Logo Daihatsu
Menu

Cara Setting Remote Alarm Mobil Mode Silent & Unsilent

Otomotif

2022-08-03

Cara Setting Remote Alarm Mobil

Ketika mengaktifkan serta menonaktifkan alarm, dari berbagai merek mobil, Anda pasti akan mendengar bunyi bib-bib yang berasal dari klakson serta dibarengi dengan kedipan lampu sein serta central door lock. Kerasnya suara alarm tersebut tentu membuat kita risih. Lantas, bagaimana cara setting remote alarm mobil?

Suara bib-bib yang berasal dari klakson sebenarnya bisa dihilangkan dengan cara menekan tombol dengan gambar speaker yang dicoret atau silent mode, di bagian remote. Sayangnya, tidak semua dilengkapi dengan fasilitas ini.

Baca Juga : Wajib Tahu! Begini Cara Reset Remote Mobil dengan Mudah

Cara Setting Remote Alarm Mobil

Sebenarnya, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan, terdapat trik tersendiri. Pabrikan umumnya sudah menyertakan guidance yang berada di manual book.

Bila Anda belum sempat membaca manual book, berikut cara setting remote alalrm mobil, antara lain:

1. Mematikan Alarm Mobil

Cara mematikan alarm mobil sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya :

  • Terlebih dahulu, tutup semua pintu, termasuk bagian kap mesin.
  • Kemudian, pastikan jika kondisi mobil sedang tidak terkunci.
  • Pencet tombol kunci kemudian buka, kunci, kunci tanpa jeda, kurang lebih sekitar 3 detik.
  • Setelah memencet tombol kunci, otomatis mode silent telah aktif.

Dengan mengaktifkan mode ini, setiap kali memencet tombol buka dan tutup pintu, Anda tidak akan lagi mendengar suara bib, kecuali lampu hazard serta central door lock yang hanya menyala sekali. 

2. Mengaktifkan Alarm Mobil

Bila Anda bosan menggunakan mode silent, Anda dapat kembali mengaktifkannya. Langkah awalnya sama dengan menonaktifkan alarm. Berikut langkah-langkahnya :

  • Anda harus memastikan semua pintu serta kap mesin sudah tertutup.
  • Kemudian, ketika kondisi mobil tidak terkunci, Anda dapat memencet tombol kunci kemudian buka, kunci, kunci.

Bila berhasil, Anda akan mendengar suara atau bunyi bib. Sehingga, ketika membuka maupun mengunci pintu, bunyi klakson akan terdengar. 

Sedangkan, untuk remote alarm mobil yang sudah memiliki pengaturan silent, cara setting remote alarm jauh lebih mudah.

Ketika dalam kondisi alarm tidak aktif, Anda dapat menekan gambar speaker kemudian lanjutkan dengan menekan tombol tertutup. 

Nantinya, Anda akan mendengar nada sirine serta klakson satu kali, nada ini menjadi tanda jika silent mode telah aktif.

Sedangkan, untuk menonaktifkan silent mode, Anda dapat menekan tombol gembok terbuka, bila berhasil akan terdengar bunyi sirine sebanyak dua kali. 

Baca Juga : Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi dan Solusinya

Tips Merawat Remote Alarm Mobil

Layaknya komponen mobil yang lain, remote alarm harus diperhatikan dengan baik kondisinya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat remote alarm, antara lain:

  1. Hindari menaruh remote control di tempat yang panas serta terkena sinar matahari secara langsung, contohnya di dashboard mobil.
  2. Hindari remote alarm dari air seperti dari air hujan serta cipratan air karena dapat menyebabkan korsleting.
  3. Usahakan agar remote alarm tidak jatuh atau terbentur dengan keras, karena remote alarm yang terus menerus terjatuh dapat membuatnya kehilangan fungsi.
  4. Hindari material yang bisa memancarkan magnet dengan kuat. Gelombang magnet akan mempengaruhi komponen internal yang berada di remote alarm.
  5. Jangan mengoperasikan remote alarm di dekat menara pemancar. Kondisi ini akan membuat remote tidak bekerja serta membuat baterai menjadi lekas lemah.

Cara setting remote alarm mobil ternyata sangat mudah dilakukan bukan? Selain merawat alarm mobil, jangan lupa merawat berbagai komponen lainnya. Anda dapat melakukan perawatan berkala di bengkel resmi Daihatsu. 

Jika tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan, tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan booking service, sehingga Anda hanya perlu datang sesuai dengan jadwal yang diingini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Bukan Cuma Nama, Ini Beberapa Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak!

2022-08-03

Hampir seluruh masyarakat tanah air telah memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan pekerjaan hariannya. Meski seringkali mengendarainya, tidak banyak pula yang memaha

thumbnail

Efek Negatif Bearing Roda Terendam Air dan Alasannya Harus Segera Diganti yang Baru

2022-08-03

Mengendarai kendaraan saat musim hujan cukuplah berbahaya. Apalagi jika curah hujannya yang tinggi, bisa saja rawan mengalami kecelakaan. Hal ini bisa terjadi karena air

thumbnail

Tips Untuk Pengemudi Saat Menjumpai Truk Kontainer Sedang Belok

2022-08-03

Ukuran truk kontainer yang besar dengan bobot sangat berat tentunya, pasti bisa membuat Anda merasa was-was. Terutama saat kendaraan ini bermanuver. Oleh karena itu, ketahui tips saat menjumpai tru

thumbnail

Begini Cara Beli Mobil Bekas Murah

2022-08-03

Cara beli mobil bekas murah adalah hal yang dicari banyak orang. Mungkin Sahabat adalah salah satunya. Dengan mengetahui cara tersebut, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan h