Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Memakai Ban Mobil untuk Perjalanan Jauh

Otomotif

2022-06-24

Bahaya Ban Benjol untuk Perjalanan Jauh

Anda sering melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil? Apakah Anda sudah mengecek kondisi mobil dengan menyeluruh sebelum melakukan perjalanan tersebut? Kondisi mobil yang tidak stabil bisa jadi akan membahayakan Anda. Seperti bahaya ban benjol untuk perjalanan jauh misalnya.

Apakah mobil Anda pernah mengalami ban benjol? Jika iya, apa Anda tetap menggunakannya untuk berkendara? Menggunakan ban benjol untuk berkendara sangatlah beresiko. Apalagi jika itu adalah perjalanan yang berjarak cukup jauh. Tapi apa sih resiko yang bisa terjadi?

Inilah Bahaya Ban Benjol untuk Perjalanan Jauh

Ban pada mobil merupakan komponen vital. Masalah pun seringkali dialami oleh ban mobil. Biasanya ban benjol akan terjadi ketika benang dalam ban mulai putus. Sebagai penahan udara dari sisi kanan dan kiri, sangat krusial masalah yang akan terjadi ketika ban benjol dibiarkan dan terus digunakan untuk berkendara.

Ban benjol yang terus bergesekan dengan aspal dalam kondisi tidak mampu menahan tekanan angin dan beban dari mobil akan mudah mengalami kebocoran. Alih-alih bisa juga ban tiba-tiba pecah ketika sedang digunakan berkendara.

Ketika hal tersebut terjadi, apalagi saat Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi, kecelakaan pun akan langsung terjadi. Bukan hanya mobil yang akan mengalami kerusakan berat, tapi nyawa Anda dan penumpang dalam mobil pun akan dalam bahaya yang besar.

Alangkah lebih baik jika Anda membawa mobil ke bengkel dengan segera. Pastikan mengendarainya dalam kecepatan rendah. Dan coba hindari jalanan yang berbatu serta bertekstur terlalu tajam.

Penyebab Ban Benjol dengan Resiko Bahaya Ban Benjol untuk Perjalanan Jauh

Selain mengetahui bahaya yang bisa saja terjadi akibat ban mobil benjol, alangkah lebih baik jika Anda juga mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Agar Anda bisa sedikit mencegah hal tersebut terjadi pada ban dari mobil kesayangan.

Berikut ialah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab ban mengalami kebenjolan, simaklah!

1. Benda Tajam Sering Mengenai Ban

Benda keras dan tajam seringkali berada di jalanan, dan tanpa disadari ban mobil sering melintasinya. Jalanan perkotaan merupakan salah satu jalan yang tak luput dari kedua jenis benda tersebut. Biasanya benda-benda ini tersebar di jalanan karena adanya pembongkaran truk material, atau bahkan karena pembangunan jalan.

Benda-benda seperti sekrup, beling, paku, batu, dan yang sejenisnya cukuplah sulit terdeteksi oleh pengendara mobil. Sehingga membuat ban mobil melindasnya tanpa sengaja. Ketika hal ini terjadi, tidak heran ban mobil akan mudah mengalami kebenjolan.

2. Tekanan Udara dalam Ban yang Tidak Sesuai

Tekanan udara dalam ban mobil menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Ketika ban mobil diisi dengan tekanan ban yang tidak sesuai, baik itu kurang atau lebih jelas akan berdampak pada kondisi ban.

Ban yang berisikan tekanan udara berlebih akan mudah kembung. Cuaca panas juga bisa membuat tekanannya semakin meningkat. Benjol pun tak bisa terhindarkan untuk terjadi. Sedangkan ketika tekanan udara kurang, benang ban akan mudah robek ketika mengenai benda tajam dan keras. Benjol pun akan mudah terjadi.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Usia Ban Mobil

Selain dua penyebab di atas, kerusakan suspensi mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab ban benjol. Membawa ke bengkel Daihatsu adalah solusi terbaik yang bisa Anda lakukan. Teknisi handal kami sudah pasti akan segera menanganinya dengan maksimal. Untuk informasi lengkap mengenai Daihatsu, Anda bisa kunjungi laman homepage kami berikut!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli Mobil

2022-06-24

Sahabat harus memahami bahwa oli pada kendaraan harus diganti secara rutin untuk mencegah kerusakan pada mesin. Oleh karena itu Sahabat harus memahami waktu yang tepat u

thumbnail

Begini Cara Setting Ganjil Genap di Aplikasi Waze

2022-06-24

Setting Ganjil Genap di Aplikasi Waze - Pemprov DKI Jakarta memberlakukan sistem ganjil genap di beberapa ruas jalan untuk mengurai kemacetan dan memperbaiki kondisi lalu lintas Ibu kota. Bagi Saha

thumbnail

Cara Cek Pajak yang Sudah Dibayar via Online

2022-06-24

Kemajuan teknologi yang pesat membuat banyak orang dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Tak terkecuali dengan cara cek pajak kendaraan yang sekarang bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari alias

thumbnail

Menjaga Rem Tangan Bekerja dengan Baik

2022-06-24

Rem tangan sering juga disebut sebagai rem parkir (parking brake). Kenapa? Berbeda dengan rem biasa, parking brake emang bakal berguna banget ketika mobil kamu sedang pa