Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Beli Mobil Bekas Murah

Otomotif

2020-11-26

cara beli mobil bekas murah

Cara beli mobil bekas murah adalah hal yang dicari banyak orang. Mungkin Sahabat adalah salah satunya. Dengan mengetahui cara tersebut, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan harga yang murah.

Bila Sahabat tengah mencari cara tersebut, berarti Sahabat tengah membaca artikel yang tepat. Pasalnya, di sini ada beberapa cara beli mobil bekas murah yang bisa Sahabat lakukan nanti. Cara-cara itu bisa Sahabat simak di bawah ini!

Janganlah Terkecoh dengan Harganya yang Terlalu Murah

Walau harga mobil bekas yang Sahabat incar murah, bukan berarti Sahabat bisa terpedaya begitu saja. Sekarang, banyak sekali penjual mobil bekas murah yang kualitasnya rendah.

Mobil bekas yang harganya terlalu rendah biasanya adalah mobil bekas kecelakaan berat ataupun banjir. Sahabat tentu enggan ‘kan membeli mobil semacam itu?

Untuk menghindari hal semacam itu, Sahabat bisa bertanya kepada teman terdekat. Atau, kepada orang yang paham soal harga mobil bekas di pasaran.

Periksalah Riwayat Service dari Mobil Bekas Tersebut

Bila Sahabat telah menemukan mobil bekas murah yang diincar, jangan lantas langsung membelinya. Cobalah cek seperti apa riwayat service dari mobil bekas tersebut.

Dengan memeriksa riwayat service, Sahabat bisa tahu apakah mobil bekas itu rajin dirawat atau tidak. Sebagai saran, pilih mobil bekas murah yang riwayat service-nya memakai jasa bengkel resmi. Sebab, mobil bekas semacam itu sudah pasti terjamin keadaannya.

Lakukanlah Pemeriksaan Terhadap Interior dan Eksterior Mobil

Selain riwayat service, interior dan eksterior mobil bekas adalah hal lain yang patut dilakukan. Untuk interior, periksalah beberapa bagian yang cukup krusial. Semisal kabin, dasbor, kulit jok, audio, lampu kabin, AC, dan karpet mobil.

Pastikan tidak ada yang rusak, robek, ataupun terkena bekas pada semua bagian itu. Hal serupa juga berlaku untuk eksterior mobil. Khusus untuk eksterior, cobalah cek bagian yang sulit semisal kolong mobil. Cobalah lihat apakah bagian kolongnya terdapat kotoran yang mengendap atau tidak.

Sebagai saran, pilih mobil bekas murah yang tidak memiliki riwayat buruk. Semisal terkena banjir ataupun perombakan besar-besaran. Mobil yang punya riwayat semacam itu biasanya punya interior dan eksterior yang tidak sempurna.

Namun, bila Sahabat tidak mempermasalahkan itu, silahkan Sahabat untuk mengambil mobil semacam itu. Asal, ketidaksempurnaan interior dan eksterior mobilnya tidak terlalu parah.

Bila Perlu, Periksalah Kondisi Mesin Mobil Bekas Tersebut

Mesin adalah hal lainnya yang mesti Sahabat periksa. Caranya sendiri mudah. Buka kap pada mesin mobil, lalu nyalakan mobil tersebut. Perhatikanlah suara mesin beserta dengan komponennya.

Jika suara mesin terasa janggal dan ada bagian mesin yang bergetar secara aneh, maka sebaiknya Sahabat harus mulai menaruh curiga. Mobil semacam itu biasanya punya kerusakan mesin yang beli sempat diperbaiki.

Bila diperlukan, Sahabat bisa mengecek kondisi mesin dengan melakukan test drive atas mobil tersebut.  Saat test drive berlangsung, cobalah cek seperti apa laju mobilnya, kondisi rem dan transmisinya, hingga seperti apa tarikan gasnya.

Bila sekiranya baik-baik saja, Sahabat bisa melakukan negosiasi, serta mengambil mobil bekas murah tersebut. Jika dirasa janggal, Sahabat bisa mencoba mencari mobil bekas murah lainnya di tempat lain. Saat memutuskan untuk mencari lagi mobil di tempat lain, tetaplah lakukan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

Menemukan mobil bekas murah tergolong gampang-gampang susah. Untuk itulah, dibutuhkan cara beli mobil bekas murah. Untungnya, cara-cara itu sudah kami sampaikan di atas. Semoga Sahabat bisa mempraktekannya, ya!

Baca juga: Tips Mendapatkan Mobil Murah Daihatsu Beserta Rekomendasinya

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Awas! Kenali Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas Beserta Solusinya

2021-02-25

Ketika mengendarai mobil, pernahkah merasakan gas tersendat? Jika pernah, pasti kejadian ini membuat Anda merasa tidak nyaman ketika berkendara. Apalagi, jika Anda sedan

thumbnail

Apa itu Engine Brake Mobil? Ini Cara Melakukan & Manfaatnya

2022-12-05

Pasti Anda pernah mendengar istilah engine brake? Jika Anda pernah mendengarnya, apakah Anda sudah memahami apa itu engine brake mobil?Jika Anda belum memahaminya, m

thumbnail

Apakah Bensin Bisa Basi? Simak Penjelasannya di Sini!

2023-06-30

Apakah bensin bisa basi? Pertanyaan ini sempat menjadi perbincangan panas di media sosial. Bahkan sebagian orang menganggap pertanyaan ini sebagai lelucon. Lantas ap

thumbnail

Memahami Pengertian Coating Mobil dan Apa Saja Fungsinya

2021-01-06

Mungkin sebagian orang berpikiran, melakukan perawatan pada mobil hanya sekedar mesin, rem, ataupun komponen lainnya.Namun apakah Anda