Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit
02 Januari 2018
bbm

Cara mengemudi sudah pasti memengaruhi tingkat efisiensi bahan bakar. Ujungnya berefek ke emisi gas buang. Untuk mencapai efisiensi bahan bakar terbaik dan minim emisi gas buang, kamu perlu coba mengaplikasikan teknik Eco Driving.

Teknik itu merupakan mengemudi dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar safety driving. Tujuan utama dari teknik ini supaya hemat bahan bakar, berkendara dengan efisien dan mengurangi polusi yang dihasilkan oleh mobil kesayangan kamu.

Cara Menghemat BBM 

Ada beberapa teknik dasar berkendara agar mobil irit BBM. Yuk, simak tekniknya berikut ini.

1. Perpindahan gigi

Jangan tunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan sebelum 2.000-3.000 RPM.

2. Kecepatan harus stabil

Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya, pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin dibawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit. Perlu diingat juga ya, setiap mesin memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda. Mesin 1.000 cc akan berbeda dengan mesin 3.000 cc di kecepatan yang sama.

3. Smooth Driving

Hindari pengereman dan akselerasi yang tidak perlu. Kalaupun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

4. Ketika tanjakan & turunan

Kamu perlu menjaga kecepatan secara konstan dan putaran mesin tidak terlalu tinggi di kondisi jalanan menanjak dan menurun. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras saat tanjakan ataupun turunan.

So, dengan teknik berkendara dengan baik dan benar akan membuat mobil irit BBM loh. Ayo, mulai mengaplikasikan teknik Eco Driving ya.

Baca juga : Pilihlah Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mesin Mobilmu

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor