Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Cara Mengendarai Mobil SUV
02 Desember 2020
Mengendarai Mobil SUV

Bagi Sahabat yang baru mengenal mobil SUV, cara mengendarai mobil SUV Daihatsu Terios adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Pasalnya, cara mengendarai mobil SUV agak sedikit beda dengan jenis mobil lainnya. Hal itu tak lepas besarnya dimensi pada mobil SUV itu sendiri.

Berikut ini, ada beberapa cara yang bisa Sahabat lakukan, saat nanti mendapat kesempatan mengendarai mobil SUV. Cara-cara itu adalah sebagai berikut!

Amati Keadaan Sekitar

Sebelum Sahabat melajukan mobil SUV, terlebih dulu Sahabat harus mengamati keadaan sekitar. Pastikan Sahabat duduk di posisi yang nyaman dan tepat, agar bisa melihat keadaan sekitar dengan mudah.

Hal itu tak lepas dari luasnya dimensi dari mobil SUV sendiri. Jika nanti jadi mengendarai SUV, Sahabat harus tetap mengamati keadaan sekitar. Agar memudahkan hal tersebut, Sahabat bisa melihat kaca spion pada mobil. Agar cara tersebut bisa lebih optimal, Sahabat mesti memindahkan posisi kaca spionnya agak sedikit ke bawah.

Atur Jarak

Saat mengendarai mobil SUV, mohon jaga jarak mobilnya dengan mobil lainnya yang ada di depan. Terutama, saat Sahabat harus mengerem mobil tersebut.

Berilah jarak antara mobil SUV Sahabat dengan mobil di depan sebanyak empat detik. Untuk melakukannya, Sahabat mesti melajukan mobil SUV-nya empat detik lebih cepat dari mobil yang ada di depan. Habis itu, barulah Sahabat bisa melakukan pengereman.

Dengan memberikan jarak kepada mobil yang di depan, Sahabat bisa lebih mudah dalam melakukan pengereman. Sehingga, dimensi yang besar pada mobil SUV tidak merusak mobil yang ada di depan.

Cara satu ini bisa dilakukan kapan pun, bahkan saat di musim hujan. Untuk musim hujan, sebisa mungkin jaraknya bisa lebih diperlebar lagi. Bila Sahabat masih belum paham, Sahabat bisa bertanya kepada teman atau ahli yang pandai mengatur jarak mobil SUV saat dikendarai.

Teruslah Menggerakan Mata

Selama mengendarai mobil SUV, Sahabat jangan hanya menatap ke depan saja. Gerakanlah mata Sahabat ke arah lain. Utamanya, ke arah spion mobil, serta kiri-kanan mobil.

Selain untuk mengusir kantuk di mata, cara tersebut juga bisa membantu Sahabat untuk tahu kapan harus mengklakson mobil lain, serta kapan mempersilahkan mobil lain menyalip Sahabat.

Aturlah Barang di Bagasi Serapi Mungkin

Salah satu kelebihan dari mobil SUV adalah bagasinya yang lega. Hal itu bisa membuat Sahabat menaruh barang disana sebanyak mungkin. Kendati begitu, bukan berarti Sahabat bisa melakukannya secara sembarangan.

Sahabat harus tetap menyimpan barang di bagasi mobil SUV serapi mungkin. Hal itu untuk menghindari loncatan pada barang yang terjadi saat pengereman mobil mendadak. Selain menyimpannya dengan rapi, Sahabat juga bisa mengikat barang-barang tersebut dengan tali ataupun jaring.

Berhati-Hatilah Saat Menderek dengan Mobil SUV

Selain punya bagasi luas, kelebihan mobil SUV lainnya adalah fungsinya yang beragam. Adapun salah satunya adalah bisa dijadikan mobil derek. Bila Sahabat hendak menjadikan SUV Sahabat sebagai mobil derek, maka Sahabat harus agak sedikit hati-hati.

Terutama, saat hendak menikung. Usahakan untuk tidak menikung secara mendadak. Menikung secara mendadak menyebabkan trailer dan mobil yang Sahabat derek akan langsung terbalik.

Bagi Sahabat yang baru mengenal mobil SUV, cara mengendarai mobil SUV adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Pasalnya, cara mengendarai mobil SUV agak sedikit beda dengan jenis mobil lainnya. 

Hal itu tak lepas besarnya dimensi pada mobil SUV itu sendiri. Beruntung, sekarang sudah ada beberapa cara mengendarai mobil SUV yang sudah kami sebutkan di atas. Semoga bisa Sahabat praktekan, ya!

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku