Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Jualan Online biar Dagangan Laris Manis
25 Januari 2021
jualan online

Seiring perkembangan zaman, jualan online menjadi salah satu pasar paling banyak dilirik untuk mendapat lebih banyak keuntungan.

Jualan online merupakan salah satu lini bisnis yang mana penjual dan pembeli tidak harus bertemu untuk melakukan transaksi jual-beli, Dengan kata lain,  semuanya dilakukan via internet. 

Tidak sedikit yang beranggapan kalau jualan online banyak untungnya. Kenapa demikian? Sudah jelas, jualan online itu tidak perlu sewa tempat untuk berjualan. Lebih hemat waktu, segala macam kebutuhan jual-beli jadi lebih efisien serta memiliki jangkauan yang lebih luas. 

Namun sayangnya, menekuni jualan online itu nggak semudah seperti yang dibayangkan. Misalnya terdapat begitu banyak pesaing, sehingga diperlukan trik-trik jitu biar dagangan laris manis. 

Tips & Trik Jualan Online

Lantas seperti apa sih cara jualan online yang benar? Yuk simak ulasan berikut ini biar lebih jelas. 

1. Temukan peluang 

Cara jualan online yang satu ini bisa dilakukan dengan memantau pasar serta melihat kemampuan diri sendiri. Dengan begitu, Sahabat akan lebih mudah dalam memilih target atau calon konsumen yang akhirnya bisa memberi inspirasi barang atau apa saja yang ingin dijual secara online. 

2. Menentukan produk yang akan dijual 

Dalam hal ini, langkah paling mudah adalah memilih produk yang paling Sahabat kuasai, dengan melihat kelebihan sampai kekurangan produk sendiri. 

Misalnya, Sahabat hobi kulineran, mungkin ada sedikit banyak pemahaman soal selera dan tren kuliner, sehingga berbisnis kuliner bisa jadi pilihan. 

Setelah itu, ketika akan menentukan produk yang akan dijual, sebaiknya pertimbangkan beberapa faktor berikut ini; 

  1. Pemahaman produk 
  2. Melihat pesaing 
  3. Menguasai produk sendiri 
  4. Alur bisnisnya, mulai dari pra-produksi, produksi, penjualan sampai ke soal pengiriman barang. 

3. Menyusun rencana bisnis 

Rencana bisnis ini bisa terbagi dalam dua hal, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Tentu, semua pedagang online berharap bisnisnya bisa laris manis, maka perlu disiapkan rencana bisnis yang matang. 

4. Mencari supplier terbaik 

Saat tiga tips di atas sudah diaplikasikan, maka selanjutnya riset supplier terbaik yang memberi harga paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. 

Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan adalah soal letak dan lokasi supplier, harga, stok barang dan kemudahan dalam berkomunikasi. 

5. Tentukan harga jual 

Menentukan harga jual ini bisa jadi indikator keberhasilan bisnis online yang tengah dijalani. Mengingat pesaing dalam industri bisnis online begitu banyak, sehingga nggak heran kalau ada barang dengan kualitas sama, namun harganya lebih mahal atau bahkan murah. 

Oleh karena itu riset harga yang beredar di pasaran. Cara ini bertujuan untuk membandingkan harga pasaran mengenai produk yang berpotensi sebagai jalan untuk memulai bisnis. 

Selain itu, dengan riset harga di pasaran juga memungkinkan Sahabat untuk menyusun strategi penjualan yang jitu biar dagangan laris manis. 

6. Mencari dan menemukan tempat jualan 

Di pasar jualan online, ada banyak platform yang bisa digunakan sebagai lapak online Sahabat. Sebut saja yang paling populer adalah lewat marketplace. 

Seperti kita tahu, marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis. Lapak online ini langsung bisa jadi penengah untuk segala jenis transaksi antara penjual dan pembeli. 

Ketika sudah mengetahui semua tips di atas, tentu Sahabat bisa memilih kategori marketplace apa yang cocok untuk barang dagangan Sahabat. Beberapa pilihan marketplace populer di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Tokopedia 
  2. Shopee 
  3. Bukalapak 
  4. Lazada
  5. Blibli
  6. OLX
  7. Jd.id
  8. Carousell 
  9. Bhinneka
  10. Zalora 
  11. Kulina
  12. Sociolla dan masih banyak lagi. 

