Logo Daihatsu
Menu

Berapa Lama STNK Mobil Baru Keluar? Ini Info Terbaru 2023!

Otomotif

2023-05-12

Berapa Lama STNK Mobil Baru Keluar? Ini Info Terbaru 2023!

Berapa lama STNK mobil baru keluar? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang kerap kali ditanyakan seseorang ketika membeli mobil baru. Pasalnya STNK menjadi syarat mengendarai mobil di jalan raya dan acap kali sebagai syarat parkir di beberapa fasilitas umum. Yuk, ketahui estimasi keluarnya dengan memperhatikan ulasan berikut.

Berapa Lama STNK Mobil Baru Keluar? 

Sebagai pemilik mobil baru tentu rasanya Anda tidak sabar mengendarai mobil yang Anda beli. Entah hanya sekedar untuk jalan-jalan atau untuk mengunjungi sanak saudara atau teman. Ketika Anda baru membeli mobil baru, tentu STNK tidak akan langsung keluar. Sebab pihak dealer mobil baru akan menyerahkan berkas mobil yang Anda beli ke pihak Samsat untuk melakukan pengajuan pembuatan STNK.

Lantas berapa lama estimasi penerbitan STNK mobil baru keluar? Untuk mobil CKD (Completely Knock Down) atau mobil impor yang di rakit di Indonesia, maka estimasi penerbitan STNK membutuhkan waktu 10 hingga 14 hari kerja setelah proses pengajuan STNK dilakukan. Sedangkan untuk mobil baru jenis CBU (Completely Built Up) atau diimpor secara utuh, maka estimasi penerbitannya 30 hari setelah proses pengajuan STNK dilakukan. 

Penyebab Estimasi Penerbitan STNK Mobil Lama

Ada beberapa hal yang menyebabkan estimasi penerbitan STNK mobil menjadi lama yang perlu Anda ketahui. Berikut penyebab selengkapnya.

1. Mobil yang dibeli jenis CBU

Faktor pertama mengapa estimasi penerbitan STNK mobil baru lama, dikarenakan mobil yang dibeli termasuk mobil jenis CBU. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil ini membutuhkan estimasi penerbitan STNK baru selama 30 hari.

2. Kurang lengkapnya data pengajuan

Faktor kedua, bisa saja disebabkan oleh data pengajuan penerbitan STNK yang kurang lengkap sehingga perlu dilengkapi syarat-syaratnya terlebih dahulu.

3. Pengurusan dilakukan secara kolektif

Faktor ketiga, bisa jadi dealer tempat Anda membeli mobil baru melakukan pengajuan pengurusan surat kendaraan secara kolektif. Pengajuan secara kolektif, tentunya baru bisa dilakukan jika semua pembeli mobil di dealer tersebut sudah melengkapi semua berkas persyaratan penerbitan STNK.

4. Faktur pembelian masih di pihak produsen

Faktor keempat, bisa jadi faktur pembelian mobil Anda masih dipegang oleh pihak produsen atau belum diterbitkan.

Baca Juga : STNK Sementara Mobil Baru dan Aturan Plat Putih

Cara Mengecek STNK Mobil Baru Sudah Terbit atau Belum

Ada beberapa cara mengecek STNK mobil baru apakah sudah terbit atau belum dengan mudah. Berikut cara selengkapnya.

1. Cara cek via Whatsapp atau telepon

Cara pertama, Anda bisa mengecek via Whatsapp atau telepon. Caranya mudah, Anda tinggal menghubungi pihak Customer Service dari dealer mobil yang Anda beli dengan menggunakan Whatsapp atau via telepon. Jika Anda belum mengetahui berapa nomor telepon dari Customer Service tersebut, Anda bisa mencarinya di layanan peta online Google atau menghubungi sales penjualan mobil dari dealer tersebut.

2. Cek langsung ke dealer

Cara kedua, Anda bisa mengunjungi dealer secara langsung. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki banyak waktu luang. Anda tinggal menunjukkan KTP serta fraktur pembelian mobil baru ke pihak Dealer. Nantinya, petugas mengenai estimasi penerbitan STNK mobil baru. Jika sudah terbit, petugas akan menyerahkannya langsung ke Anda.

3. Cek langsung ke Samsat

Cara terakhir, Anda bisa mengunjungi Samsat secara langsung. Cara ini terbilang efektif, jika pihak dealer mengajukan proses penerbitan STNK mobil baru secara kolektif. Pasalnya, terkadang STNK mobil yang Anda beli bisa saja sudah selesai, namun pihak dealer enggan mengambilnya karena menunggu STNK dari pihak konsumen lainnya selesai. 

Setelah Anda membaca ulasan di atas, sekarang Anda sudah bisa tahu berapa lama stnk mobil baru keluar, semoga bisa membantu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Piston Kaliper Rem Mobil Berkarat dan Cara Membersihkannya

2022-03-09

Piston kaliper rem mobil berkarat bisa mempengaruhi sistem pengereman mobil dan keselamatan berkendara. Karat bisa membuat piston menjadi tidak elastis lagi dan fungsiny

thumbnail

Tingkatkan Performa, Ini 5 Sensor Penting di Sistem Bahan Bakar Injeksi

2020-11-17

Kini banyak pabrikan otomotif memproduksi kendaraan bermotor dengan menerapkan sistem bahan bakar injeksi. Apakah anda tahu bahwa motor bermesin injeksi ternyata telah d

thumbnail

Jenis-Jenis Ban Mobil Offroad Serta Rekomendasi Merknya

2021-02-25

Mengetahui jenis-jenis ban mobil offroad perlu dilakukan. Terutama, bila Sahabat tengah mencari ban untuk mobil offroad. Mengetahui jenis-jenis ban tersebut bisa membuat

thumbnail

Tips Memasang Peredam Kabin Agar Tidak Bising

2022-06-24

Suara bising sudah pasti sangat mengganggu kenyamanan, dimanapun Anda berada. Begitu juga jika terdengar suara yang bising saat berada di dalam mobil. Kenyamanan dan ket