Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Penyebab Persneling Mobil Matic yang Tidak Bisa Pindah Gigi
22 Desember 2020
persneling matic

Persneling mobil matic tidak bisa pindah gigi merupakan satu tanda kalau ada kerusakan pada sistem transmisi dan bisa membuat tuas gigi tersangkut. Dampak yang paling terasa adalah tuas transmisi mobil matik jadi sulit dipindahkan dari mode parking atau netral ke posisi lainnya. 

Mungkin dengan mencoba beberapa kali, masalah itu bisa selesai dan mobil matik bisa jalan seperti biasa. Namun sebenarnya, kondisi ini tak bisa dianggap remeh. Sahabat harus segera menyadarinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih luas. 

Lantas apa yang membuat tuas persneling mobil matik sulit untuk pindah gigi? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Masalah pada switch rem 

Ketidakmampuan mobil matik melakukan perpindahan gigi disebabkan adanya kendala pada switch rem. Ketika pedal rem diinjak, switch rem tidak ikut tertekan. 

Kondisi itu membuat tuas transmisi tidak akan bisa pindah meski pedal rem diinjak sampai penuh. Tanda paling mudah untuk mengetahui kondisi ini adalah lampu rem yang tidak menyala saat pedal diinjak. 

Sebenarnya kerusakan pada switch rem merupakan bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dalam berkendara. Jika sudah tahu letak permasalahannya, Sahabat perlu menganalisis dan mengganti partisi yang bermasalah. 

Apakah brake switch rem perlu diganti atau cukup disetel ulang. Berikut langkah-langkah pemeriksaan switch rem yang bermasalah. 

1. Buka fuse box yang berada di ruang mesin. Kemudian cari di balik tutup boks sekring, kode yang menunjukan fuse tail lamp. Periksa sekring tersebut apakah putus atau tidak. Caranya dengan mencabut sekring dan lihat apakah bagian penghantar arus masih tersambung atau terputus. Jika putus, segera ganti dengan ukuran yang sesuai. 

2. Kondisi ini bisa disebabkan oleh soket yang kendur. Sahabat hanya perlu mengencangkan soket sampai berbunyi klik sampai fungsi switch rem kembali normal. 

3. Jika tidak ditemukan dua masalah di atas, mungkin setelannya yang kurang pas. Terkadang switch rem tidak berfungsi kalau setelan switch terlalu jauh. Gunakan kunci pas 12 mm untuk menyetel ulang, putar ke arah kiri atau kanan sampai fungsinya kembali normal. 

4. Langkah terakhir adalah penggantian brake switch kalau tiga cara di atas nggak berhasil. 

Switch rem kotor 

Masih soal switch rem, gejala persneling mobil matik tak bisa pindah gigi bisa disebabkan switch rem yang kotor akibat debu, kotoran bahkan sisa pelumas yang menumpuk. Dampaknya switch rem tak mampu mengirimkan sinyal sehingga membuat tuas transmisi nggak bisa dipindahkan. 

Biasanya kondisi ini terjadi pada saat mesin mobil dingin. Ketika dipanaskan, kotoran itu bisa luruh sehingga transmisi mudah digeser. Lantas jangan cuek meski masalah ini bisa diselesaikan tanpa tindakan. Terkadang usia pemakaian dan kondisi switch rem yang kotor bisa menyulitkan mobilitas pengendara. 

Kalau switch remnya sudah usang, lebih baik ganti dengan yang baru. Harga switch rem juga terbilang cukup terjangkau. Sahabat hanya perlu mencari switch rem yang sesuai dengan tipe mobil. 

Kerusakan pada gearbox 

Gejala kerusakan pada transmisi mobil matik lainnya bisa dirasakan ketika tuas persneling berhasil pindah, namun saat tancap gas malah terasa berat. Hal itu bisa menandakan kalau adanya kegagalan dalam perpindahan gigi.

Masalah ini muncul karena ada kerusakan pada kabel gearbox entah putus atau mungkin kabelnya mengelupas. Akibatnya, walau tuas sudah dioper namun perpindahan gigi tidak terjadi. Segera bawa mobil kesayangan ke bengkel langganan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Hal yang paling penting bagi pemilik mobil  matik adalah melakukan perawatan berkala. Masalah akan bertambah runyam jika pemilik mobil tidak melakukan perawatan rutin. Performa kendaraan bisa nggak maksimal maksimal bahkan bisa terjadi kerusakan lebih luas. 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor