Logo Daihatsu
Menu

Cara Mencegah Mika Lampu Mobil Agar Tidak Cepat Kusam

Otomotif

2022-06-24

Mencegah Mika Lampu Tidak Cepat Kusam

Mika mobil yang sudah berusia di atas lima tahun, biasanya akan terlihat kusam atau berwarna kekuningan. Kusamnya mika lampu mobil ini dapat disebabkan kurangnya perawatan yang tepat. Selain itu, juga bisa disebabkan karena seringnya mika lampu terpapar sinar matahari yang cukup lama. Jika mika mobil Anda kusam, dapat membahayakan pengendara lain karena cahaya yang dihasilkan bisa menjadi tidak terlalu terang lagi. Oleh karena itu, Anda bisa mencegah mika lampu tidak cepat kusam untuk menjaga keselamatan Anda dan pengendara lain ketika berkendara, 

Dengan mengetahui cara mencegahnya yang benar, akan membuat mika lampu mobil Anda  tetap bening sehingga memancarkan terang cahaya yang maksimal ketika digunakan. Lalu bagaimana cara mencegah mika mobil agar tidak cepat kusam yang tepat? Anda bisa menyimak cara yang kami sajikan di bawah ini. 

Cara Mencegah Mika Lampu Tidak Cepat Kusam

Cara mencegah mika lampu tidak cepat kusam, dapat dilakukan dengan mudah oleh Anda secara mandiri di rumah. Berikut kami sajikan informasinya di bawah ini. 

1. Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

Sinar UV pada pancaran sinar matahari dapat menyebabkan mika mobil Anda menjadi lebih cepat kusam. Anda bisa mencegah mika lampu tidak cepat kusam dengan memarkirkan mobil di tempat yang teduh. Lalu bagaimana jika tidak terdapat tempat yang teduh untuk parkir mobil? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan pelindung  lampu untuk mencegahnya terpapar sinar matahari secara langsung. 

2. Menggunakan Cairan Anti Sinar UV pada Mika Lampu

Cairan anti sinar UV ini dapat berfungsi sebagai pelindung mika lampu sehingga dapat membuatnya lebih tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa temukan dengan mudah di toko sparepart mobil. Harga dari cairan ini pun juga sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membelinya. 

3. Mencuci Mika Lampu Setelah Terkena Hujan

Air hujan yang masuk ke dalam mika lampu mobil, dapat menyebabkan mika menjadi cepat buram. Tidak hanya itu saja, lampu mobil Anda juga dapat cepat rusak jika sering terkena rembesan air hujan yang masuk. Maka, segeralah cuci mika lampu Anda setelah terkena hujan. Pastikan ketika mencuci mika lampu, Anda menggunakan air bersih. Ketika mengeringkannya, gunakanlah lap yang lembut serta bersih agar mika mobil Anda tidak mengalami goresan. Pastikan juga mika lampu Anda sudah benar-benar bersih dan kering. 

Baca Juga: Tips Reparasi Mika Lampu Mobil yang Pecah dengan Cepat

4. Memilih Jenis Lampu yang Berkualitas

Menggunakan lampu dengan watt yang lebih besar dari standar dan spesifikasi mobil yang digunakan, dapat menyebabkan mika cepat kusam. Hal tersebut disebabkan karena panas yang timbul dari cahaya lampu melebihi daya kapasitas mika. Selain itu, jika Anda menggunakan lampu dengan daya yang lebih rendah, lampu dapat menjadi lebih mudah rusak. 

Untuk memilih jenis lampu yang tepat, gunakanlah lampu yang sesuai dengan standar mobil yang Anda gunakan. Pilihlah jenis lampu yang memiliki kualitas baik agar tidak mudah rusak. Selain itu, pastikan menggunakan lampu yang memiliki energi listrik dengan maksimal. Anda juga bisa menggunakan jenis lampu LED karena memiliki sifat yang lebih dingin daripada lampu biasa. 

Nah itulah beberapa cara yang kami bagikan untuk mencegah mika lampu tidak cepat kusam yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa melakukan berbagai cara di atas secara berkala agar mika mobil Anda lebih awet. 

Tidak perlu bingung mencari merk mobil yang berkualitas, kami Daihatsu mampu memenuhi kebutuhan mobil Anda dengan kualitas terbaik. Kami dapat memproduksi mobil yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara menggunakan produk mobil kami. Produk mobil kami telah dilengkapi dengan collision safety 

atau pengaman jika terjadi tabrakan atau kecelakaan. Ketika Anda mengemudi dengan lampu depan yang memiliki sorotan tinggi, mobil dapat mendeteksi lampu kendaraan milik pengendara lain sehingga ADB akan secara otomatis meredupkan bagian area yang terkena cahaya lampu pengendara lain. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menghemat Konsumsi BBM Daihatsu Feroza hingga 1:12

2021-03-02

Daihatsu Feroza adalah mobil jenis SUV yang beredar di Indonesia sejak tahun 1992 hingga 1999. Mobil ini sangat ikonik karena saat itu keluar bersamaan dengan saudara-sa

thumbnail

Apa Itu Power Steering Pada Mobil? Ini Fungsi dan Jenisnya!

2023-02-09

Power steering merupakan salah satu komponen penting dalam mengendarai mobil. Lantas, sebenarnya apa itu power steering? Dan apa sajakah fungsi dari alat tersebut? B

thumbnail

Efek Buruk Bila Extra Fan Radiator Bermasalah

2022-05-06

Setiap komponen mobil yang bermasalah pastinya bisa berdampak buruk pada penggunaan mobil. Ini juga bisa saja terjadi saat extra fan radiator bermasalah. Fungsi dari kip

thumbnail

Efek Negatif Membersihkan Kaca Mobil dengan Air Keras

2022-01-30

Eksterior mobil merupakan bagian yang paling sering ditempeli kotoran. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bisa mengganggu aktivitas berkendara. Kaca mobil adalah salah satu bagian yang pastinya a