Logo Daihatsu
Menu

Mengenal 4 Penyebab Dinamo Ampere Lemah Serta Cara Pencegahannya

Otomotif

2021-01-14

penyebab dinamo ampere lemah

Dinamo ampere atau alternator mobil merupakan komponen pembangkit energi listrik. Alternator mobil terdiri rangkaian yang menyalurkan energi listrik selama mobil dihidupkan, termasuk mengisi aki mobil. 

Permasalahan yang sering terjadi ialah alternator mobil lemah. Lantas, apa penyebab dinamo ampere lemah? Berikut penjelasannya. 

1. Short Gulungan Stator dan Rotor

Stator dan Rotor merupakan salah satu komponen yang terdapat dari dinamo ampere berupa gulungan kawat tembaga. Kedua komponen tersebut bekerja dengan menggunakan prinsip elektromagnetik. 

Prinsip tersebut bertujuan untuk menghasilkan energi listrik yang nantinya akan disalurkan kepada seluruh komponen mobil yang dialiri listrik.

Bertugas sebagai  penyalur energi listrik, komponen stator dan rotor juga bisa menyebabkan dinamo ampere melemah. Perlu anda ketahui, stator dan rotor merupakan komponen mobil yang gampang mengalami konsleting atau terbakar. 

Jika sudah demikian, maka kemampuan untuk menghasilkan listrik menghilang. Untuk itu, selalu lakukan pemeriksaan rutin pada gulungan kawat tembaga.

2. IC Regulator yang Melemah

IC regulator juga merupakan komponen yang ada dalam dinamo ampere, yang dapat menjadi salah satu penyebab dinamo ampere lemah. 

IC regulator juga berperan penting dalam pengaturan listrik yang dihasilkan stator dan rotor. Tujuan pengaturan tersebut agar arus listrik tetap berada dalam ambang batas normal (13,6V – 14,3V).

Terdapat tiga kondisi yang menyebabkan IC regulator melemah dan berpotensi merusak dinamo ampere. Yang pertama ialah undercharge yang merupakan kondisi di mana tegangan listrik dari IC regulator kurang dari 12V. 

Kedua ialah overcharge kondisi di mana listrik yang dihasilkan IC regulator lebih 14,8V. Kemudian yang ketiga IC rusak atau mati.

Ketiga kondisi inilah yang dapat membuat kinerja dinamo ampere menurun. Untuk menghindari kondisi tersebut, lakukan pengecekan ambang batas pengisian dengan menggunakan acuan nilai standar antara 13,6V hingga 14,3V. Jika nilainya menunjukkan angka yang kurang atau lebih, maka segera bawa ke tempat servis untuk perawatan.

Baca juga: Mengenal Prinsip Kerja Motor Listrik Beserta Fungsinya

3. Carbon Brush Dinamo Ampere Sudah Mulai Kotor

Hal yang juga bisa menjadi penyebab dinamo ampere lemah ialah kondisi carbon brush yang aus. Bisa jadi, karbon tersebut sudah terkikis dan tertumpuk oleh kotoran pada permukaannya. 

Terhalangnya carbon brush akibat kotoran bisa mengganggu proses aliran listrik. Untuk itu, selalu pastikan komponen carbon brush bersih  dari tumpukan kotoran.

4. Gangguan Koneksi Rangkaian Dinamo Ampere

Gangguan koneksi yang terjadi pada rangkaian dinamo ampere juga bisa menjadi penyebab melemahnya sistem ampere. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab gangguan mulai dari lepasnya konektor, putusnya sekring, dan terhalangnya hantaran listrik. 

Adanya gangguan tersebut jelas akan membuat tegangan listrik terputus. Untuk menghindari gangguan koneksi, ada baiknya selalu melakukan servis secara rutin. 

Hanya dengan penyervisan, semua masalah permesinan mobil anda akan dideteksi oleh pihak mekanik bengkel. 

Dengan demikian, kinerja mobil anda akan tetap prima dan terhindar dari hal yang menjadi penyebab dinamo ampere lemah.

Baca juga: Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Penyebabnya


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Bahaya dan Efek Buruk Pakai Kampas Rem Palsu

2022-04-07

Bahaya kampas rem palsu seringkali diabaikan oleh pengendara, padahal jika tetap digunakan dapat mengancam keselamatan berkendara.Kegu

thumbnail

10 Komponen Suspensi Depan pada Mobil dan Fungsinya

2023-07-31

Kenyamanan berkendara saat melewati jalanan yang berlubang dan tidak rata, dapat terwujud dengan bantuan komponen suspensi mobil bagian depan dan belakang mobil. Sep

thumbnail

Apa itu Jalan Tol Lingkar Luar? Ini Perbedaannya dengan Tol Lingkar Dalam

2023-07-31

Ketika hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan layanan jalan tol, ada baiknya mengetahui rute tol yang akan dilewati. Rute tol sendiri terbagi atas jalan tol

thumbnail

Aspal Sprayer, Alat Berat Pembuat Jalan dengan Kapasitas yang Bisa Disesuaikan

2021-02-24

Aspal adalah material utama yang digunakan dalam pembuatan jalan. Selain aspal juga ada material lain yang tak kalah penting, seperti batu hingga pasir. Alat-alat berat