Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Aman, Pemula Wajib Tahu!

Otomotif

2023-02-08

Cara Mengendarai Mobil Listrik yang Aman, Pemula Wajib Tahu!

Mobil listrik saat ini sudah banyak ditemui di Indonesia. Bahkan beberapa instansi pemerintahan menjadikan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Lantas apakah cara mengendarai mobil listrik sama dengan mengendarai mobil manual atau matic pada umumnya? Jika Anda penasaran, Anda wajib memperhatikan cara aman mengendarai mobil listrik seperti berikut.

Cara Mengendarai Mobil Listrik dengan Aman untuk Pemula

Berikut beberapa cara yang wajib Anda perhatikan oleh pemula ketika hendak mengendarai mobil listrik.

1. Menyalakan mesin terlebih dahulu

Sama dengan penggunaan mobil non listrik, sebelum Anda mengendarai mobil listrik, Anda perlu menyalakan mesin terlebih dahulu. Namun, di mobil listrik, Anda tidak memerlukan memasukkan kunci mobil ke lubang kontak. Anda hanya perlu menginjak pedal rem dan menekan tombol start dan stop secara bersamaan. 

Dengan begitu, layar digital pada dashboard mobil akan menyala dan mobil siap untuk dikemudikan. Hal tersebut terjadi karena, teknologi yang digunakan oleh mobil listrik lebih canggih.

2. Lepas rem tangan atau bisa dengan menekan tombol switch rem mobil

Setelah Anda selesai menyalakan mesin mobil, Anda perlu melepaskan rem tangan ketika Anda hendak memindahkan transmisi mobil untuk melajukan mobil. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menurunkan bagian tuas rem.

Selain itu, Anda juga dapat menekan rem parkir atau switch rem. Perlu Anda ingat, ketika Anda hendak melakukan cara tersebut, Anda juga harus menginjak pedal rem. Hal ini perlu Anda lakukan untuk menghindari pergerakan mobil secara tiba-tiba.

3. Memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi drive “D”

Selanjutnya, Anda perlu memindahkan posisi tuas transmisi ke posisi drive (D) atau menekan tombol D agar mobil dapat berjalan. Selain itu, sebelum Anda mengendarai mobil listrik, Anda perlu mengetahui arti dari tombol atau tuas transmisi mobil. Misalnya tanda P untuk parkir, tanda N untuk menetralkan gigi, tanda R untuk memundurkan mobil, dan tanda D untuk melaju atau perpindahan gigi.

Baca Juga : Cara Mengendarai Mobil Matic yang Mudah Bagi Pemula

4. Injak pedal gas secara perlahan dan hati-hati

Ketika Anda hendak melajukan mobil, Anda perlu berhati-hati ketika menginjak pedal gas. Injak pedal tersebut secara perlahan, agar mobil melaju dengan cara perlahan dan aman. Jika Anda asal menginjak pedal gas, mobil bisa saja melaju dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan kecelakaan.

5. Mematuhi rambu lalu lintas

Agar perjalanan Anda selalu aman, Anda juga perlu mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas. Jika Anda hendak mendahului kendaraan lainnya, ambil lajur kanan ketika melewati jalanan dengan dua jalur. Ambil lajur kiri ketika Anda mengemudikan mobil dengan santai

6. Selalu menjaga jarak

Selain mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas, Anda juga perlu menjaga jarak kemudi dengan kendaraan yang berada di depan Anda. 

7. Mengatur kecepatan

Agar selalu aman, Anda perlu mengatur kecepatan berkendara Anda. Gunakan kecepatan paling maksimal 40 km hingga 50 km per jam jika mengemudikan mobil di dalam kota. Ketika melewati jalan tol, gunakan kecepatan maksimal 80 km per jam dan minimal 60 km per jam.

Baca Juga : Inilah 3 Tanda Baterai Remote Mobil Habis dan Cara Menggantinya

8. Perhatikan daya baterai, jarak tempuh, dan lama waktu berkendara

Agar tidak terjadi kendala di tengah perjalanan, Anda perlu memperhatikan kondisi daya baterai. Pastikan daya baterai terisi full atau minimal sudah terisi 90%. Selain itu, Anda perlu mempersiapkan rute perjalanan Anda dan lama waktu berkendara. 

Hal tersebut agar mobil tidak kehabisan daya di tengah jalan. Pastikan perjalanan Anda tidak melebihi 3 jam ketika di luar kota, dan tidak melebihi 2,5 ketika melakukan perjalanan di dalam kota. Gunakan mode ECO dan mode sistem generatif pada saat mengerem agar hemat daya.

Demikian cara aman yang bisa Anda praktikan ketika hendak mengendarai mobil listrik, cukup mudah bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kiat Merawat Kendaraan ala Daihatsu di Kala PPKM

2022-06-23

JAKARTA (16/2): Masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di beberapa daerah di Indonesia kembali d

thumbnail

Wacana Relaksasi Pajak Mobil 0 Persen, Ternyata Cuma PHP Saja

2020-11-11

Adanya wacana relaksasi pajak mobil 0 persen dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) seolah jadi angin segar bagi industri otomotif Tanah Air. Kebijakan ini diramalkan bisa mendongkrak industri

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2020-11-14

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be

thumbnail

Tips Mengetahui Tanda-tanda Odometer Reset Pada Mobil Bekas

2022-07-06

Membeli mobil bekas kerap kali menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki sebuah mobil dengan harga yang miring. Sudah banyak mobil bekas yang dijual di pasaran. Mobil