Logo Daihatsu
Menu

Cara Cek Pajak Kendaraan JATENG (Jawa Tengah) Online 2024

Otomotif

2024-02-15

Cara Cek Pajak Kendaraan JATENG (Jawa Tengah) Online 2024

Di tahun 2023, kemajuan teknologi kembali menunjukkan perkembangan yang luar biasa, membawa dampak positif terutama bagi masyarakat Jawa Tengah yang aktif bergerak. Salah satu aspek yang mengalami transformasi signifikan adalah sistem pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan, yang kini dapat dilakukan secara online.

Inovasi ini menjadi solusi efisien bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi, termasuk kaum milenial yang lebih memilih kenyamanan dalam melaksanakan kewajiban pembayaran pajak tahunan atau lima tahunan kendaraan mereka. Dengan memanfaatkan layanan online, proses ini menjadi lebih mudah, cepat, dan sesuai dengan gaya hidup modern, memberikan kelonggaran bagi mereka yang lebih suka beraktivitas tanpa harus meninggalkan kenyamanan tempat tinggal mereka.

Berikut adalah panduan sederhana untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan di Jawa Tengah baik secara online maupun SMS, yang tidak hanya memudahkan namun juga mendukung gaya hidup praktis masyarakat modern.

1. Melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui situs

Metode pertama, Anda bisa melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui situs e-Samsat. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, buka browser di ponsel Anda, lalu ketik “https://e-samsat.id/jawa-tengah/”.
  • Kemudian kunjungi situs tersebut, tunggu hingga halaman situs terbuka.
  • Selanjutnya, masukkan kode plat nomor kendaraan Anda secara lengkap. Contohnya G 4707 AN.
  • Kemudian jangan lupa masukkan nomor seri, dan lima digit terakhir dari nomor mesin atau rangka kendaraan. 
  • Jika sudah, pilih provinsi “Jawa Tengah” dan klik tombol “cek sekarang”.
  • Tunggu hingga halaman situs, menampilkan informasi seputar identitas kendaraan Anda beserta besaran biaya pajak yang perlu Anda bayarkan. 
  • Untuk Anda yang ingin melakukan pembayaran, Anda tinggal klik tombol “proses pembayaran”. Nantinya Anda akan mendapatkan kode billing pembayaran, Pembayaran bisa Anda lakukan dengan metode transfer bank sesuai dengan bank yang sudah tersedia di situs. Anda juga bisa melakukan pembayaran melalui marketplace.

Baca Juga : 3 Cek Pajak Kendaraan Riau Tanpa Nomor Rangka, Mudah!

2. Melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui aplikasi

Langkah kedua Anda bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi New SAKPOLE. Caranya cukup mudah sekali, Anda tinggal mempraktikkan langkah-langkah berikut.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi “NEWSAKPOLE” dengan menggunakan aplikasi pengunduhan di ponsel Anda.
  • Selanjutnya, install aplikasi tersebut,
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut lalu, masukkan kode nomor plat kendaraan Anda. Contohnya G 4707 AN. Kemudian klik tombol “proses”.
  • Tunggu sejenak, hingga informasi mengenai identitas kendaraan dan pajak keluar. 

Selain aplikasi tersebut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau SIGNAL. Berikut cara selengkapya.

  • Unduh aplikasi “SIGNAL” terlebih dahulu lalu install.
  • Ketika sudah terinstall, buka aplikasi tersebut, kemudian tekan pendaftaran.
  • Masukkan data-data yang diminta oleh aplikasi, misalnya seperti nomor identitas penduduk, nama, alamat sesuai KTP, email dan nomor telepon aktif, serta kata sandi.
  • Kemudian upload foto e-KTP Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk swafoto sebagai syarat verifikasi akun.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode OTP untuk verifikasi akun aplikasi SIGNAL melalui SMS. 
  • Setelah proses pendaftaran akun selesai, Anda buka aplikasi SIGNAL kemudian masukkan identitas kendaraan yang diminta sesuai aplikasi. Mulai dari nomor plat kendaraan hingga lima digit nomor rangka.
  • Setelah itu klik tombol cek, maka informasi mengenai besaran pajak dan identitas kendaraan Anda akan muncul. Lakukan pembayaran sesuai biaya pajak yang ditagih. 

Baca Juga : Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online 2023, Sangat Mudah!

3. Melakukan pengecekan pajak kendaraan Jateng (Jawa Tengah) melalui SMS

Metode terakhir, merupakan metode yang paling sederhana. Anda hanya perlu memastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan SMS. Berikut cara pengecekan pajak kendaraan melalui SMS. 

  • Buka menu SMS Anda, lalu ketik “JATENG” (spasi) kode plat nomor kendaraan Anda. Contohnya G 4707 AN.
  • Kemudian kirim ke 9600. Tunggu beberapa saat hingga muncul balasan mengenai informasi identitas kendaraan dan tagihan pajak yang harus Anda bayarkan.

Saat ini pengecekan pajak kendaraan, bisa Anda pantau sewaktu-waktu dengan mudah. Jadi tidak ada alasan lagi untuk telat membayar pajak kendaraan Anda. 

Apa saja persyaratan bayar pajak?

Persyaratan pembayaran pajak tahunan meliputi: tidak ada tunggakan pajak lebih dari satu tahun, menunjukkan KTP asli beserta fotokopi, membawa STNK dan BPKB asli serta masing-masing fotokopi. Dokumen-dokumen ini harus lengkap untuk memproses pembayaran pajak Anda dengan lancar.

Apa manfaat membayar pajak?

Manfaat membayar pajak antara lain untuk membiayai pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, mendirikan fasilitas pendidikan dan kesehatan seperti sekolah dan rumah sakit, serta meningkatkan layanan publik dan keamanan. Pajak krusial untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama di suatu negara.

Apa risiko tidak membayar pajak?

Jika pajak tidak dibayar, wajib pajak akan menghadapi sanksi sesuai UU Pajak No. 28 Tahun 2007. Sanksi ini meliputi denda administratif, seperti denda, bunga, dan peningkatan tarif, serta sanksi pidana, yang dapat berupa pidana penjara atau denda sesuai peraturan perundang-undangan.

Kapan pemutihan pajak kendaraan jateng 2023 ?

Program pemutihan pajak kendaraan di Jawa Tengah untuk tahun 2023 dijadwalkan mulai berlangsung pada 1 April dan berakhir pada 31 Desember. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan keringanan pajak kendaraan Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Pakai Headset Saat Berkendara

2020-11-18

Berkendara yang nyaman adalah berkendara yang aman. Hal itu tentu mengandung maksud bahwa keselamatan adalah hal yang utama saat berkendara. Ada beberapa hal yang perlu

thumbnail

Aki Basah vs Aki Kering. Pilih Mana?

2021-02-19

Aki atau accumulator yang biasa disingkat accu merupakan salah satu jenis baterai yang umumnya digunakan sebagai penyuplai daya listrik

thumbnail

Yuk, Cari Tahu 5 Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

2020-11-09

Pernahkah Anda mendapati kendaraan roda empat mengalami RPM mesinnya naik turun? Dalam kondisi tersebut, kendaraan harus mendapatkan penanganan agar tidak terjadi kerusa

thumbnail

3 Cara Mematikan Lampu ABS yang Menyala pada Mobil

2022-10-25

Pada masa sekarang, penggunaan teknologi