Logo Daihatsu
Menu

Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu, Ini Ciri-Cirinya!

Tips & Trick

2022-10-25

Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu, Ini Ciri-Cirinya!

Untuk memilih oli mobil yang bagus, Sahabat harus memahami cara membedakan oli asli dan palsu sangat diperlukan bagi pengguna kendaraan.

Banyaknya oli yang beredar di pasaran, membuat para oknum oli nakal memalsukan produk-produk oli ternama. Hal ini sangat merugikan masyarakat karena kendaraan yang semestinya terawat justru rusak karena pemakaian oli palsu. 

Lantas bagaimana cara membedakan antara oli asli dengan oli palsu? Berikut ciri-ciri oli palsu dan asli yang perlu Anda kuasai.

Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu

Untuk membedakan antara oli asli dengan oli palsu, Anda harus mengetahui perbedaan keduanya melalui ciri-ciri berikut ini.

Ciri-Ciri Oli Asli

Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh oli asli:

  1. Tutup di desain oleh pabrikan oli menggunakan seal sebagai pengunci tutup botol sehingga tutupnya kencang. Selain itu, tutup botol di desain untuk sekali pakai.
  2. Setiap oli asli memiliki botol oli yang sudah dilengkapi dengan label dan stiker hologram bertanda khusus. Label oli asli biasanya dibuat dari bahan sticker vinyl.
  3. Botol oli biasanya terlihat baru, tidak kusam, tidak ada goresan atau penyok.
  4. Terdapat kode nomor produksi pada kemasan. Apabila Anda cek langsung pada bagian tutup botol dan botol oli maka kode nomor produksi sama. Anda juga bisa mengecek kode tersebut di internet untuk memastikan kode tersebut resmi dibuat oleh pabrikan oli ternama atau bukan.
  5. Oli memiliki warna kekuningan, bening, dan tidak keruh.
  6. Bila Anda mencium bau oli, tidak akan tercium bau aneh seperti gosong.
  7. Oli asli biasanya memiliki harga eceran tertinggi yang memungkinkan harga jual oli hampir sama di seluruh penjuru Indonesia.
  8. Oli asli memiliki kualitas terbaik karena telah diuji sesuai standar kebutuhan kendaraan, baik dari segi daya pelumas, atau segi meningkatkan performa mesin.
  9. Oli asli dapat merawat komponen mesin kendaraan menjadi awet bahkan berumur lebih panjang dari sebagaimana mestinya.

Oli asli mampu melindungi gesekan dari kedua komponen yang saling bergesekan. Selain itu, daya pelumas lebih licin, dan dingin di mesin sehingga mesin tidak overheat, serta suara mesin menjadi lebih halus.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Merk Oli Mobil yang Bagus untuk Perjalanan Jauh

Ciri-Ciri Oli Palsu

Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh oli palsu:

  1. Tutup botol tidak memiliki seal, sehingga tutupnya longgar.
  2. Botol kemasan oli terlihat kusam, ada goresan, bahkan penyok. Selain itu label kemasan biasanya terbuat dari sticker bontak, tidak memiliki sticker hologram. Bahkan beberapa botol oli palsu memiliki berat yang lebih ringan daripada botol oli asli.
  3. Tidak semua oli palsu memiliki kode nomor produksi. Meski ada yang memakai kode tersebut, terkadang berbeda apabila di cek.
  4. Oli memiliki warna yang keruh, biasanya hitam pekat.
  5. Oli memiliki bau yang sangat menyengat dan gosong.
  6. Harga yang ditawarkan oli palsu lebih murah, bahkan mencapai selisih 30% hingga 50% dari harga oli asli di pasaran.
  7. Oli palsu jika digunakan dalam waktu singkat tidak memiliki dampak buruk yang begitu signifikan. Namun, jika digunakan dalam jangka waktu yang sedikit lebih lama maka akan menimbulkan berbagai masalah. Contoh masalah yang ditimbulkan, antara lain: komponen mesin mobil mudah aus karena terjadi gesekan yang besar, mobil menjadi overheat, mobil tersendat-sendat saat digunakan, mesin mobil bisa mati secara tiba-tiba, keluar banyak asap pada bagian kap dan knalpot mobil, boros biaya perawatan mobil.

Ternyata cara membedakan oli asli dan palsu tidak sulit untuk dipahami. Untuk menghindari produk oli palsu, Anda bisa menggunakan oli DGO (Daihatsu Genuine Oil) sebagai oli asli terbaik Anda.

Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan seperti mesin menjadi responsif, dingin, awet, irit konsumsi bahan bakar, dan membuat performa mesin prima. Pastikan membeli oli DGO di dealer Daihatsu terdekat untuk menjamin keasliannya. 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

6 Cara Ampuh Menghilangkan Kecoa di Mobil dengan Cepat

2023-01-10

Kecoa merupakan serangga yang menjengkelkan dan menjijikkan. Serangga tersebut biasanya menandakan bila tempat tersebut kotor. Misalnya seperti rumah yang sudah lama

thumbnail

Cara Mudah Menanam Bawang Putih

2021-03-23

Harga bumbu dapur di pasar sangat fluktuatif. Kadang murah, kadang mahalnya tidak masuk akal. Biasanya yang sangat fluktuatif adalah harga cabai. Jika lagi murah, bisa 1

thumbnail

Info Rest Area KM 228a Tol Kanci Pejagan dan Fasilitasnya

2023-04-17

Jika Anda hendak melakukan perjalanan mudik melewati Cirebon, Anda perlu mampir sejenak ke rest area KM 228a tol Kanci Pejagan. Di rest area ini Anda bisa sejenak be

thumbnail

Lakukan Tips dan Cara Perawatan Daihatsu Xenia Ini Sendiri di Rumah

2021-08-31

Mobil Daihatsu Xenia yang jarang digunakan harus tetap dilakukan perawatan rutin. Perawatan terhadap mobil bertujuan untuk menghindari permasalahan yang muncul pada mobil. Selain itu untuk menjaga