Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Yuk, Kenali Arti Lambang Lampu Indikator Mobil Lengkap Ini!
24 Maret 2021
arti lambang lampu indikator mobil lengkap

Banyaknya lampu indikator mobil seringkali membuat seseorang merasa bingung dan enggan untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman komponen tersebut sangat penting untuk dilakukan untuk menambah kenyamanan dan keselamatan pengguna. Untuk itu, berikut arti lambang lampu indikator mobil lengkap yang harus diketahui. 

1. Indikator Temperatur Mesin

Indikator temperatur ini ditandai dengan warna merah dengan simbol pengukur suhu. Indikator ini memiliki fungsi untuk memberikan peringatan terkait temperatur atau suhu panas yang terdapat pada mesin mobil. 

Kondisi simbol yang menyala merah menunjukkan bukti adanya mesin mobil mengalami overheat, sehingga anda perlu membawanya ke bengkel untuk melakukan pengecekan.

Jika anda mendapati kondisi ini, anda perlu mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun speaker. Selanjutnya, matikan mesin mobil dengan baik agar suhu yang terlalu panas ini tidak terjadi masalah. Meski demikian, anda juga harus memastikan kondisi parkir telah sempurnah sehingga tidak menghalangi jalan pengguna lain.

2. Simbol Check Engine

Check engine juga memiliki arti lambang lampu indikator mobil lengkap yang harus diketahui. Simbol ini memiliki bentuk gambar seperti mesin dengan lampu kuning. Anda bahkan harus waspada jika lampu ini menyala karena termasuk salah satu peringatan suatu masalah yang dapat terjadi pada bagian mesin atau elektronik lainnya.

Meski demikian, simbol check engine yang menyala tidak selalu menunjukkan indikator serius yang berbahaya bagi pengguna. Arti lambang ini bahkan ada yang menunjukkan kondisi penutup bensin yang tidak cukup erat. 

Begitu pula, lambang ini juga dapat menunjukkan adanya komponen mesin yang butuh diganti sehingga perlu dibawa ke pusat service.

3. Simbol Tekanan Aki

Tekanan aki dihadirkan dengan bentuk simbol seperti kotak P3K dengan warna merah. Bentuk simbol tersebut juga diimbangi dengan gambar minus (-) dan plus (+) yang menunjukkan adanya kutub positif dan negatif pada komponen aki. 

Arti lambang lampu indikator mobil lengkap pada simbol ini biasanya menunjukkan adanya anomali pada komponen aki.

Aki yang berfungsi sebagai perangkat penyimpan listrik memiliki peran penting untuk menghadirkan kebutuhan elektrikal mobil dengan baik. Untuk itu, kondisi lampu indikator yang menyala biasanya dapat menunjukkan kondisi kondisi daya listrik yang menurun akibat penurunan kemampuan alternator. Mengetahui kondisi ini, anda sebaiknya segera melakukan pengecekan dengan baik.

Baca Juga: Mengintip Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Indikator Aki Menyala

4. Simbol Rem Parkir

Anda mungkin sering melihat simbol rem parkir dengan bentuk lingkaran merah yang diberi garis lingkar pada bagian luar. Simbol ini juga memiliki tanda seru pada bagian dalam sebagai peringatan. 

Simbol yang menyala dapat menunjukkan adanya rem tangan dalam kondisi aktif, kekurangan minyak rem maupun permasalahan pada sistem ABS mobil.

5. Simbol Bahan Bakar

Simbol ini pasti sudah tidak familiar lagi bagi anda. Simbol yang berada dibawah angka pengukuran kondisi bensin ini dilambangkan dengan bentuk seperti tangki pengisi bahan bakar. Lazimnya, penyalaan simbol ini dengan warna kuning menunjukkan kondisi mobil yang sudah mulai kekurangan bahan bakar dan perlu segera diisi.

Baca Juga: Mengenal Skema Indikator Bensin Mobil dan 4 Permasalahan yang Sering Terjadi

6. Simbol Kampas Rem

Simbol kampas rem juga memiliki arti lambang lampu indikator mobil lengkap yang harus dipahami. Simbol ini digambarkan dengan gambar lingkaran yang memiliki goresan kecil pada bagian luarnya. 

Penyalaan simbol ini pada dasarnya menunjukkan kondisi kampas rem yang tipis. Untuk itu, anda perlu segera mengganti bagian ini agar tidak terjadi hal uang tidak diinginkan.

Itulah beberapa lambang lampu indikator mobil yang harus anda ketahui. Meski demikian, terdapat berbagai jenis indikator lain pada layar instrumen yang harus anda ketahui. Dengan mengetahui arti dan makna dari simbol ini, kesalahan yang terjadi pada sebuah kendaraan dapat terdeteksi dengan baik.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor