Logo Daihatsu
Menu

Cara Alami Konsumsi 7 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tips & Trick

2021-01-16

makanan kesehatan mata

Ingin mata tetap sehat selama digunakan untuk beraktivitas? Salah satu cara alami yang paling populer adalah saran untuk banyak makan wortel. Tidak heran jika wortel sering dijadikan berbagai olahan sayuran karena kandungan beta karoten yang baik untuk mata. Namun, bosan tidak sih, kalau makan wortel terus-menerus?

Makanan untuk menjaga kesehatan mata merupakan asupan nutrisi yang penting agar penglihatan tetap prima. Kandungan bahan alami pada makanan biasanya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata, tapi juga manfaat kesehatan lainnya. Yuk, simak berbagai bahan makanan alami yang tidak membosankan untuk dikonsumsi agar mata tetap sehat.

1. Bayam

Variasi makanan pertama adalah bayam. Makanan kesukaan karakter kartun Popeye ini mengandung lutein dan zeaxanthin. Dua jenis pigmen tersebut mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak. Mata juga tidak akan rusak meskipun sering terkena paparan sinar matahari saat sahabat beraktivitas di luar ruangan.

2. Salmon

Nah, kalau konsumsi salmon tentunya sudah populer dikonsumsi berkat manfaat dari kandungan Omega 3. Asam lemak ini sangat baik untuk meringankan mata kering. Makan ikan salmon juga bisa mengurangi risiko kebutaan yang disebabkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Salmon juga bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya.

3. Tomat

Tomat juga berkhasiat dengan tiga nutrisi yaitu vitamin A, vitamin C, dan lycopene. Tiga kandungan bahan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Senyawa lutein dan zeaxanthin juga mampu menyaring gelombang cahaya biru dari sinar ultraviolet B yang berpotensi merusak jaringan mata.

Nah, buat yang sulit makan sayur, tomat bisa jadi salah satu alternatif makanan sehat yang bisa lebih beragam olahannya. Sahabat bisa konsumsi tomat langsung, diolah sebagai jus, atau dicampur ke dalam masakan dengan tidak terlalu matang.

4. Alpukat

Seperti halnya wortel, alpukat juga memiliki kandungan beta karoten yang bisa mendukung penyerapan antioksidan. Tidak hanya kandungan yang baik untuk mata, alpukat juga memiliki manfaat untuk jantung. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi masalah mata minus. Nah, daripada minus semakin bertambah, lebih baik dicegah, ‘kan?

5. Kacang-kacangan

Manfaat kacang-kacangan seperti kenari, kacang brazil, kacang mete, almond, kacang tanah, hazelnut, dan biji bunga matahari juga baik untuk penglihatan. Kacang-kacangan ini mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel mata dari radikal bebas. Jadi, sahabat bisa konsumsi kacang-kacangan jika ingin sesuatu yang lebih praktis untuk dinikmati.

6. Telur

Tidak hanya tumbuh-tumbuhan, protein hewani yang sangat mudah dikonsumsi ini juga baik untuk kesehatan mata. Fungsi telur bermanfaat untuk mengurangi risiko kehilangan penglihatan saat usia semakin menua. Pigmen makula yang menjadi pelindung mata juga bisa terus meningkat ketika sahabat sering makan telur.

7. Cokelat hitam

Nah, ini dia makanan alternatif yang mungkin akan sangat disukai oleh banyak orang. Lebih populer dengan sebutan dark chocolate, kandungan flavonoid dalam makanan lezat ini ternyata berperan besar untuk meningkatkan kualitas penglihatan. Perubahannya juga cukup signifikan karena cokelat hitam juga mengandung vitamin A yang berasal dari cocoa.

Baca juga : Menu Makanan Sehat di Masa Kehamilan

Jadi, bagi sahabat yang ingin menjaga kualitas kesehatan mata, pastikan untuk makan jenis makanan yang mengandung vitamin untuk mata. Tak hanya sayuran atau buah, sahabat juga bisa konsumsi camilan agar lebih praktis. Konsumsi makanan tidak perlu berlebihan, tapi setidaknya seimbang dan dikonsumsi secara teratur agar kesehatan mata tetap prima.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Waktu yang Tepat Beli Mobil Baru dan Tipsnya, Yuk Ketahui!

2023-01-06

Memahami tentang kapan saja waktu yang tepat beli mobil baru, dapat menghemat kantong Anda ketika hendak membelinya. Lantas kapan saja waktunya? Agar Anda tidak pena

thumbnail

Ini 5 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Menanggapi Kritik Dari Atasan

2020-11-24

Perjalanan karir itu seperti mendaki gunung, selalu banyak batu terjal berupa rintangan untuk sampai kepuncak. Salah satu batu terjal tersebut adalah kritik pedas dari s

thumbnail

10 Makanan Sehat Untuk Diet yang Mudah Diolah

2020-11-21

Diet sering kali memiliki definisi yang identik dengan mengurangi berat badan, padahal definisinya mengacu pada aturan makanan khusus untuk kesehatan (biasanya dianjurkan dokter). Jika didefinisika

thumbnail

10 Tips Belajar Bahasa Inggris Agar Mudah Dipahami

2020-11-06

Kini, arus perdagangan di dunia terus melaju seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Mulai banyak perusahaan-perusahaan asing yang masuk dan berkembang di Indon