Logo Daihatsu
Menu

Mengenal Skema Indikator Bensin Mobil dan 4 Permasalahan yang Sering Terjadi

Otomotif

2020-10-30

skema indikator bensin mobil

Setiap kendaraan dibekali dengan indikator bensin yang terletak di bagian depan pengemudinya. Indikator bensin tersebut membantu pengemudi dalam memperkirakan waktu tepat untuk mengisi bahan bakar, agar kendaraan tetap memiliki energi untuk melaju kencang di jalanan. Namun bagaimana jika skema indikator bensin mobil tidak berfungsi dengan semestinya? 

Mengenal Apa itu Indikator Khusus Bensin

Sesuai dengan pemberian namanya, teknologi satu ini membantu pengendara untuk mendapatkan informasi terkait dengan bahan bakar yang tersisa di dalam tangki bensin kendaraan. 

Jarum indikator yang menunjuk pada huruf F (fuel) diartikan bahwa tangki bensin masih penuh, sedangkan jarum di huruf E (empty) menandakan Anda harus mengisi bahan bakar segera mungkin. 

Ketika tangki bensin telah diisi kembali, secara otomatis jarum indikator akan menunjukkan perubahan sesuai dengan banyaknya bahan bakar yang diberikan. 

Namun bagaimana jika jarum jam tidak bergerak dari tempatnya semula, bahkan ketika Anda usai melakukan perjalanan jauh? Kondisi skema indikator bensin mobil tersebut menandakan adanya permasalahan pada mesinnya. 

Faktor Penyebab Indikator Bahan Bakar Tidak Bergerak

1. Bahan Bakar Habis

Penyebab utama mengapa jarum indikator tidak bergerak yaitu bahan bakar yang sudah habis total tidak bersisa. Dalam kondisi tersebut, wajar saja jika jarum tersebut tidak bergerak dari tempatnya semula. 

Namun jangan merasa lega terlebih dahulu, sebab kondisi ini menunjukkan bahwa tangki kendaraan wajib diisi kembali agar kendaraan tidak mogok di tengah perjalanan. 

Baca juga: Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

2. Indikator Bensin Rusak

Faktor penyebab yang kedua yaitu baterai indikatornya soak atau mengalami kerusakan. Sebab mesin indikator bahan bakar ini menggunakan arus DC yang berasal dari aki kendaraan. Apabila aki mengalami kerusakan, maka tidak mengherankan jika jarum penunjuknya tidak menunjukkan pergerakan apapun. 

3. Jalur Kabel Putus

Ketika sambungan kabel yang menuju ke jarum penunjuknya mengalami kerusakan, wajar saja jika mesin satu ini tidak berfungsi sebagaimana mesinnya. Untuk mengetahui kondisi pastinya, segera bawa ke tempat service resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan. 

Baca juga: Penyebab Mobil Boros Bensin

4. Bagian Pelampung Rusak

Bagian pelampung yang terdapat di dalam dashboard mobil menjadi salah satu penyebab mengapa bisa membuat jarum tidak bergerak sama sekalil Tidak perlu membawanya ke tempat service terlebih dahulu, karena pemeriksaan ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Cukup dengan melepas soket kabel yang tersambung menuju pelampungnya, lalu hubungkan soket dengan kabel. Apabila jarum berfungsi kembali seperti semula, sudah dapat dipastikan bahwa pelampungnya mengalami kerusakan. 

Bagaimana dengan kondisi sebaliknya? Ketika jarum indikator tetap tidak berubah, belum tentu pelampung mengalami kerusakan. Untuk memastikan kerusakan, sebaiknya gunakan AVO meter sebagai rangkaiannya. 

Anda juga tidak boleh memberikan vonis pelampung rusak ketika mendapati permasalahan, karena ada kemungkinan lain yang membuat jarum penunjuk skema indikator bensin mobil tidak berfungsi optimal. 

Pastikan faktor permasalahan tersebut dengan melepaskan pelampung dari tangki, kemudian cek kondisinya menggunakan AVO meter. 

Layaknya manusia yang membutuhkan makanan, pasalnya setiap kendaraan bermotor membutuhkan energi yang didapatkan dari bahan bakar untuk melaju di jalanan. 

Inilah alasan mengapa produsen kendaraan bermotor menyematkan indikator bensin di bagian depannya. Jangan lupa rutin mendatangi tempat service agar mesinnya berfungsi optimal. 

 

Baca juga: 

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengisi BBM

Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bahaya Kerusakan Mesin, Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

2020-11-22

Filter oli merupakan satu komponen yang tak kalah penting dari

thumbnail

8 Ciri Alternator Mobil Bermasalah

2020-12-08

Pada dasarnya untuk membangkitkan mesin pada mobil ada tiga bagian.

thumbnail

Fungsi Exhaust Manifold, Cara Kerja dan Komponennya

2023-01-18

Bagi pemilik mobil, Anda perlu mengetahui cara kerja dan fungsi exhaust manifold beserta komponen pendukungnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperhatikan komponen

thumbnail

Penyebab dan Cara Mengatasi Kampas Kopling Selip

2021-02-01

Kopling selip bisa terjadi kapan saja saat Sahabat berkendara. Banyak pengendara yang tidak mengetahui mengapa kopling tiba-tiba selip. Padahal, kopling selip ini karena