Logo Daihatsu
Menu

Balai Uji Mobil Bertaraf Internasional Akan Dibangun Tahun 2022

Otomotif

2021-09-30

balai uji mobil

Balai uji mobil bertaraf internasional kabarnya akan dibangun mulai Februari 2022 di Bekasi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sedang menyiapkan pembangunan balai pengujian mobil dan kendaraan bermotor atau biasa disebut proving ground. Nantinya balai uji ini akan memenuhi standar International United Nation Regulation (UNR). Balai pengujian mobil ini dibangun atas kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha.

Pemerintah bermaksud membangun fasilitas berkendara yang lebih baik sehingga mobil-mobil yang beredar di Indonesia nantinya sama canggih dengan negara-negara terkemuka lainnya. Targetnya tahun 2022 akan dibangun balai pengujian mobil dan tahun 2024 secara resmi Indonesia mengoperasikan proving ground dengan standar internasional.

Desain Balai Uji Mobil Internasional

Balai pengujian mobil di Bekasi tersebut rencananya akan dibangun di atas tanah seluas 90 hektar. Desain balai uji mobil ini menyerupai kondisi jalan yang sebenarnya. Nantinya, akan ada jalan berlubang, menanjak, dan sebagainya sehingga mobil-mobil yang tersertifikasi sudah memenuhi syarat-syarat yang dimaksud.

Tujuan dari pembangunan balai pengujian mobil ini adalah untuk meningkatkan keselamatan pengendara, meminimalisir angka kecelakaan, menurunkan pencemaran udara dari emisi gas buang, serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga ekonomi Indonesia akan bertumbuh.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi berencana membangun balai pengujian ini di Bekasi ini sebagai balai pengujian mobil terbesar di ASEAN. Budi juga berharap bahwa balai uji di Indonesia ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sebagai salah satu balai uji yang memiliki standar internasional di Asia.

Apa Saja Fasilitas Balai Uji Mobil?

Pemerintah bermaksud membangun 19 fasilitas pengujian yang sesuai standar UMR dan nantinya akan diterapkan di negara-negara ASEAN.

Fasilitas yang ditawarkan pada kendaraan bermotor dan mobil adalah uji rem, emisi suara, speedometer, sistem kemudi, dan disabilitas.

Lalu ditambah dengan uji tabrak, angkur sabuk pengaman, kursi, emisi gas buang, konsumsi bahan bakar, dan spion. Selain itu juga ada pengujian kendaraan listrik.

Menurut Undang-Undang, mobil dan motor harus memenuhi standar keselamatan sesuai peraturan yang berlaku. Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor atau BPLJSKB adalah satu-satunya instansi pemerintah yang berwenang melakukan pengujian fisik kendaraan bermotor dan memastikan kendaraan bermotor dalam keadaan lengkap dan terpenuhi semua persyaratannya, baik persyaratan teknis maupun laik jalan. Uji yang dilakukan antara lain uji lampu utama, uji rem, uji fungsi speedometer, uji kincup roda, uji radius putar, pengukuran berat, uji klakson, serta uji emisi gas buang.

BPLJSKB berada di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. BPLJSKB menggunakan alat-alat uji yang akurat dan akuntabel sesuai standar UNECE (United Nation Economic Commission for Europe) yaitu standar keselamatan kendaraan yang disepakati oleh komisi ekonomi PBB untuk negara-negara Eropa dan sudah banyak diadopsi di berbagai negara. Alat uji BPLJSKB skala berkala juga dikalibrasi agar hasil uji yang didapat akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini sesuai dengan semboyan BPLJSKB yakni MANTAP (Modern, Accountable, No Gratification, Transparent, Accurate, and Professional).

Anda dapat menikmati pelayanan balai pengujian mobil di gerai Daihatsu terdekat. Anda akan mendapatkan fasilitas uji emisi, uji rem, kursi, dan berbagai macam fasilitas lainnya. Layanan ini kami berikan agar kendaraan atau mobil Sahabat tetap dalam kondisi sehat dan prima. Kami mendukung upaya pemerintah untuk menjaga keselamatan pengendara serta kelestarian lingkungan. Segera kunjungi gerai Daihatsu terdekat atau daftarkan kendaraan Anda melalui website kami.

source gambar : www.cnbcindonesia.com/


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jadwal SIM Keliling Kota Bogor Terbaru dan Lokasinya

2023-10-06

Bagi Anda warga Kota Bogor yang hendak memperpanjang masa berlaku SIM, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Samsat pusat. Sebab Polres Kota Bogor tengah mengadakan SIM Keli

thumbnail

Surat Tilang Elektronik Dikirim Lewat Apa? Waspadai Modus Penipuan!

2023-10-30

Beberapa bulan terakhir ini, di beberapa wilayah di Indonesia dihebohkan dengan peristiwa penipuan berkedok surat tilang elektronik. Peristiwa yang satu ini banyak m

thumbnail

Tips Memilih Mobil Box Terbaik

2021-01-05

Mobil box merupakan tipe kendaraan niaga yang fungsinya sebagai alat transportasi yang dikhususkan untuk mengangkut barang. Kehad

thumbnail

Pengaruh Kelistrikan Mobil, Ini 6 Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

2021-01-14

Koil merupakan salah satu komponen yang ada dalam mobil. Secara mendasar, Koil mobil memiliki peran penting yang bertugas untuk mengubah tegangan listrik agar mobil bisa