Logo Daihatsu
Menu

Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Aman dan Praktis!

Otomotif

2021-08-01

Perawatan Freon AC

Kenyamanan berkendara seseorang ketika mengendarai sebuah mobil biasanya semakin meningkat dengan keberadaan AC mobil. Namun begitu, freon AC mobil biasanya bisa habis dan butuh diisi ulang. Cara mengisi freon AC mobil yang baik harus Anda ketahui, agar nantinya Anda bisa melakukan penggantian isi freon sendiri. 

Cara Kerja dari Freon AC Mobil yang Perlu Diketahui 

Ketika Anda mengendarai sebuah mobil, pasti rasanya akan sangat gerah jika AC di dalamnya tidak dinyalakan. Terlebih ketika Anda melewati rute yang sangat macet, dan terpapar sinar matahari. Disinilah peran penting AC mobil diperlukan, karena komponen tersebut bertugas untuk mendinginkan suhu udara di dalam kendaraan tersebut. 

Peran freon bagi AC sebuah mobil memang sangatlah penting. Freon merupakan senyawa kimia cair yang biasanya digunakan untuk menyerap suhu panas dalam sebuah ruangan. Sehingga suhu udara di ruangan tersebut bisa lebih dingin dan sejuk. 

Freon AC mobil bertugas untuk mendinginkan suhu udara yang ada pada sebuah kendaraan bermobil, yang juga disebut sebagai refrigerant. Freon memang tidak memiliki bau atau warna tertentu, dan nantinya akan diolah dalam bentuk gas. 

Kinerja freon AC mobil adalah dengan cara mendinginkan udara yang masuk ke bagian evaporator dan bagian freon. Setelah itu, kompresor pada mobil akan menghembuskan kembali udara tersebut ke dalam kabin, namun dengan suhu yang lebih rendah dan sejuk. 

Tanpa adanya freon mobil, Anda harus sering-sering membuka jendela mobil. Yang bisa mengakibatkan bagian interior kendaraan beroda 4 tersebut terkena debu dan polusi udara dari luar kendaraan. 

Itulah mengapa Anda disarankan untuk mengisi freon AC mobil secara rutin agar pendingin di dalam kendaraan tersebut bisa berjalan dengan maksimal. 

Cara Melakukan Perawatan Freon AC Mobil yang Mudah dan Praktis

Jika Anda tidak paham instalasi mesin mobil, pastikan untuk membawa mobil ke bengkel. Namun sebaiknya Anda mengetahui cara mengisi freon AC mobil seperti di bawah ini. Agar bisa melakukan penanganan darurat terhadap freon AC mobil Anda yang rusak. 

Berikut ini cara mengisi freon AC mobil yang mudah dan praktis : 

1. Siapkan alat-alatnya

Pada langkah berikut ini, Anda harus menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengisi freon AC mobil. Contohnya yaitu manifold gauge, sebuah alat pengukur tekanan freon AC khusus. Lalu lakukan pengukuran tekanan, pastikan agar tidak melebihi 15-40 psi. 

2. Kosongkan freon AC mobil 

Langkah berikutnya, pastikan untuk menutup katup pada tabung freon dengan menggunakan Manifold Gauge. Selang kuning dipasangkan pada tabung freon, selang biru pada nepel low pressure, dan selang merah pada nepel high pressure

Hidupkan vacum pump, lalu tunggu hingga indikatornya menunjukkan angka 600 mmHg. Indikator tersebut akan menunjukkan bahwa sistem pendingin mobil Anda telah bersih dari uap. 

3. Lakukan pengisian dan pengecekan 

Langkah terakhir, pastikan untuk mengisi freon pada tabung yang telah tersedia, tunggu hingga selesai. Sementara tabung freon diisi, tetap biarkan pompa vakum menyala terus menerus. Pastikan angka yang ada di layar indikator Manifold Gauge semakin meningkat atau stabil, bukan sebaliknya. 

Demikianlah cara mengisi freon AC mobil yang perlu Anda ketahui. Mudah dan praktis, bukan? 

Lebih Nyaman Melakukan Perawatan di Bengkel Resmi

Yang pasti, jika mobil Anda mengalami masalah, pastikan untuk membawanya ke bengkel untuk perbaikan yang lebih sempurna. Anda bisa juga membawa mobil ke bengkel Daihatsu kami yang terdekat di lingkungan tersebut. Menariknya, pemesanan servis mobil Daihatsu bisa dipesan secara online pada situs resmi Daihatsu.co.id. 

Yuk, sempurnakan sistem freon AC mobil Anda pada bengkel Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sejarah Penemu Mobil Pertama di Dunia dan Perkembangannya di Indonesia

2020-12-07

Mobil kini menjadi salah satu kendaraan yang sangat dibutuhkan, karena fungsinya yang serbaguna dan tergolong lebih aman bila dibandingkan dengan kendaraan roda dua.&nbs

thumbnail

Dampak Negatif Beli Mobil Bekas Banjir Beserta Ciri-Cirinya

2020-11-17

Beli mobil bekas banjir adalah hal yang harus dihindari. Sebab, mobil bekas banjir lebih banyak memberi dampak negatif ketimbang positif. Hal itu sebagaimana diungkapkan Senior Manager Bursa Mobil

thumbnail

Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil

2021-01-05

Ukuran velg mobil adalah perhitungan yang bisa dijadikan referensi saat memilih velg hingga mobil yang cocok. Ukurannya harus pas atau sesuai agar velg mobil yang baru s

thumbnail

Yuk, Ketahui 4 Jenis Pegas pada Sistem Suspensi Mobil

2023-10-04

Mengenali 4 jenis pegas pada sistem suspensi mobil sangatlah berguna. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perbedaan sekaligus keunggulan setiap pegas. Seperti Anda k