Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Perbaiki Aki Basah yang Mati Total serta Kelebihannya

Otomotif

2020-12-15

perbaiki aki basah

Cara perbaiki aki basah yang mati total adalah hal yang dibutuhkan, agar kita bisa mendapatkan manfaat dari aki basah itu sendiri. Kalau Sahabat belum mengetahui cara tersebut, jangan khawatir. Soalnya, kami akan memberitahukannya via artikel ini. Adapun cara tersebut adalah:

Menyiapkan Alat dan Bahan Terlebih Dulu

Proses perbaikan aki basah yang mati total tidak akan terjadi, jika kita tak memiliki alat dan bahannya. Untuk itulah, menyiapkan alat dan bahan menjadi cara pertama yang mesti ditempuh. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah charger aki, obeng, air aki yang baru, serta air tawar.

Lepaskan Aki Basah dari Mesin Mobil

Seusai menyiapkan alat dan bahan, Sahabat lantas langsung melepas aki basah yang ada pada mesin mobil. Hal itu dilakukan agar aki basah bisa dibersihkan terlebih dulu, lalu diperbaiki. Agar lebih mudah, Sahabat bisa melepaskan aki basahnya dengan menggunakan obeng.

Bersihkan Aki Basah dengan Air Tawar

Bila aki basah sudah terlepas, Sahabat mesti membuka penutup dari aki basah tersebut. Lalu, bersihkan bagian dalam dan luar aki dengan air tawar. Air tawar sendiri dipilih lantaran sifatnya yang tergolong netral.

Sifatnya yang netral itu bikin aki basah tidak berkarat saat dibersihkan oleh air tersebut. Selain air tawar, air panas adalah pilihan lainnya yang bisa Sahabat pakai. 

Khusus bagian dalam aki, Sahabat mesti mengocoknya saat membersihkan bagian tersebut. Hal itu dilakukan agar bagian dalam aki bersih, serta bikin sisa air aki yang lama lebih mudah keluar.

Keringkan Aki Basah, Lalu Isi dengan Air Aki

Beres dibersihkan, aki basah yang telah dicuci itu lantas dikeringkan dalam waktu tertentu. Bisa 4 jam atau bila perlu seharian. Pastikan aki basah betul-betul kering, serta terbebas dari sisa air aki yang lama. Kalau sudah betul-betul kering, Sahabat bisa langsung mengisinya dengan air aki yang baru. 

Isi Daya Aki Basah dengan Charger Aki

Selain diisi dengan air aki yang baru, aki basah itu juga harus diisi dayanya dengan charger aki. Untuk melakoni cara yang terakhir ini, Sahabat harus ekstra sabar. Sebab, pengisian daya pada aki basah tergolong lama. Sekitar setengah hari atau bahkan seharian penuh.

Kelebihan Aki Basah

Bila Sahabat berhasil memperbaiki aki basah yang mati total, Sahabat akan lebih mampu merasakan kelebihan dari aki basah itu sendiri. Adapun kelebihan-kelebihan tersebut adalah:

1. Bisa Diisi Ulang dengan Mudah, serta Tak Sulit Diperbaiki

Aki basah sangat cocok untuk Sahabat yang tidak mau terlalu repot dalam urusan isi ulang. Soalnya, jenis aki ini cukup mudah untuk diisi ulang. 

Selain mudah diisi ulang, aki basah pun juga mudah diperbaiki. Sahabat hanya perlu menyediakan alat dan bahan, melepaskan aki basah beserta penutupnya, serta melakoni cara-cara lain yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

2. Panjang Umur

Aki basah juga punya umur yang relatif panjang. Kelebihan ini bisa didapat bila Sahabat rutin merawat dan mengganti air akinya. Dengan panjangnya umur aki ini, Sahabat pun bisa memakainya dalam waktu lama, serta tidak perlu sering-sering melakukan pergantian. 

Seperti itulah cara perbaiki aki basah yang mati total. Dengan melakukan cara-cara itu, semoga Sahabat bisa mendapatkan manfaat dari aki basah itu sendiri. Jika ada kendala atau aki basah masih rusak, jangan ragu untuk meminta bantuan mekanik ataupun bengkel resmi.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Berapa CC Mobil Daihatsu Terios? Ini Spesifikasi Lengkapnya

2023-10-10

Berbicara mengenai mobil SUV terbaik, tidak terlepas dari Daihatsu Terios. Mobil SUV dari Daihatsu ini menawarkan desain interior dan eksterior yang sangat menawan.

thumbnail

Apa Itu Shift Kit, Fungsi pada Mobil Matic, dan Perawatannya?

2022-01-10

Bagi Anda pengguna transmisi matic mungkin masih awam dengan komponen shift kit mobil matic. Pasalnya, shift kit ini memiliki peran yang penting dalam perpindahan gigi pada transmisi matic.D

thumbnail

Apa itu Brake Fluid? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-02-09

Brake fluid adalah istilah lain dari minyak rem. Komponen ini memiliki fungsi penting terhadap hasil kinerja sistem pengereman. Selain itu, komponen ini memiliki fun

thumbnail

5 Penyebab Tangki Bensin Berkarat dan Cara Mengatasinya

2023-02-07

Tangki bensin berkarat dapat menyebabkan beberapa masalah, mulai dari mengganggu kinerja injektor, karburator,