Logo Daihatsu
Menu

Arti Rambu Jalan Tol, Warna, dan Jenisnya, Yuk Pahami!

Tips & Trick

2023-01-12

Arti Rambu Jalan Tol, Warna, dan Jenisnya, Yuk Pahami!

Rambu lalu lintas tidak hanya dipasang di jalan raya saja, tetapi pada jalan tol juga diberikan tanda-tanda untuk dipatuhi semua pengendara. Simak informasi arti rambu-rambu pada jalan bebas hambatan sebagai berikut. Ini dia tanda rambu yang berada di jalan tol, warna dan jenisnya untuk dipahami demi keselamatan berkendara.

Warna Palang dan Fungsinya

Jika Anda melintas ke highway, pasti akan dengan mudah menemukan palang-palang dengan warna beragam, yaitu biru, hijau, dan coklat. Palang tersebut mempunyai makna sebagai berikut.

1. Palang Berwarna Biru

Jenis palang pertama adalah berwarna dasar biru dengan garis tepi berwarna putih. Tulisan di dalamnya juga menggunakan warna putih. Ini biasanya berisi perintah, seperti belok ke kanan, ke kiri, dan lain sebagainya. Selain itu, juga berisi petunjuk tempat, misalkan lajur kiri menuju Bandara.

Palang dengan warna biru juga mempunyai makna fasilitas sosial, batas jalan, serta petunjuk pengaturan. Ini sesuai dalam pasal 20.

2. Palang Berwarna Hijau

Palang dengan warna hijau mempunyai fungsi untuk menunjukkan jalan dimana dipasang di sepanjang jalan bebas hambatan, biasanya pada jarak 500 m sampai 1 km sebelum keluar dari tol. Rambu ini berisi petunjuk batas wilayah, tempat fasilitas umum, nama-nama jalan, dan lainnya.

Pada pasal 18, jenis palang satu ini juga berisikan petunjuk dimana mempunyai maksud untuk memberikan panduan kepada pengguna jalan supaya bisa menuju ke lokasi tujuan tanpa kebingungan lagi.

3. Palang Berwarna Coklat

Jenis palang berikutnya adalah coklat dimana mempunyai kegunaan sebagai petunjuk jalan ke area-area wisata. Dengan demikian, pengendara yang akan mencari destinasi dapat menemukan palang cokelat ini untuk kemudian mengikuti arah petunjuknya.

Palang warna coklat biasanya akan berbeda setiap daerah karena sangat bergantung dengan kearifan lokal, termasuk lokasi wisata di daerah tersebut.

Baca Juga : Arti Singkatan Jalan Tol, Sejarah, dan Perkembangan Jalan Tol di Indonesia

Jenis Rambu pada Jalan Tol dan Artinya

Selain rambu dengan warna-warna seperti di atas, juga sering dijumpai beberapa rambu lain misalkan dengan penggunaan logo-logo. Cek jenis serta arti selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Dilarang Masuk

Banyak sekali kasus dimana beberapa jenis kendaraan yang tidak boleh masuk highway, justru malah menerobos dengan alasan tidak melihat tandanya. Anda bisa melihat rambu jalan tol dilarang masuk di pintu gerbang dengan warna dasar putih serta garis tepi berwarna merah. Selain itu, gambar kendaraan juga dicoret, misalkan motor.

2. Dilarang Berhenti

Tulisan dilarang berhenti diwakili dengan simbol huruf S yang dicoret sama seperti yang ada di jalan raya. Namun, pada momen tertentu, kendaraan dapat berhenti dengan catatan dalam keadaan darurat, misalkan terjadi kerusakan atau kecelakaan.

3. Batas Ketinggian Kendaraan

Untuk melintasi highway, terdapat aturan batas ketinggian dimana akan diinformasikan pada papan berisi tinggi maksimal di bagian pintu masuk. Ini harus dipatuhi agar selamat serta tidak membahayakan pengendara lain.

4. Simpang 3 Serong Kiri

Jalan bebas hambatan biasanya mempunyai persimpangan sehingga apabila ada rambu warna kuning, panah ke atas, dan garis di kanan dan kiri. Jika melihat tanda ini, maka harus berhati-hati sebab akan menemui banyak kendaraan di sisi lainnya.

Baca Juga : 7 Peraturan di Jalan Tol yang Perlu Diketahui Pengendara Agar Tetap Aman

5. Batas Kecepatan

Meskipun berada di jalan bebas hambatan, namun kecepatan tetap harus dikontrol. Akan muncul peringatan ditandai dengan batas maksimal atau minimal berupa angka. Di setiap ruas tertentu, biasanya tanda kecepatan paling tinggi dan rendah akan berbeda-beda sehingga harus selalu hati-hati.

Setelah mengetahui arti dari rambu di jalan tol, pastikan untuk mematuhinya demi keselamatan dan keamanan berkendara baik bagi diri sendiri maupun orang lain.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Memanfaatkan Macet dengan Kreatif

2020-11-24

Di kota-kota besar, kepadatan lalu lintas adalah bagian rutinitas sehari-hari yang susah dihindari. Bisa dibilang “berangkat macet pulang pun macet”, kata itulah yang se

thumbnail

Cara Hitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor

2020-09-27

Seluruh pemilik kendaraan beroda dua atau motor di Indonesia memiliki kewajiban untuk membayar pajak guna mengesahkan STNK atau surat tanda nomor kendaraan. Namun, saat

thumbnail

Optimalkan Resume Lamaran Pekerjaan Dalam 10 Detik

2020-11-06

Tahukah Sahabat bahwa setiap perusahaan hanya mau memberikan waktunya selama 10 detik untuk melihat resume para pelamar? Terbayang kan berapa banyak informasi yang bisa

thumbnail

7 Makna Ornamen Dekorasi Pelaminan Adat Jawa Bagi Pengantin

2021-01-14

Pernikahan selalu menjadi prosesi sakral yang tidak hanya dimaknai oleh kedua mempelai, tapi juga oleh keluarga. Prosesi adat di Indonesia menjadi salah satu momen indah