Perlu dicatat, masing-masing marketplace punya segmen penjual dan pembeli berbeda. Sahabat hanya tinggal memilihnya sesuai dengan kategori produk yang akan dijual. 

7. Bikin foto menarik 

Namanya juga jualan online, foto produk bisa jadi senjata ampuh saat menekuni bisnis online. Berbagai foto yang menarik juga bisa mendongkrak penjualan lho! 

Jangan lupa bagikan info detail mengenai produk yang bakal dipasarkan. Hindari juga informasi yang tidak sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya untuk menghindari "cap dan respons buruk" dari konsumen. 

Bayangkan kalau ada pembeli yang kecewa, produk Sahabat bisa saja dicap jelek oleh calon konsumen lainnya. 

8. Manfaatkan media sosial dan influencer 

Media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran agar target konsumen tepat sasaran. Keberadaan media sosial ini juga cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Hal itulah yang membuat media sosial memiliki peran cukup besar dalam proses pemasaran. Kalau butuh boosting pengenalan produk, sepertinya kerja sama dengan selebgram atau influencer juga bisa jadi pilihan tepat. 

9. Cantumkan kontak 

Zaman sudah semakin mudah, tipikal konsumen saat ini juga nggak mau dipersulit. Kalau produk Sahabat sudah dipasarkan lewat media sosial, segera cantumkan nomor kontak bisnis agar konsumen bisa dengan mudah berinteraksi sampai melakukan transaksi. 

Pastikan kontak yang dicantumkan bisa merespons pembeli dengan baik dan aktif. Sebab, tak jarang calon pembeli gagal melakukan transaksi karena admin bisnis onlinenya skip atau terlalu lama membalas respons pemesanan. 

10. Bikin website sendiri 

Kalau bisnis online Sahabat sudah berkembang, tak ada salahnya untuk meningkatkan kualitas bisnis online dengan buat website sendiri. Cara ini bertujuan agar pembeli bisa dengan mudah melihat dan memilih barang atau produk apa saja yang mereka butuhkan hanya dari satu website. 

Kemudian jangkauan konsumen pun jadi lebih luas. Mungkin tak cuma dalam negeri, kehadiran website sendiri juga memungkinkan untuk menjangkau calon konsumen di luar negeri. 

Beberapa pilihan untuk pemasaran pun jadi lebih luas dan bisa dimanfaatkan agar produk semakin dikenal. Misalnya bisa memasang Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, sampai optimasi website. 

11. Kelola arus kas, jangan sampai kebobolan 

Mengelola arus kas yang masuk dan keluar sangatlah krusial dalam menjalankan usaha. Sebenarnya poin terakhir ini jadi pakem penting dalam bisnis apapun, baik online atau offline. 

Sahabat perlu memonitor dan mencatat setiap transaksi. Hal itu bertujuan agar Sahabat bisa memastikan dan mengontrol arus keuangan sampai menganalisa kebutuhan lain seperti budget promosi hingga gaji karyawan secara tepat. Tentu hal ini memerlukan kedisiplinan dan ketelitian biar arus keuangan nggak jebol. 

Dengan menerapkan 11 cara jualan online seperti di atas, setidaknya Sahabat jadi bisa belajar dan mengelola bisnis online yang ditekuni. 

Meski terlihat agak rumit, namun jika dilakukan dengan tulus dan hati yang gembira, maka semuanya bisa terlihat mudah saat dijalani. 

Kunci jualan online sebenarnya tak cukup jika hanya melihat keuntungan berlipat ganda, tapi coba biasakan diri untuk lebih teliti dan konsisten agar bisnis online bisa berubah ke arah bisnis yang lebih profesional. 

Siapa tahu memang rezeki Sahabat ada di jalur bisnis online dan jadi ‘main job’ untuk kedepannya. Semoga sukses! 

Penulis : Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku