Logo Daihatsu
Menu

Berapakah Batas Toleransi Telat Ganti Oli Mobil? Ini Jawabannya!

Otomotif

2021-01-04

toleransi ganti oli

Batas toleransi telat ganti oli mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui, sebelum hendak mengganti oli. Mengetahui batasan tersebut bakal membuat Sahabat terhindar dari telat mengganti oli mobil.

Telat mengganti oli mobil sendiri bisa mengakibatkan dampak buruk. Salah satunya adalah kerusakan pada mesin mobil. Lantas, berapakah batas toleransi telat ganti oli mobil?

Lihat Speedometer

Jawabannya dari pertanyaan sebelumnya ada pada speedometer Sahabat. Lihat apakah angka pada speedometernya. Apakah sudah menyentuh jarak tempuh 500 - 1.000 km atau belum. Kalau sudah, berarti mobil Sahabat sudah masuk batas toleransi telat ganti oli mobil. Jika itu yang terjadi, jangan ragu untuk segera mengganti oli mobil Sahabat.

Melihat angka pada speedometer adalah indikator yang lazim digunakan, utamanya sebagai batas toleransi telat ganti oli mobil. Namun, untuk mobil yang jarang dipakai, angka tersebut tidak harus dijadikan patokan.

Untuk mobil yang jarang dipakai, batas toleransi telat ganti oli mobil adalah enam bulan. Jadi, tiap enam bulan sekali, Sahabat harus melakukan pergantian oli pada mobil tersebut. Setelah oli diganti, pastikan untuk selalu memanaskan mobil, agar mobil terhindar dari kerusakan.

Pentingnya Oli untuk Mesin Mobil

Oli merupakan komponen penting dalam suatu mobil. Kehadiran oli bikin performa mesin tetap terjaga, karena telah terlumasi oleh oli. Selain sebagai pelumas mesin, oli juga punya beberapa peran penting untuk mobil. Utamanya untuk mesin mobil. Beberapa peran itu adalah:

Menjaga Suhu Mesin

Selain untuk melumasi mesin, oli juga bikin suhu pada mesin tetap terjaga. Bila mesin suhunya tetap terjaga, maka mesin bisa melakukan fungsinya dengan baik. Selain itu, kerja oli pun juga jadi lebih ringan.

Pastikan agar oli selalu diganti agar suhu mesin tetap terjaga. Jika tidak, mesin akan mengalami aus, serta membuatnya harus bekerja dengan sangat berat.

Membantu Menghemat Bahan Bakar

Peran ini masih hubungannya dengan peran sebelumnya. Saat mesin bisa bekerja dengan baik dan lebih ringan, energi yang dihasilkan mesin pun jadi semakin sedikit. Bila energi yang dihasilkan semakin sedikit, bahan bakar yang dikeluarkan mobil pun juga jadi sedikit. Hal itu tentu bisa menghemat bahan bakar secara tidak langsung.

Komponen Mesin Jadi Lebih Awet

Oli bisa melumasi semua komponen mesin. Saat semua komponen mesin terlumasi, maka tiap komponen mesin itu tidak saling bergesekan. Akibatnya, semua komponen mesin pun jadi lebih awet.

Membuat Harga Jual Mobil Menjadi Bagus

Jika komponen mesin awet, maka secara tidak langsung harga jual mobil pun menjadi bagus. Mesin sendiri merupakan salah satu hal krusial dalam penjualan mobil. Semakin bagus mesin mobil, maka semakin bagus pula harga jual sebuah mobil.

Melindungi Mesin dari Karat

Oli memiliki zat khusus yang bisa melindungi mesin dari karat. Oli pun juga punya zat yang bisa membersihkan kotoran-kotoran pada mesin. Semisal debu yang menempel pada saluran seal mesin.

Selain harus bebas dari karat, mesin juga harus terjaga kebersihannya. Selain bikin performanya tetap baik, terbebas dari dua hal itu juga bikin mesin terbebas dari beberapa bentuk kerusakan. Semisal lecet dan lock engine.

Batas toleransi telat ganti oli mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui, sebelum hendak mengganti oli. Mengetahui batasan tersebut bakal membuat Sahabat terhindar dari telat mengganti oli mobil.

Batas yang dimaksud sudah disampaikan di atas. Mengetahui batasan tersebut bisa membuat Sahabat segera mengganti oli mobil. Dengan begitu, oli pun bisa menjalankan peran pentingnya terhadap mobil, khususnya mesin.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Data Pelanggaran Lalu Lintas 2020: Jumlahnya Terus Menurun

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas merupakan bentuk perbuatan yang melanggar aturan atau tindak pidana yang bersifat ringan. Meski begitu, dampak akibat

thumbnail

Peringati Kemerdekaan, Yuk Pasang Aksesoris Bendera Merah Putih

2023-10-03

Di tahun 2023 ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan ke-78 tahun. Sebagai warga negara yang cinta tanah air, sudah seharusnya tur

thumbnail

3 Cara Pasang Alarm Mobil dengan Benar

2021-01-06

Pencurian mobil masih marak di beberapa wilayah Indonesia, terutama jika Anda tinggal di kota metropolitan dengan tingkat mobilitas tinggi. 

thumbnail

Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, dan Masalahnya

2021-12-10

Apa itu sudut toe, fungsi, dan masalahnya? Pemilik mobil harus paham. Selain berkaitan dengan kenyamanan mengemudi, juga berpengaruh pada keselamatan.