Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengemudi Mobil Pick Up untuk Pemula

Tips & Trick

2020-11-24

Tips mengemudi mobil pick up

Berkendara di jalanan tentu saja membutuhkan kemampuan yang baik, hati-hati, dan selalu waspada, khususnya bagi pemula. Jangan sampai Sahabat salah menyetir dan membahayakan pengguna jalan lain. Bahkan sehebat apapun Sahabat menyetir mobil, juga harus tetap hati-hati, tidak ugal-ugalan yang sangat berpotensi membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Ada beberapa cara mengemudi mobil yang harus dipahami, tergantung jenis mobil, salah satunya mobil pick up. Cara mengemudi mobil pick up mungkin agak sedikit berbeda dengan mobil biasa, sehingga ada beberapa hal yang perlu Sahabat ketahui, antara lain:

Mesin Mobil yang Lebih Halus dibandingkan Motor

Yang paling terasa ketika pertama kali Sahabat memutar kontak adalah mesin mobil sangat halus. Saat jendela mobil tertutup sepenuhnya, padahal pick up bukan merupakan mobil penumpang, tentu Sahabat akan mengalami kesulitan untuk merasakan mobil sedang dalam keadaan hidup atau mati.

Memulai dengan Melepas Kopling Tanpa Gas

Cara ini mungkin tidak berlaku untuk semua mobil, tetapi karena tenaga mobil pick up sangat besar, untuk menjalankan hanya cukup dengan melepas kopling pelan-pelan saja, kemudian setelah berjalan Sahabat bisa memulai gas sedikit demi sedikit.

Kesulitan Saat Menentukan Haluan

Menentukan haluan, menghafal lebar, panjang, dan sudut putar mobil merupakan kesulitan terbesar saat mengendarai mobil bagi seorang pemula. Kasus yang biasanya terjadi yaitu tidak mengetahui kendaraan masuk gang dengan ukuran sekian, apakah cukup menikung, apakah bagian kiri tidak menyentuh batas gang, bahkan terkadang perasaan sudah sangat dekat tetapi ternyata masih jauh didepan. Untuk mengetahui hal ini, memang dibutuhkan pembiasaan dengan sering menyetir mobil pick up.

Kesulitan Saat Start di Tanjakan

Mobil terasa sangat cepat melaju ketika berjalan di jalan yang turun. Jika tidak tepat memainkan kopling, rem dan gas ketika start pada posisi menanjak sangat mungkin terjadi gas cepat mundur. Namun hal ini dapat disiasati dengan hanya menggunakan setengah kopling.

Cara Agar Tetap Imbang Saat Berbelok

Mobil pick up dengan body panjang, untuk mengimbanginya yaitu dengan cara ketika berbelok kiri pada jalan sempit Sahabat dapat ke kanan terlebih dahulu dan sebaliknya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka pada bagian belakang mobil akan tersangkut pada pembatas jalan.

Jangan Berbelok dengan Menurunkan Gigi

Mengendarai mobil tidak sama dengan motor, jika motor hal ini tidak masalah dilakukan, akan tetapi saat mengendarai mobil hal ini tidak mungkin dilakukan. Jika Sahabat berbelok dengan menurunkan gigi dapat mengakibatkan konsentrasi terpecah untuk membalikkan setir, menurunkan gigi dan mengatur kopling.

Lakukan Rem Terlebih Dahulu, Kemudian Turunkan Gigi

Jika menggunakan motor hal ini lebih fleksibel dilakukan antara rem atau gigi terlebih dahulu, namun bila menggunakan mobil, maka Sahabat harus mengerem terlebih dahulu sebelum gas gigi diturunkan. 

Mobil pick up dengan ukuran relatif lebih besar dan kapasitas penumpang yang berbeda seperti mobil biasa tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dibiasakan untuk pemula. Salah satu mobil pick up yang biasa dikemudikan yaitu Gran Max, cara mengemudi mobil pick up grand max pada umumnya sama dengan mengemudi mobil pick up lain, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengemudi.

