya lampu indikator mobil seringkali membuat seseorang merasa bingung dan enggan untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman komponen tersebut sangat

thumbnail

Daftar Lokasi Bengkel Uji Emisi Tangerang 2023, Ini Syarat & Biayanya!

2023-10-30

Pemilik kendaraan bermotor di wilayah Tangerang wajib mengetahui dimana lokasi bengkel uji emisi Tangerang. Pasalnya program ini sudah menjadi syarat wajib kendaraan

thumbnail

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

2020-12-03

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat

thumbnail

Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

2022-04-07

Apakah Anda pernah mengganti tutup radiator? Ternyata tutup radiator ini perlu diganti secara berkala. Terlebih lagi saat kondisi pada klep karet atau bagiannya mengalam