Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengecek dan Membersihkan Filter Kabin Sendiri

Otomotif

2022-04-07

filter kabin mobil

Untuk merawat kebersihan mobil, maka Anda tidak hanya perlu mengecek bagian luarnya saja, tetapi juga bagian dalamnya termasuk filter kabin. Jika kabin dalam keadaan bersih, maka Anda bisa mendapatkan kenyamanan selama di dalam mobil Anda.

Meskipun demikian, ada saja pemilik mobil yang kurang memperhatikan bagian ini. Hal ini biasa disebabkan karena beberapa mobil tidak tahu mengenai fungsi komponen ini.

Cara Mengecek Filter Kabin Sendiri

Selain dapat menjaga kenyamanan, filter mobil juga berperan penting dalam menjaga kesehatan, lho!

Hal ini karena fungsi dari filter kabin itu sendiri sebagai penyaring udara dari partikel-partikel kotor, seperti debu dan bakteri sebelum masuk ke evaporator AC mobil Anda.

Lalu, bagaimana sih cara mengecek filter kabin sendiri? Simak penjelasannya berikut ini!

1.  Buka dan lepas bagian glove box

Pertama, Anda harus membuka dan melepas bagian glove box yang berada pada jok penumpang bagian depan. 

2. Tekan sisi kanan dan kiri glove box

Cara melepas bagian ini pun cukup mudah, dalam kondisi terbuka, Anda bisa menekan sisi kiri dan kanan glove box tersebut ke arah dalam.

Setelah glove box terlepas, Anda akan mendapati bagian housing dengan filter yang ada di dalamnya, maka itulah filter kabin mobil Anda. Meskipun demikian, tidak semua mobil memiliki komponen ini dari pabrikan.

3.  Tarik filter kabin dari housing

Jika Anda ingin mengecek kondisi komponen tersebut, maka Anda bisa menarik filter kabin dari housingnya. Kondisi filter kabin yang kotor biasanya ditandai dengan adanya debu yang sangat gelap.

Cara Membersihkan Filter Kabin Sendiri

Setelah mengetahui posisi filter kabin pada mobil Anda, maka Anda bisa membersihkan filter kabin itu sendiri, lho! Caranya pun cukup mudah. Ikutilah petunjuknya berikut ini :

1. Bersihkan dengan angin bertekanan rendah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam proses membersihkan filter kabin adalah dengan mengetuk filter tersebut sampai debunya keluar.

Bahkan jika Anda memiliki kompressor atau vacuum cleaner maka hal ini bisa memudahkan Anda untuk meniup debu yang ada di bawahnya. Menggunakan angin bertekanan rendah bisa membantu Anda untuk membersihkan filter kabin dengan baik.

2. Tidak mencucinya dengan air

Filter kabin terbuat dari material kertas sehingga tidak boleh terkena air atau basah. Jika terkena air, maka filter bisa menjadi lebih cepat rusak dan bolong sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Jika tetap dipaksa untuk dipakai, maka fungsi saringan udara kotor di filter kabin menjadi tidak optimal. Air bisa membuatnya lembab dan mempercepat pertumbuhan jamur. Selain itu, udara pada AC mobil akan terasa bau apek karena filter kabin yang lembab.

3. Bersihkan dengan rutin

Agar filter kabin tetap berfungsi dengan baik, maka Anda bisa membersihkannya dengan rutin, minimal satu kali dalam sebulan. Hal ini bisa menjaga kualitas dan fungsi filter kabin agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Mengganti filter jika sudah tidak berfungsi optimal

Jika mobil Anda sering melewati tempat-tempat yang berdebu, maka untuk membersihkannya tidak cukup dilakukan setiap bulan saja. Bahkan dalam tempo 2-3 bulan, Anda perlu mengganti filter tersebut agar dapat berfungsi dengan baik.

5. Bersihkan karpet di bagian depan

Saat Anda membersihkan filter kabin, maka Anda juga perlu memperhatikan kebersihan karpet di bagian depan mobil, terutama bagian penumpang depan dan sopir. Hal ini karena bagian depan menjadi salah satu bagian yang paling banyak dihisap oleh filter kabin. Jika karpet dalam keadaan kotor, maka debu dan kotoran akan mudah masuk ke dalam filter.

Cek Kelayakan Filter Kabin Mobil Anda!

Jika Anda telah mengecek dan membersihkan filter kabin Anda dengan rutin akan tetapi filter mobil tidak bekerja dengan maksimal, maka bisa jadi Anda perlu mengganti filter kabin Anda, lho!

Untuk mengganti filter kabin pada mobil juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jadi, pastikan Anda mengganti filter tersebut dengan filter pengganti yang dianjurkan oleh pabrikannya.

Jika Anda menggunakan filter yang berbeda dengan spesifikasi yang dianjurkan, maka kualitas filter kabin tidak bisa bekerja dengan baik. Untuk itu, Anda bisa mendatangi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Melalui kami di bengkel Daihatsu, Anda bisa mendapatkan layanan service kendaraan dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan fasilitas booking service yang kami sediakan, Anda bisa melakukan service kendaraan Anda tanpa harus menunggu antrian yang lama.

Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami! Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Perbaiki Aki Basah yang Mati Total serta Kelebihannya

2022-04-07

Cara perbaiki aki basah yang mati total adalah hal yang dibutuhkan, agar kita bisa mendapatkan manfaat dari aki basah itu sendiri. Kalau Sahabat belum mengetahui cara te

thumbnail

Penyebab Piringan Cakram Mobil Tidak Rata dan Cara Mendeteksinya Secara Dini

2022-04-07

Jika Anda mulai merasakan pedal rem Anda terasa bergetar secara tidak wajar tiap diinjak atau kekuatan pengeremannya menjadi tidak langsung membuat mobil berhenti sepert

thumbnail

Apa itu Mekanik? Berikut Tugas dan Tanggungjawabnya

2022-04-07

Apa itu mekanik? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang pernah Anda lontarkan sebelumnya. Anda pasti sering mendengar istilah ini. Sebenarnya, apa tugas yang dimiliki m

thumbnail

Cuci Mobil Pagi dan Malam, Lebih Disarankan

2022-04-07

Mencuci mobil menjadi sebuah keharusan untuk Anda pemilik kendaraan roda empat. Mencuci mobil sudah termasuk ke dalam perawatan kendaraan yang hukumnya wajib. Sebagian o