Memahami Segala Fungsi

Tips pertama kali sebelum mencoba mengendarai mobil pick up grand max adalah dengan memahami fungsi dari segala alat yang disediakan pada kabin mobil, seperti pedal bagian bawah, gas bagian kanan atas, rem, dan pedal kopling. Kemudian sisi kiri tempat duduk terdapat tuas transmisi dan rem tangan untuk mengatur tenaga dan kecepatan mobil. Setelah memahami semuanya, Sahabat akan lebih bisa berhati-hati dalam berkendara.

Memilih Jenis Mobil yang Tepat

Bagi Sahabat yang merupakan pengemudi pemula, sebaiknya memilih mobil yang tepat yang digunakan untuk kebutuhan Sahabat. Mobil pick up grand max dengan kapasitas besar dan bodi yang tetap menarik bisa melatih Sahabat untuk merasakan jangkauan pandangan ke belakang yang lebih luas. 

Atur Posisi yang Nyaman

Bagi Sahabat sebagai pengemudi pemula, Sahabat harus mengatur posisi duduk senyaman mungkin seperti ketinggian jok disesuaikan dengan jarak pandang luas dan tidak terhalang oleh dashboard. Kemudian sesuaikan jok dengan posisi kaki yang digunakan untuk menginjak pedal, sehingga tidak terjadi jarak yang terlalu jauh antara kaki dan pedal. Pastikan punggung Sahabat nyaman sebagai penopang ketika menyetir mobil.

Mengendarai dengan Perlahan

Setelah memahami semua fungsi dalam mobil, mengatur posisi duduk, Sahabat bisa mulai mengendarai dengan perlahan, tetap waspada dan teliti, serta untuk pemula jangan berikan beban terlebih dahulu di belakang pada mobil pick up. 

Menguasai Teknik Parkir yang Tepat

Teknik parkir merupakan salah satu hal yang penting, karena tanpa teknik ini Sahabat tidak bisa cara parkir, lalu mobil akan mengganggu kendaraan lain. Untuk menguasai teknik parkir, pertama injak kopling dan masukkan gigi satu untuk mundur atau menyesuaikan posisi parkir. Perhatikan arah supaya tidak berputar hanya di satu tempat saja. Kemudian turunkan rem tangan dan lepas pedal kopling secara perlahan sambil menginjak pedal gas.

Fokus dan Tetap Tenang

Pastikan Sahabat tetap fokus ke jalanan dalam situasi apapun dan harus tenang. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pengguna fasilitas jalan bukan hanya Sahabat saja, sehingga harus menciptakan suasana nyaman untuk kepentingan bersama. Kondisi Sahabat yang tetap tenang akan membuat lebih waspada dalam memindahkan gigi dan menjaga konsentrasi, sehingga sampai tujuan dengan selamat. Jadi, cara mengemudi mobil pick up tidak sesulit yang diduga bukan?

Baca juga : Cara Menyetir Mobil Manual Saat Macet di Tanjakan 


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Komponen Terpenting Dalam Mobil yang Wajib Sahabat Ketahui

2020-10-25

Saat ini, mobil sudah lebih dari sebuah kendaraan. Bagi Sahabat Daihatsu, pastinya mobil sudah seperti sebuah hobi. Tidak jarang bagi Sahabat merogoh kantong untuk menja

thumbnail

4 Ciri-Ciri Tari Bali yang Harus Diketahui

2021-01-22

Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke, mempunyai keberagaman budaya yang melimpah. Di mana masing masing budaya ini memiliki keunikannya masing masing.&nb

thumbnail

Tips Menentukan Jenis Bahan Bakar Sesuai Mobil

2021-03-13

Bahan Bakar Minyak (BBM) beragam jenisnya dengan takaran oktan berbeda-beda, dari beroktan rendah hingga tinggi yang ditengarai bagus kualitas. Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa

thumbnail

Cara Membedakan Oli Asli dan Palsu, Ini Ciri-Cirinya!

2022-10-25

Untuk memilih oli mobil yang bagus, Sahabat h