Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Bagian-Bagian Daihatsu Copen yang Bisa Dimodifikasi
04 November 2020
Daihatsu copen modifikasi

Melakukan modifikasi Daihatsu Copen adalah hal yang paling seru untuk dilakukan. Melakukan hal itu bisa bikin sahabat mengkreasikan Daihatsu Copen sesuai dengan keinginan.

Kebetulan, Daihatsu selaku produsen memberi kemudahan bagi siapa pun. Terutama, bagi sahabat yang mau melakukan modifikasi Daihatsu Copen.

Walau diberi kemudahan, bukan berarti sahabat bisa melakukan modifikasi di semua bagian mobil. Ada bagian-bagian tertentu pada Daihatsu Copen yang bisa dan cocok untuk dimodifikasi. Apa saja bagian-bagian itu?

Panel Body

Bagian pertama yang bisa dimodifikasi adalah panel body. Bisa dibilang, kalau ini adalah bagian yang cukup mudah untuk dimodifikasi. Bahkan, Daihatsu sendiri memberi keleluasaan kepada sahabat untuk memodifikasi separuh atau keseluruhan panel body mobil ini.

Panel Bagian Depan

Ada dua bagian panel body yang bisa dimodifikasi, yaitu depan dan belakang. Di subjudul ini, mari kita bahas bagian depan terlebih dahulu.

Di bagian ini, sahabat bisa mengganti satu set lampunya dengan bentuk yang berbeda dari versi standar lampu tersebut. Sahabat pun juga bisa mengubah kap mesin dan bumper bagian depan dengan yang baru.

Panel Bagian Belakang

Kini kita bahas bagian belakang panel body. Seperti halnya pada bagian depan, sahabat juga bisa mengganti set lampu, kap mesin, serta bumper pada bagian satu ini. Namun, pada bagian ini, sahabat bisa berkreasi dengan memberikan lampu reflektif pada set lampunya.

Interior

Sebetulnya, Daihatsu Copen sudah punya interior yang cukup solid. Hal itu bisa sahabat lihat dari adanya paduan dua warna di hampir tiap sudutnya, serta kehadiran beberapa fasilitas semacam bucket seat dan audio.

Walau begitu, sahabat masih bisa melakukan modifikasi di beberapa sektor. Salah satunya dengan mengubah warna interiornya.

Mesin

Mesin pada Copen pun sebetulnya juga sudah solid. Namun, bila sahabat ingin menambah akselerasi mesinnya, sahabat bisa mengganti mesinnya sesuai dengan keinginan. 

Salah satu contoh mesin yang bisa dipakai untuk Copen adalah mesin 685 cc bersilinder tiga. Mesin itu bisa bikin Copen hasil modifikasi sahabat melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Contoh Modifikasi Daihatsu Copen

Sebelum artikel ini ditutup, kami akan memberi sahabat salah satu mobil Daihatsu hasil modifikasi. Siapa tahu contoh yang kami beri bisa menjadi referensi bagi sahabat yang mau melakukan modifikasi terhadap Daihatsu Copen.

Contoh yang dimaksud adalah Micro GTR garapan Wataru Kato. Modifikasi Copen tersebut merupakan hasil perpaduan antara Daihatsu Copen dengan Nissan GT-R.

Untuk menghasilkan Micro GTR, Wataru melakukan modifikasi dari berbagai macam bagian. Mulai dari panel body, interior, hingga mesin.

Panel body adalah bagian yang mengalami modifikasi besar-besaran. Banyak sektor yang diubah dari bagian tersebut. Mulai dari grill, bumper, hingga sayap belakang.

Di antara semua sektor itu, sayap belakang merupakan yang paling menonjol. Di sektor itu, Wataru membentuk sayapnya membentang hingga ke bawah. Hal itu dilakukan demi menghasilkan daya downforce pada Copen hasil modifikasinya. Sayap belakang itu lantas diapit dengan sentuhan exhaust ganda yang telah dibungkus dengan diffuser.

Untuk interior, Wataru tak banyak melakukan modifikasi. Dia hanya memberikan bungkus berwarna merah dan putih pada kemudi mobilnya. Bungkus tersebut lantas dilengkapi dengan emblem Liberty Walk Wataru Kato (LWWK). 

Adapun untuk bagian mesin, Wataru mengganti mesinnya dengan mesin 685 cc.Mesin tersebut diyakini dapat menghasilkan tenaga hingga 70 tk.

Itulah beberapa bagian pada Daihatsu Copen yang bisa dimodifikasi oleh sahabat. Bagaimana, sudah siap untuk melakukan modifikasi Daihatsu Copen milik sahabat?

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku