Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Pewangi Mobil Alami dan 5 Jenis Bahannya

Tips & Trick

2021-01-14

pewangi mobil alami

Bagian kabin mobil menjadi area yang perlu dirawat dengan baik agar kualitas udaranya tetap bersih dan nyaman. Ada beberapa orang yang tidak nyaman dengan aroma zat kimia dari pewangi buatan. Terkadang, aromanya yang menyengat malah membuat seseorang jadi mabuk kendaraan. Jika sahabat juga mengalami hal ini, cobalah gunakan pewangi alami.

Cara membuat pewangi mobil alami merupakan solusi yang paling sederhana untuk dicoba demi mengatasi masalah tersebut. Biasanya, beli pewangi mobil juga perlu disesuaikan dengan selera. Jika tidak cocok, pewanginya mungkin berakhir di tempat sampah. Oleh karena itu, jenis pewangi mobil alami bisa dicoba karena lebih murah dan mudah.

1. Menaburkan Bubuk Kopi

Alternatif satu ini mungkin bukan hanya digunakan di mobil, tapi juga di ruangan rumah. Ya, bubuk kopi memang memiliki kemampuan untuk menyerap bau tak sedap yang cukup bisa diandalkan. Jika hanya akan dipakai untuk pewangi di dalam mobil, letakkan bubuk kopi di dalam wadah kecil dan biarkan terbuka. Pastikan posisinya stabil agar tidak tumpah, ya!

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang mampu menetralisasi bau tak sdap. Selain itu, kopi juga memiliki kemampuan adsorpsi karena kandungan kafein terbukti efektif meningkatkan kemampuan karbon untuk menyerap aroma tidak sedap dari udara. Jadi, tidak heran jika kopi dipercaya sebagai salah satu penghilang bau yang ampun, ‘kan?

2. Memetik Bunga Melati

Nah, bagi yang suka aroma bunga-bungaan, aroma bunga melati bisa jadi salah satu aroma lembut favorit. Bunga melati bisa didapatkan di pasar dengan harga murah di pasar dan cukup awet disimpan di dalam freezer. Namun, sahabat juga bisa menanam pohon melati di rumah karena hanya butuh sedikit bunga melati untuk ditaburkan di dalam mobil.

3. Menyimpan Potongan Kayu Manis

Aroma rempah juga bisa jadi salah satu pewangi yang awet untuk digunakan di dalam mobil, salah satunya kayu manis. Mungkin aroma ini tidak familier untuk dijadikan sebagai pewangi mobil, tapi sahabat bisa mencobanya. Beberapa orang menyukai aroma kayu manis dengan menyimpan potongannya di dalam kantong jala karena bentuknya juga estetik untuk hiasan.

4. Menyimpan Potongan Serai

Serai memiliki kandungan minyak atsiri yang mudah teroksidasi dengan udara dan bisa meningkatkan fungsi sistem saraf. Cukup ambil beberapa tangkai serai dan patahkan untuk disimpan di bawah jok mobil. Semakin lama disimpan dan teroksidasi dengan udara, aroma tangkai serai akan semakin segar.

Aroma serai agak mirip dengan aroma lemon sehingga udara di dalam kabin mobil akan terasa segar. Nah, bagi yang sering terjebak macet di jalanan, kabarnya aroma serai juga bisa mengurangi stres, loh! Bagi yang sering marah-marah karena macet di jalan, bisa coba aroma serai ini, deh.

5. Mengiris Daun Pandan

Irisan daun pandan juga bisa menjadi alternatif untuk dipakai sebagai pewangi alami mobil paling praktis dan murah. Sahabat bisa menanam daun pandan di pekarangan rumah untuk kemudian diambil untuk pewangi mobil. Cukup iris-iris daun pandan untuk dipakai sebagai pewangi di dalam mobil yang juga ramah untuk menghindari risiko penyakit pernapasan.

Berbagai bahan alami pewangi mobil di atas sangat mudah didapatkan di rumah. Sahabat hanya perlu memilih aroma yang paling nyaman untuk dipakai oleh semua anggota keluarga. Hal yang tidak kalah penting selain lebih aman karena terbuat dari bahan alami, harganya juga lebih murah.

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Orang Pintar Bersikap Saat Bekerjasama Dengan Orang Tidak Disukainya

2020-12-10

Dalam hidup ini ada kalanya kita menjumpai orang yang menyebalkan, orang yang tak cocok dengan kita dalam segi pertemanan maupun pekerjaan, dan tak jarang akan menimbulk

thumbnail

Sejarah Kerajaan Blambangan, Kerajaan di Tanah Banyuwangi

2021-03-31

Kerajaan Blambangan dikenal sebagai salah satu kerajaan Hindu terakhir di pulau jawa. Pusat kekuasaannya berada di Banyuwangi. Saat itu nama banyuwangi lebih dikenal den

thumbnail

Cerita Motivasi Kuliah Sambil Kerja dan 5 Tips Agar Lancar

2020-12-15

Masa kerja akan menjadi pengalaman yang berbeda-beda bagi setiap orang. Tidak sedikit orang yang memilih untuk kembali belajar di perkuliahan sambil bekerja. Namun, hal

thumbnail

Pengertian, Manfaat, dan Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

2020-11-21

Setiap orang tentu ingin hidup dengan sehat selama hidupnya. Kebiasaan hidup sehat akan membuat seseorang dapat hidup lebih nyaman. Bukan hanya untuk diri sendiri, seseorang pasti ingin seluruh ang