Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi dan Solusinya

Otomotif

2022-05-27

Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi

Keamanan dari sebuah transportasi memang hal yang sangat penting. Kunci adalah salah satu alat pengaman yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan. Untuk mengunci sebuah mobil Anda bisa menggunakan kunci manual ataupun remote. Di jaman sekarang banyak sekali remote keyless yang digunakan untuk mengamankan mobil. Kali ini kita akan membahas tentang penyebab remote keyless tidak berfungsi.

Mengalami sebuah kendala terhadap kunci tentu saja hal yang tidak menyenangkan. Mengamankan sebuah mobil merupakan salah satu hal yang pasti penting untuk Anda saat menjalani kehidupan sehari-hari. 

Kunci mobil yang mengalami kerusakan tentu saja akan menghambat waktu pekerjaan. Anda tidak dapat menutup atau membuka mobil dengan cepat sehingga merasa terganggu. Kami akan memberikan informasi apa saja penyebab keyless tidak berfungsi dengan baik

Apa saja Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi

Di zaman modern tentu saja banyak sekali pengguna mobil yang memilih untuk menggunakan kunci secara otomatis atau remote. Namun banyak juga kendala yang terjadi karena menggunakan sistem remote tersebut. Beberapa penyebab yang mengakibatkan remote tidak berfungsi dengan baik adalah

Baterai habis

Karena terlalu sibuk dan tidak memperhatikan biasanya salah satu penyebab paling umum adalah baterai pada remote tersebut habis. Sehingga saat ingin menggunakan Anda merasa kebingungan. Oleh karena itu Anda bisa melakukan pencadangan atau stok baterai untuk remote mobil. Selain itu Anda juga harus rajin mengecek fungsi dari remote tersebut. Apa lagi sebelum Anda menggunakan mobil pastikan mencoba remote tersebut. Ciri baterai habis bisa dilihat dari lampu yang ada pada remote macet atau tidak menyala saat Anda menekan tombol tersebut.

Kerusakan remote

Saat menggunakan remote sebagai pembuka dan penutup pintu mobil, Anda harus memperhatikan apakah remote tersebut mengalami penurunan kinerja atau susah digunakan. Saat Anda mengalami tanda-tanda tersebut pastikan langsung melakukan pengecekan supaya terhindar keadaan yang menyulitkan kegiatan sehari-hari.

Jika terjadi kerusakan pada remote hal tersebut biasanya dikarenakan berbagai hal seperti sering jatuh, sering tertindih, terkena air dan lain sebagainya. Oleh karena itu saat menggunakan remote pastikan menyimpan dan menggunakannya secara tepat agar remote yang Anda miliki bisa lebih awet.

Receiver mobil tidak berfungsi 

Kadang kerusakan pada kunci mobil bukan hanya karena pada alat tersebut. Namun receiver pada mobil tidak dapat menerima sinyal yang diberikan oleh remote. Oleh karena itu remote tidak dapat berfungsi dengan baik. Komponen dari server tersebut tidak dapat menerima perintah yang diberikan oleh kunci tersebut. Sehingga Anda tidak bisa menggunakan remote tersebut untuk membuka dan menutup mobil.

Solusi Penyebab Remote Keyless Tidak Berfungsi

Salah satu solusi untuk menghindari kesulitan Anda dalam menggunakan remote keyless adalah dengan melakukan perbaikan terhadap receiver mobil yang mengalami kerusakan. Anda harus memperbaiki receiver tersebut pada bengkel yang terpercaya. 

Penyebab sebuah kerusakan pada mobil biasanya dikarenakan adanya frekuensi yang terganggu. Gelombang elektromagnetik yang tidak tepat biasanya juga mempengaruhi kinerja pada remote mobil tersebut. Lakukan pengecekan dan perbaikan segera mungkin Jika mengalami gangguan pada mobil. Anda dapat segera memperbaiki receiver mobil supaya kegiatan tidak terganggu.

Selain memperbaiki receiver mobil Anda juga dapat melakukan perbaikan terhadap remote keyless tersebut. Tenang saja kami dapat membantu segala jenis kerusakan yang ada pada aksesoris dan mesin mobil Anda.

Baca Juga: 4 Hal yang Dapat Menyebabkan Kunci Remot Mobil Tidak Berfungsi

Daihatsu merupakan bengkel mobil yang terpercaya di Indonesia. Oleh karena itu tim yang kami pilih tentu saja sangat handal di bidangnya dan telah berpengalaman bertahun-tahun. Layanan yang kami berikan ada berbagai jenis mulai dari menjual mobil,  perbaikan aksesoris dan sparepart serta garansi pembelian dan perbaikan mobil.

Informasi mengenai penyebab remote keyless tidak berfungsi sudah dijelaskan dengan detail di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Harga Daihatsu Charade, Mobil Klasik untuk Koleksi Terbaik

2021-03-15

Memburu mobil klasik merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Daihatsu Charade, baik versi turbo atau standar. Harga

thumbnail

Mobil Belum Bayar Pajak, Bisakah Ditilang?

2020-12-03

Salah satu kewajiban sebagai seorang warga negara yang taat kepada peraturan adalah membayar pajak tepat pada waktunya. Apabila Sahabat seorang pemilik dari kendaraan be

thumbnail

Fungsi Tutup Radiator dan Cara Kerjanya

2021-02-16

Pada mesin bermotor, termasuk kendaraan yang dimiliki tentu Anda mengenal sistem radiator di dalamnya. Di mana selama ini mungkin

thumbnail

Mengenal Tipe Kondensor AC Mobil dan Jenis Zat Pendinginnya

2021-01-12

Mobil merupakan salah satu moda transportasi pribadi yang kini wajib dimiliki oleh semua keluarga. Selain memberikan kenyamanan, satu unit kendaraannya mampu menampung b