Logo Daihatsu
Menu

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

Otomotif

2021-01-14

fungsi alternator pada mobil

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing. 

Misalnya saja komponen bernama alternator yang pada umumnya membantu kendaraan roda empat untuk bisa dijalankan.

Lalu, apa fungsi alternator pada mobil sebenarnya? Simak ulasannya berikut.

Fungsi Alternator 

Sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, bila alternator umumnya membantu kendaraan roda empat untuk bisa dinyalakan. Hal ini tidak lain karena alternator merupakan seperangkat elektromekanis yang bertugas guna mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak balik. 

Banyak yang menyebut komponen alternator sebagai dinamo ampere. Pembangkitan arus listrik oleh alternator ini mampu mencukupi kebutuhan guna menggerakkan beberapa engine tambahan di dalam mobil. 

Tak hanya itu saja, alternator juga biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik pada putaran idle. Dinamo ampere ini akan menyuplai listrik ke seluruh bagian kelistrikan dalam mobil selama engine dinyalakan.

Dalam melakukan kinerjanya, alternator dibantu dengan beberapa komponen pendukung, diantaranya stator, bracket, rectifier (dioda), sikat sikat, dan rotor. 

Fungsi alternator pada mobil bekerja, bagian ini tidak memerlukan cut out relay yang memiliki fungsi guna mencegah masuknya arus listrik dari baterai menuju dinamo.

Baca juga: Penyebab Sistem Kelistrikan Mobil Tidak Stabil

Cara Kerja Alternator

Cara kerja dari alternator adalah dengan menciptakan arus listrik dari stator coil lalu diatur oleh IC regulator supaya tegangan listrik yang dihasilkan tersebut tidak berlebih. 

Selain itu, tegangan listrik yang diciptakan pula bisa dimanfaatkan guna mengisi listrik yang terdapat pada aki mobil dan dapat digunakan oleh beberapa komponen engine lainnya. 

Pertama tama field coil atau rotor coil akan mendapatkan arus listrik yang berasal dari aki. Arus listrik yang diterima tersebut, menimbulkan medan magnet pada rotor coil

Bila alternator telah diputar oleh mesin, maka medan magnet tersebut akan memotong gulungan konduktor pada stator coil. Pada proses satu inilah yang mengakibatkan kemunculan arus listrik pada stator coil.

Dengan fungsi alternator pada mobil tersebut, akan membuat tegangan bolak balik yang keluar dari stator coil disearahkan oleh dioda sehingga menjadi satu arah. 

Arus yang diciptakan tersebut akan mengalir ke dalam IC regulator supaya tegangan yang dihasilkan tetap stabil yakni berada di kisaran 14,2 volt dan mampu mengisi listrik pada aki mobil. 

Selanjutnya, proses penstabilan tegangan listrik yang dilakukan oleh komponen bernama IC regulator ini yaitu dengan cara memanfaatkan dioda zener. Dimana dioda zener berperan sebagai pemutus dan penghubung tegangan IC regulator

Dikala dioda zener dalam posisi ON, maka secara otomatis arus listrik yang mengalir menuju field coil akan terputus.

Hal ini akan menyebabkan tidak adanya medan magnet yang diciptakan sehingga stator berhenti menghasilkan arus listrik. Akibat berhentinya arus listrik dari stator coil tersebut akan membuat tegangan ke dioda zener menjadi berkurang. 

Kinerja dari fungsi alternator pada mobil ini akan mengakibatkan dioda zener OFF dan arus listrik ke field coil mengalir kembali. Berkat adanya alternator dalam komponen kendaraan roda empat, membuatnya bisa dinyalakan serta dijalankan sebagaimana mestinya. 

Bahkan kehadiran dinamo ampere pula membuat beberapa komponen listrik lainnya bisa dihidupkan, seperti lampu. Pentingnya peranan dari alternator inilah, menuntut sang pemilik harus memperhatikan keadaannya secara rutin.

Baca juga : 8 Ciri Alternator Mobil Bermasalah


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

2022-06-29

Salah satu interior mobil yang vital adalah bagian mika lampu. Terutama saat berkendara di malam hari, penerangan yang baik sangatlah dibutuhkan. Lantas bagaimana jika

thumbnail

Tips Membersihkan Serbuk Putih pada Terminal Aki

2022-01-20

Aki merupakan salah satu komponen penting dalam mesin mobil. Yang mana memiliki fungsi utama untuk menyuplai daya listrik pada komponen - komponen mesin yang ada di dalam mobil. Tapi bagaimana jika

thumbnail

Beginilah Fungsi dan Cara Kerja Alternator Mobil

2021-01-14

Sebagian besar pemilik mobil pastinya telah mengetahui bila di dalam kendaraannya terdapat beberapa komponen engine yang memiliki tugas masing masing. 

thumbnail

Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

2022-08-12

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memiliki banyak komponen. Setiap komponen mobil tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah komponen rem tromol.R