Tips Sahabat

Bagi yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

01 Februari 2021
perbedaan ban tubeless

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Pada artikel ini, kami akan memberikan sejumlah perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa. Sejumlah perbedaan tersebut adalah sebagai berikut!

Material Utama Ban

Perbedaan pertama pada ban tubeless dan biasa adalah materialnya. Dari segi ini, ban tubeless cukup kokoh lantaran punya bahan material yang solid. Ban tubeless dibuat dari karet yang dilapisi dengan fluid sealant

Fluid sealant sendiri merupakan material yang bisa merapatkan bagian ban saat terkena benda tajam. Hal itu bikin ban tubeless lebih solid dibanding ban biasa. Ban biasa sendiri dibuat oleh karet yang memiliki ban dalam. Tak hanya ban dalam, ban biasa juga memiliki komponen ban luar, pelek, lock ring, serta ban luar.

Daya Tahan

Karena materialnya yang berbeda, daya tahan kedua bannya pun juga jadi berbeda pula. Ban tubeless bisa melewati berbagai medan karena mengandung fluid sealant di dalamnya.

Sementara itu, ban biasa bisa meredam getaran yang mengenai ban, karena ban biasa mengandung ban dalam. Karena mampu meredam getaran, ban biasa pun bisa lebih mudah melewati jalan aspal. Ban biasa juga cocok untuk melewati jalan yang basah karena hujan.

Harga

Walaupun hanya terbuat dari karet dan fluid sealant, harga ban tubeless cenderung lebih mahal dibanding ban biasa. Hal itu tak lepas dari kehadiran fluid sealant pada ban tubeless.

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, fluid sealant mampu membuat ban tidak bocor saat terkena tusukan benda tajam. Hal itu bikin ban tubeless tak perlu ditambal jika terkena benda tajam.

Tetapi, cukup diberi tambahan lem khusus agar ban tubeless semakin mudah rapat. Ban tubeless baru boleh diganti jika sudah betul-betul tipis.

Hal berbeda terjadi pada ban biasa. Bila ban inj terkena tusukan benda tajam, ban tersebut akan segera bocor. Bila sudah bocor, Sahabat harus segera menambalnya sendiri. Atau, bisa dibawa langsung ke tambal ban.

Tingkat Kenyamanan Ban

Hal selanjutnya yang membedakan ban tubeless dan biasa adalah tingkat kenyamanannya. Dari segi ini, ban biasa punya banyak keunggulan dibanding ban tubeless.

Ban biasa mampu memberi kenyamanan selama dipakai. Bahkan, jika ban tersebut harus melewati jalan yang basah dan licin akibat hujan. Kenyamanan tersebut bisa didapatkan bila ban biasa punya tekanan ban yang keras.

Kenyamanan semacam itu tak akan Sahabat temui pada ban tubeless. Walaupun tekanan bannya sudah keras, ban tubeless akan terasa tak nyaman selama dipakai. Apalagi, jika sampai melewati jalanan yang basah dan licin.

Masa Pakai

Hal terakhir yang membedakan antara ban tubeless dan ban biasa adalah masa pakainya. Seperti pada poin sebelumnya, ban biasa lagi-lagi menjadi unggulan dibandingkan ban tubeless.

Ban biasa bisa Sahabat pakai hingga 2 tahun atau lebih. Adapun ban tubeless hanya bisa dipakai selama 1,5 tahun saja. Komponen compound yang lebih lunak dibanding ban biasa membuat ban tubeless punya masa pakainya jadi lebih pendek.

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Namun, jika dilihat lebih seksama, keduanya punya cukup banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan di antara kedua ban tersebut sudah kami sampaikan di atas. Jadi, sudah tahu ‘kan perbedaan di antara ban tubeless dan ban biasa?

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami