Logo Daihatsu
Menu

Begini Arti Kode Angka Pada Tutup Radiator Mobil

Otomotif

2022-05-22

angka di tutup radiator mobil

Apakah Anda pernah mengganti tutup radiator? Ternyata tutup radiator ini perlu diganti secara berkala. Terlebih lagi saat kondisi pada klep karet atau bagiannya mengalami kerusakan. Jika mengalami kerusakan, maka dapat berpengaruh pada kinerja radiator untuk menstabilkan dapur pacu kendaraan Anda.

Tutup radiator ini berperan penting untuk mencegah terjadinya kebocoran air radiator yang dapat menghasilkan tekanan tinggi ketika bekerja. Apakah Anda pernah melihat kode angka yang terdapat pada bagian penutupnya? Padahal bagian tersebut terdapat arti kode angka tutup radiator mobil.

Yuk, Cari Tahu Arti Kode Angka Tutup Radiator Mobil!

Bagi Anda yang belum mengetahui arti kode angka tutup radiator mobil tidak perlu khawatir. Mulai saat ini Anda harus mengerti apa arti dari kode angka tersebut. Pada saat Anda mengganti tutup radiator maka akan menjumpai angka yang tertera di bagian bawah atau samping tutupnya.

Umumnya tulisan angka yang tertera seperti 108 kpa ( kilopascal) atau hanya berupa angka 1,1. Angka tersebut dapat menunjukkan batasan maksimal tekanan yang dapat ditahan oleh tutup radiator. Besaran dari tekanan ini dapat dihitung dalam satuan bar atau kg per sentimeter kubik volume udara radiator (kgf/cm2).

Tutup radiator ini akan menahan besarnya tekanan udara radiator saat bersirkulasi diantara tabung resevoir dan juga radiator. Apabila terdapat 1 liter melewati tutup radiator, maka setia sentimeter kubik udara yang bersirkulasi di antara reservoir dan radiator dapat menghasilkan kekuatan sebesar 1,1 kg di karet tutup radiator mobil Anda.

Sirkulasi antara radiator dengan tabung reservoir bisa terjadi saat sistem pendingin mesin bekerja. Nantinya air yang ada di dalam radiator akan disedot melewati jalur pendingin yang terdapat di dalam blok mesin. Ketika debit air berkurang di dalam radiator, maka radiator akan menyedot cadangan air yang ada di tabung reservoir untuk menjaga takaran tetap normal.

Mesin kendaraan yang menyala bisa membuat suhu air yang ada di dalam radiator semakin meningkat. Saat suhu sama seperti angka pada tutup radiator, maka kelp yang ada akan membuka dan membuang tekanan berlebih ke tabung reservoir.

Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua jenis mobil memiliki tutup radiator yang sama. mengingat setiap mobil memiliki besar tekanan yang berbeda-beda. Pastinya tutup radiator yang digunakan akan disesuaikan dengan spesifikasi standar mobilnya.

Pengecekan tutup radiator pada mobil Anda haruslah dilakukan secara berkala agar menghindari adanya kerusakan. Jika terdapat bagian yang mengalami kerusakan, maka segera ganti dengan yang baru. Apabila Anda tidak segera mengganti tutup radiator dengan yang baru.

Nantinya bisa membuat kinerja radiator tidak bisa bekerja secara optimal. Hal ini juga bisa membuat mesin menjadi overheat. Pastinya dapat menurunkan performa mesin mobil Anda juga semakin menurun.

Selalu pastikan untuk mengganti tutup radiator yang sesuai dengan angka tekanan yang ada pada bagian penutupnya. Apalagi kini Anda sudah mengetahui arti kode angka tutup radiator, sudah pasti harus memilih jenis penutup sesuai dengan angka tekanan pada mobil Anda. ika tidak sesuai, maka bisa menyebabkan tutup radiator mudah rusak.

Selalu perhatikan dengan baik kode angka pada tutup radiator agar Anda tidak salah memilih penutup radiator yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Apakah ulasan ini bermanfaat untuk Anda? Dapatkan informasi mengenai dunia otomotif menarik lainnya dengan mengakses pranala resmi Daihatsu secara rutin.


Tag

Otomotif

Share This