Logo Daihatsu
Menu

Bikin Berkendara Lebih Tenang, Begini Cara Menyetel Kopling Mobil Yang Benar

Otomotif

2021-01-08

cara menyetel kopling mobil

Pengendara mobil manual tentu tidak asing dengan kopling, yang memiliki peran untuk mengontrol perpindahan transmisi gigi selama berkendara. Perannya sebagai penahan gesekan putaran antara transmisi dan mesin, lambat laun akan mengalami perubahan. Agar berkendara kembali nyaman, berikut cara menyetel kopling mobil yang benar. 

Mengatur Ketinggian Pedal Kopling

Ketinggian pedal kopling, merupakan suatu jarak yang dihitung dari posisi ujung pedal terhadap lantai kendaraan. Namun perlu diketahui bahwa ketinggian setiap pedal kopling bagi setiap mobil tentu berbeda, sehingga Anda tidak dapat menyamaratakan begitu saja. 

Demi memudahkan, silahkan ikuti saran ukuran penyetelan yang telah tertulis di buku panduan perbaikan kendaraan. 

Namun bagaimana jika Anda adalah orang awam di bidang otomotif, dan tidak memahami cara menyetel kopling mobil meski membaca buku panduan? 

Dalam kondisi tersebut, silahkan menyamakan ketinggian dengan pedal rem untuk dijadikan sebagai patokan. Diharapkan dengan adanya patokan, dapat memudahkan Anda dalam proses penyetelannya. 

Pertama, pahami setiap letak komponennya dan silahkan putar mur pengunci ke arah kiri hingga kendur dan memudahkan untuk diputar. Kemudian putar baut penyetel ketinggian ke arah kiri apabila ingin menaikkan ketinggian pedal kopling, sebagai bagian dari cara menyetel kopling mobil yang benar. 

Sementara itu baut yang diputar ke arah kanan dikhususkan untuk menurunkan ketinggian pedalnya. Usai mengetahui cara mengaturnya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan demi mempermudah penyetelan. 

Jika ketinggian pedal dirasa pas, putar mur kembali agar posisi baut pengunci tidak terlepas atau kendor. 

Mengatur Jarak Gerak Bebas Pada Pedal Kopling 

Setelah mengatur ketinggian pedal kopling sesuai kebutuhan, kini saatnya untuk mengatur jarak gerak bebas pada pedal kopling. Hal ini dilakukan, guna mencegah kopling tidak selalu menempel pada Fly Wheel karena dapat menyebabkan kampas kopling cepat habis. 

Umumnya jarak gerak bebas pada pedal kopling berkisar dari 1.5 cm hingga 3 cm. Meski rentan pada umumnya berada di angka tersebut, sebaiknya memastikannya kembali dengan membaca buku panduannya untuk melihat rekomendasi yang diberikan oleh pabrikannya. 

Sebelum memulai cara menyetel kopling mobil yang benar, sebaiknya Anda memahami bahwa jarak bebas pedal kopling terdiri dari 2 model yang terdiri dari hidrolik dan tipe mekanikal. 

Untuk memudahkan pengaturannya, mari kita mulai dari model hidrolik terlebih dahulu. Pertama tama, perhatikan posisi serta tempat penyetelan jarak gerak bebasnya terlebih dahulu. 

Langkah selanjutnya, Anda bisa menggunakan kunci pas berukuran 8 atau 10 untuk membantu mengendurkan mur pengunci. Jika dirasa cukup kendur, silahkan gunakan tang atau alat bantu sejenisnya untuk memutar batang pendorong hidrolik pada kopling. 

Baca Juga: Kelemahan Kopling Hidrolik Mobil Beserta Kelebihan dan Beberapa Komponennya

Atur jarak gerak bebasnya sesuai dengan ukuran yang diberikan, lalu kencangkan mur sambil menahan batang hidrolik. 

Cara menyetel kopling mobil jarak bebas model mekanikal, bisa menggunakan kunci pas berukuran 10 atau 12 untuk mengendurkan mur. Putar ke kanan untuk mengencangkan, sedangkan arah kiri untuk mengendurkan mur. 

Atur jarak bebasnya sesuai rekomendasi yang diberikan, dan pastikan mur pengunci berada di posisi tepat sebelum menggunakan sistem self lock

Dengan mengikuti tutorial di atas, dijamin Anda akan berhasil menyetel kopling sesuai kebutuhan. Demi kenyamanan selama berkendara, silahkan atur sesuai dengan rekomendasi yang tertulis pada buku panduannya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Charade Turbo, Mobil Mungil Bertenaga Super

2021-03-15

Sahabat yang mencari mobil irit pasti akan memilih mobil berbodi mungil. Namun, performanya pasti akan dikorbankan karena kecepatannya pun akan sangat lambat. Berbeda de

thumbnail

6 Penyebab Aki Mobil Tekor dan Cara Mengatasinya

2022-09-01

Aki merupakan bagian krusial dalam sebuah kendaraan yang bertugas untuk menghidupkan mesin. Apabila aki mengalami keausan, maka mobil tidak bisa distarter dan dikemudikan. Kondisi ini sering kali m

thumbnail

Apa itu Facelift pada Mobil? Kenali Perbedaanya dengan All New

2023-02-01

Anda pasti pernah mendengar istilah Facelift dan All New ketika sedang membaca brosur penjualan kendaraan. Ataupun ketika sedang melihat iklan penjualan kendaraan. B

thumbnail

3 Kebiasaan Buruk yang Membuat Kampas Rem Mobil Cepat Habis

2022-04-07

Fungsi rem pada kendaraan termasuk suatu komponen penting harus diperhatikan performanya, termasuk pada mobil. Kondisi kampas rem cepat habis bisa menjadi salah satu pen