Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Membersihkan Grill Mobil di Rumah
17 Maret 2021
membersihkan grill

Grill adalah salah satu komponen mobil yang terdapat di bagian luar depan dengan bentuk yang berventilasi. Karena letaknya, grill mudah sekali kotor karena berada di bagian depan. Fungsi dari grill adalah sebagai pelindung untuk komponen mesin mobil di dalamnya.

Debu, air hujan, hingga lumpur bisa membuat grill mobil kotor akan menyapa grill mobil terlebih dahulu. Benda-benda tersebut bisa membuat grill lekas berjamur bahkan berkarat jika tidak dibersihkan dalam waktu lama. Nah, Sahabat bisa nih menyimak beberapa cara membersihkan grill mobil berikut.

Menyiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sahabat bisa membersihkan grill mobil secara mandiri, tidak perlu pergi ke salon mobil. Cara membersihkan grill mobil yang pertama adalah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Sahabat biasanya akan membutuhkan kain lap dengan bahan katun agar tidak memberikan kesan baret pada grill, sikat gigi untuk membersihkan sela sempit grill, kuas, sampo mobil, hingga wax.

Mengencerkan Sampo Mobil

Seperti halnya membersihkan rambut dengan mengencerkan sampo ditambah air agar lebih merata, saat membersihkan grill mobil juga demikian. Sampo harus diencerkan dengan air. Hanya saja, komposisinya tentu berbeda.

Mencampur sampo dan air dengan komposisi 1;3 merupakan cara membersihkan grill mobil yang efisien. Nantinya, cairan sampo ini bisa untuk mengangkat debu yang menempel di grill mobil.

Menggosok Grill

Setelah cairan sampo didapat, Sahabat harus mengoleskannya ke grill. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskan secara merata hingga ke sela-sela ventilasi. Setelah itu gosok dengan baik. Tidak perlu terlalu kencang karena bisa menggores grill.

Jika memang ada bagian yang dirasa membandel, oleskan kembali sampo di bagian tersebut. Diamkan sejenak supaya noda terangkat lalu gosok dengan perlahan. Pastikan semua bagian grill tidak terlewat ya.

Lap Bekas Sampo

Ketika selesai disikat tentu saja akan masih terlihat kotor karena bekas sampo masih menempel. Nah, di sinilah kain lap berbahan katun bekerja. Lap hingga bersih dan pastikan tidak ada bagian yang terlupakan sehingga semuanya terlihat bersih tanpa meninggalkan bekas sampo atau gosokan sikat ya.

Pemilihan kain berbahan katun ini tentu saja bukan tanpa alasan. Bahan katun adalah bahan yang lembut dan mampu menyerap cairan dengan baik. Ketika grill mobil dilap dengan kain berbahan katun akan aman tanpa memungkinkan ada goresan ketika mengelapnya. Bekas sampo juga akan terangkat dengan baik.

Mengoleskan Wax

Grill mobil yang terdapat di bagian depan tentu saja harus selalu terlihat baik, bukan? Hal tersebut dikarenakan impresi awal yang dilihat oleh orang adalah bagian depan. Ketika grill tampak kotor bahkan terbaret tentu saja akan membuat mobil terlihat kurang baik.

Inilah mengapa ketika membersihkan grill mobil harus diakhiri dengan mengoleskan wax. Wax berfungsi untuk membuat bagian grill lebih mengilap. Dengan begini, grill akan tambah lebih kinclong dan mobil terlihat lebih gagah sekaligus cantik.

Itulah beberapa langkah dan cara membersihkan grill mobil yang bisa Sahabat lakukan secara mandiri. Sederhana sekali dan tidak membutuhkan waktu lama. Terlebih alat dan bahan mudah didapatkan. Jadi, daripada pergi ke salon mobil dan menghabiskan banyak uang, tentu membersihkannya secara mandiri akan lebih menghemat, bukan?

Ingat, membersihkan grill mobil harus dilakukan secara rutin, terlebih setelah bepergian jarak jauh di tengah hujan. Jangan sampai grill mobil berjamur atau yang lebih parah menjadi berkarat. Hal itu tentu saja akan memakan biaya yang tidak sedikit karena harus dibersihkan dengan perlakuan yang lebih ekstra.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor