Logo Daihatsu
Menu

Cara Berobat Dengan BPJS di Rumah Sakit Mudah dan Segera Dilayani

Family

2021-08-08

bpjs

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS kesehatan merupakan jaminan sosial yang wajib dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia. Namun sangat disayangkan saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara berobat dengan BPJS di Rumah Sakit.

Padahal dengan menggunakan BPJS kesehatan di Rumah Sakit, Anda bisa mengurangi jumlah biaya yang harus Anda keluarkan untuk berobat. Karena pada dasarnya BPJS dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan.

3 Tahapan Mudah Berobat dengan BPJS di Rumah Sakit 

Untuk bisa mendapatkan pelayanan BPJS kesehatan dengan maksimal, Anda harus mengetahui tahapan dan cara penggunaannya. Hal ini sangat penting untuk Anda pahami, mengingat pelayanan kesehatan diRumah Sakit memiliki berbagai prosedur yang harus ditaati.

Selama ini banyak sekali masyarakat yang tidak memperhatikan pentingnya BPJS kesehatan. Kemudian merasa kesulitan ketika memerlukan BPJS untuk mendapat pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. 

Berikut kami jelaskan 5 tahapan mudah berobat dengan BPJS di Rumah Sakit yang wajib Anda ketahui :

1. Pembayaran iuran tiap bulan

Tahapan pertama dan yang sangat penting untuk Anda perhatikan adalah, pembayaran iuran tiap bulan. Perlu Anda ketahui, untuk bisa menggunakan layanan kesehatan BPJS, Anda harus membayar iuran rutin setiap bulannya.

Jangan sampai Anda memiliki tunggakan atau kekurangan dalam iuran BPJS perbulannya. Karena jika iuran BPJS Anda masih kurang atau menunggak, pelayanan yang Anda dapatkan sudah pasti akan berbeda dengan yang tidak menunggak.

2. Kunjungi pelayanan kesehatan tingkat pertama

Setelah memeriksa dan yakin BPJS kesehatan Anda tidak memiliki tunggakan, segera kunjungi pelayanan kesehatan tingkat pertama. Pelayanan kesehatan tingkat pertama bisa Anda dapatkan di puskesmas, rumah sakit kelas D, dan praktik pribadi dokter.

Petugas di bagian pelayanan kesehatan  tingkat pertama akan meminta Anda untuk menunjukkan identitas kartu BPJS. Anda tidak diwajibkan untuk menunjukkan BPJS secara fisik. Jika ingin, Anda bisa menunjukkan kartu BPJS dalam bentuk digital.

3. Mengisi formulir pemeriksaan

Setelah mengunjungi pelayanan kesehatan tingkat pertama dan melakukan pendafataran menggunakan BPJS, Anda akan diminta mengisi formulir pemeriksaan. Pastikan Anda mengisi formulir pemeriksaan dengan baik dan benar.

Berikutnya Anda hanya perlu menunggu panggilan dokter, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Anda akan mendapatkan penanganan dari dokter, beserta resep obat yang harus Anda tebus di apotek nantinya.

Sangat mudah, bukan? Kini setelah mengetahui 3 tahapan mudah diatas Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah. Jadi pastikan Anda memperhatikan tagihan BPJS kesehatan yang Anda miliki, dan jangan sampai menunggak.

Apa Saja Fasilitas Kesehatan yang Bisa Didapatkan Dengan BPJS?

Jika Anda sudah melakukan pembayaran iuran BPJS secara teratur dan tidak menunggak banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat. Berikut ini merupakan fasilitas kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan BPJS.

  1. Fasilitas persalinan untuk ibu hamil yang akan melahirkan.
  2. Pelayanan gawat darurat dengan fasilitas Instalasi Gawat Darurat.
  3. Fasilitas ambulans bagi pasien rujukan.
  4. Pelayana kesehatan tingkat pertama berupa rawat jalan dan rawat inap.
  5. Pelayanan kesehatan tingkat lanjutan atau rujukan baik rawat jalan maupun rawat inap.

Nah Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan kesehatan diatas dengan mudah, hanya dengan membayar sedikit iuran perbulannya. Pembayaran iuran setiap bulan, tentu tidak sebanding dengan kemudahan pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang akan Anda dapatkan nantinya.

Untuk bisa mengurus BPJS Anda harus melakukan pendaftaran kepada kepala desa atau perangkat desa. Demi mengunjungi Kantor Kepala Desa, diperlukan kendaraan yang nyaman seperti Daihatsu.

Daihatsu merupakan perusahaan yang memproduksi kendaraan, yang selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengendara. Jadi Anda tidak perlu khawatir ketika mengurus BPJS dan berkendara dengan Daihatsu. Anda bisa berpergian dengan mudah, selamat, aman dan nyaman.


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kartu Keluarga Sejahtera, Manfaatnya, dan Solusinya Jika Rusak atau Hilang

2021-01-08

Kartu Keluarga Sejahtera adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah untuk keluarga miskin. Sebelumnya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini bernama Kartu Pelindung Sosia

thumbnail

Tips dan Trik Melakukan Dekorasi Kamar Anak

2020-11-27

Mendekorasi kamar anak merupakan salah satu kegiatan menyenangkan, terutama bagi para calon orang tua. Tentunya dekorasi kamar anak disesuaikan dengan jenis kelamin anak

thumbnail

Cara Memilih Buku Belajar Membaca untuk Anak

2021-01-11

Anak usia dini penting sekali untuk memiliki buku belajar membaca. Apalagi buku belajar membaca sekarang ini sangat banyak variasinya. Anak dapat belajar membaca dengan

thumbnail

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

2021-01-28

Kopi merupakan minuman favorit banyak orang. Tak hanya bapak-bapak saja yang suka minum kopi, ibu-ibu juga suka minum kopi. Bagi Sahabat yang sedang hamil dan suka minum