Logo Daihatsu
Menu

Inilah 3 Tanda Baterai Remote Mobil Habis dan Cara Menggantinya

Otomotif

2023-02-08

Inilah Tanda Baterai Remote Mobil Habis dan Cara Menggantinya

Saat ini banyak sekali mobil yang sudah menggunakan remote mobil atau keyless untuk menyalakan mobil. Fitur ini terbilang sangat modern dan efisien dalam mengurangi tingkat pencurian mobil dan barang-barang di dalamnya. Meski banyak kelebihan yang ditawarkan, remote mobil juga dapat menimbulkan masalah ketika baterainya habis. Mulai dari pintu mobil tidak dapat dibuka dan mesin mobil tidak dapat dinyalakan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda baterai remote mobil habis dan cara menggantinya. Selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

Tanda-Tanda Baterai Remote Mobil Habis

Ada beberapa tanda baterai remote mobil telah habis yang perlu Anda ketahui. Berikut tanda selengkapnya.

1. Kinerja remote mobil berkurang

Baterai remote mobil yang habis, dapat menyebabkan daya respons remote melemah. Remote susah untuk menyalakan mobil atau membuka pintu mobil meski tombol pengaktifan sudah ditekan.

Bahkan tidak ada respons sama sekali. Hal tersebut terjadi karena sinyal yang diberikan remote ke mobil tidak dapat di jangkau. Biasanya remote mobil dapat menjangkau sinyal hingga jarak 20 meter ketika dalam kondisi normal. Kinerja remote mobil berkurang ini menjadi tanda-tanda baterai remote mobil sudah mulai habis.

2. Indikator lampu pada remote mati

Setiap remote mobil dibekali dengan indikator lampu. Ketika Anda menekan tombol maka indikator lampu tersebut akan menyala terang. Ketika indikator lampu berwarna merah tersebut redup, maka kondisi baterai sudah mulai habis. Jika baterainya sudah habis maka indikator lampu remote mobil akan mati.

3. Indikator mobil tidak menyala meski remote sudah ditekan

Tanda baterai remote mobil habis yaitu indikator mobil tidak menyala meskipun remote sudah ditekan. Pada mobil, terdapat indikator lampu yang akan menyala apabila tombol remote kunci mobil ditekan. Namun, apabila baterai remote habis, maka sinyal yang dikirimkan remote ke mobil kurang kuat sehingga indikator mobil tidak menyala.

Baca Juga : Cara Setting Remote Alarm Mobil Mode Silent & Unsilent

Cara Mengganti Baterai Remote Mobil yang Sudah Habis

Berikut beberapa cara yang bisa Anda contoh ketika hendak mengganti baterai remote mobil yang sudah habis.

1. Menyiapkan peralatan untuk membuka remote mobil

Sebelum Anda mengganti baterai remote mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti pinset, pisau lipat, baut plus dan obeng. 

2. Buka bagian cangkang remote mobil

Selanjutnya, Anda buka bagian cangkang remote mobil. Caranya gunakan obeng untuk melepas semua baut yang tertancap di cangkang remote mobil. Selanjutnya, Anda cungkil bagian cangkang remote tersebut menggunakan pisau lipat atau pinset.

Lakukan secara hati-hati dan perlahan agar cangkang remote tidak baret dan rapat ketika dipasang kembali. Untuk remote mobil dengan jenis slide body, Anda tidak perlu mencungkil.

3. Lakukan penggantian baterai

Setelah cangkang remote terbuka, lepas baterai yang sudah habis tersebut. Dan ganti dengan baterai yang baru. Lakukan penggantian baterai dengan hati-hati, dan pastikan baterai tidak terbalik ketika di pasang. Jika hal tersebut terjadi, maka remote mobil tidak dapat berfungsi.

4. Pasang kembali cangkang remote mobil

Langkah selanjutnya, Anda bisa menutup remote mobil dan memasang baut sesuai dengan posisi semula.

5. Lakukan pengecekan fungsi remote mobil

Setelah semuanya sudah terpasang, Anda bisa langsung mengecek fungsi remote mobil Anda. Pastikan remote mobil Anda dapat berfungsi dengan baik. Coba nyalakan mobil Anda dari jarak yang cukup jauh, misalkan 20 meter. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Begini Cara Reset Remote Mobil dengan Mudah

Cara Merawat Remote Mobil Agar Dapat Berfungsi dengan Maksimal

Agar remote mobil Anda dapat berfungsi dengan baik, Anda perlu memperhatikan cara-cara berikut.

  1. Menghindari tempat dengan suhu tinggi/panas dan lembab ketika menaruh remote mobil.
  2. Hindari remote mobil terkena cipratan air.
  3. Pastikan remote mobil tidak terjatuh.
  4. Hindari menyimpan remote mobil di tempat yang memiliki medan magnet kuat.
  5. Hindari penggunaan remote mobil di sekitar area pemancar.

Demikianlah pembahasan mengenai tanda baterai remote mobil habis, cara merawat hingga cara menggantinya. Ternyata cara mengganti baterai remote mobil yang habis tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Yuk, praktekkan sekarang juga!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Wajib Tahu! Ini Cara Pasang Audio Mobil Bagi Pemula yang Benar

2021-03-24

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat. Beberapa orang bahkan ada yang menganggap mobil sebagai rumah kedua sehingga perlu dilengkapi denga

thumbnail

7 Model Garasi Mobil Tertutup, Minimalis Tapi Kekinian!

2023-04-18

Model garasi mobil tertutup saat ini begitu diminati oleh para pemilik mobil. Hal tersebut disebabkan karena garasi tipe ini dianggap lebih aman dalam menyimpan mobi

thumbnail

Rekomendasi Jual Beli Mobil untuk Sahabat yang Sedang Mencari Mobil Idaman

2020-12-22

Situs jual beli mobil adalah tempat yang harus Sahabat kunjungi, bila hendak membeli mobil idaman. Situs jual mobil sendiri kini sudah banyak tersebar. Dari banyaknya si

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-04-28

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja