Logo Daihatsu
Menu

Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic & Fungsinya

Otomotif

2022-09-05

Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

Mobil Matic apakah ada persneling? Ya tentu saja ada. Nah, berikut ini beberapa arti huruf dan angka yang ada pada persneling mobil matic. Simak sampai tuntas, ya.

Mobil matic semakin tahun semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena mobil ini dinilai lebih hemat tenaga dan mudah digunakan.

Mengendarai mobil matic memang lebih sederhana dan tidak menguras tenaga karena pengemudi mobil tidak perlu menginjak pedal kopling dan tidak perlu mengoper gigi. 

Namun, sebelum Anda memutuskan membeli dan menggunakan mobil matic, sebaiknya Anda mempelajari arti huruf dan angka pada persneling mobil matic beserta fungsinya. Langsung saja simak dibawah ini.

Arti Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

Persneling matic apa saja? Bagi Anda yang baru menggunakan mobil matic maka Anda akan menemukan kode huruf dan angka seperti P, R, N, D, 2, 1/L. Hal tersebut tentu tidak akan Anda temukan pada mobil dengan transmisi manual. Berikut ini arti kode pada tiap tuas persneling mobil matic tersebut.

1. Huruf P

Kode ini memiliki arti Parking.

2. Huruf R

Kode ini memiliki arti Reverse.

3. Huruf N

Kode huruf N memiliki arti Neutral atau Netral.

4. Huruf D

Kode huruf D memiliki arti Drive atau jalan.

Baca Juga : Kendaraan Ogah Jalan? Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

5. Huruf L

Kode huruf L memiliki arti Low atau rendah.

6. Huruf S

Kode huruf S pada persneling memiliki arti Sport. 

7. Huruf M

Kode huruf M memiliki arti Mode Manual. Namun tidak banyak mobil matic yang memiliki kode tersebut karena hanya ada pada mobil matic tertentu. 

8. Angka 1 dan 2

Kode angka 1 dan 2 pada persneling memiliki arti menunjukkan letak posisi gigi 1 atau 2 ketika di operasikan. 

9. Angka 2 dan 3

Memiliki arti sebagai kode speed (kecepatan) gigi mobil. 

Baca Juga : Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi

Fungsi Kode Huruf dan Angka pada Persneling Mobil Matic

Setelah Anda mengetahui kode-kode yang tertera pada persneling transmisi mobil matic seperti di atas. Kode-kode tersebut memiliki fungsi sebagai berikut.

1. Huruf P

Kode ini memiliki fungsi sebagai mode parkir. Ketika Anda ingin memarkir mobil, Anda gunakan mode P tersebut.

Ketika Anda mengarahkan transmisi ke mode huruf P maka mobil Anda otomatis terkunci dan tidak bisa berjalan karena gigi-gigi di transmisi ikut terkunci.

2. Huruf R

Kode R berfungsi untuk memundurkan mobil. Jika Anda sedang ingin memundurkan mobil Anda tinggal arahkan saja tuas persneling ke posisi huruf R.

3. Huruf N

Kode N berfungsi untuk menetralkan mobil. Dalam kondisi netral maka putaran mesin yang terhubung dengan roda terputus, namun tidak terkunci seperti posisi P. Sehingga Anda dapat mendorong mobil yang dikendarai pada saat mobil mogok.

4. Huruf D

Kode D memiliki fungsi untuk menjalankan mobil. Pada umumnya mobil matic melaju dengan menggerakkan posisi tuas transmisi ke posisi D agar mobil bergerak maju.

Pada posisi ini terdapat kode angka 1 hingga 3. Anda bisa mengatur secara otomatis perpindahan gigi tersebut. Angka 1 digunakan ketika Anda akan melaju melewati jalan dengan turunan yang curam agar mobil melaju tidak terlalu kencang.

Atau Anda bisa gunakan ketika mobil melewati tanjakan. Angka 2 biasanya digunakan untuk mengatur kecepatan laju mobil dalam batas kecepatan tengah. Angka 3 memiliki fungsi bahwa mobil melaju pada gigi 3 sehingga mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga : Efek Buruk Memposisikan Tuas di D Saat Mobil Matic Berhenti

5. Huruf L

Kode L memiliki fungsi untuk menurunkan kecepatan mobil dari posisi gigi 3 ke posisi gigi 2 atau 1 pada saat melewati turunan atau tanjakan.

6. Huruf S

Kode S memiliki fungsi menambah kecepatan mobil hingga berada dalam kecepatan paling tinggi. Hanya dengan menekan tombol S maka mobil berada dalam mode Sport. Cocok digunakan untuk test drive di jalan toll atau area jalan bebas. Kode huruf ini biasanya hanya dimiliki oleh mobil matic mewah. 

7. Huruf M

Kode ini memiliki fungsi sama dengan kode D yaitu untuk mulai melaju menjalankan mobil. 

Itulah beberapa arti dan fungsi kode huruf dan angka yang tertera pada persneling mobil matic. Jika persneling mobil matic Anda bermasalah, Anda bisa membawanya langsung ke bengkel Daihatsu untuk mendapatkan penanganan terbaik.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis Karpet Mobil, Fungsi, dan Tips Memilihnya

2022-09-05

Karpet mobil merupakan salah satu barang yang kerap kali kita jumpai di interior mobil. Kegunaan karpet mobil ini selain untuk menjaga agar bagian bawah mobil tidak terg

thumbnail

Tips Mudah Menaikkan Performa Mobil yang Menurun

2022-09-05

Menaikkan performa mobil dapat Sahabat lakukan dengan mudah. Seperti yang diketahui, semakin lama mobil digunakan, maka performanya juga akan semakin menurun.

thumbnail

Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, dan Masalahnya

2022-09-05

Apa itu sudut toe, fungsi, dan masalahnya? Pemilik mobil harus paham. Selain berkaitan dengan kenyamanan mengemudi, juga berpengaruh pada keselamatan.

thumbnail

5 Merek Alat Pengukur Tekanan Ban yang Bagus

2022-09-05

Alat pengukur tekanan ban adalah aksesoris tambahan yang berfungsi mengontrol tekanan ban mobil agar tetap ideal. Kegunaannya apalagi kalau bukan menunjang keawetan ban