Logo Daihatsu
Menu

4 Hal yang Dapat Menyebabkan Kunci Remot Mobil Tidak Berfungsi

Otomotif

2021-01-06

penyebab kunci remot mobil tidak berfungsi

Mobil keluaran baru umumnya telah dilengkapi dengan fitur standar seperti remote kendaraan. Fitur canggih tersebut memiliki beragam fungsi, sehingga sang pemilik akan merasa resah jika remote mendadak tidak dapat dioperasikan.

Sebelum menggantinya dengan yang baru, kenali beberapa penyebab kunci remot mobil tidak berfungsi berikut. 

1. Frekuensi Remote Terganggu

Remote control kendaraan memanfaatkan sistem gelombang radio untuk menjalankan perintah sesuai tombol yang ditekan. Apabila frekuensi remote terganggu, maka tidak mengherankan jika aksesoris tersebut tidak dapat berfungsi. 

Apabila area gelombang elektromagnetiknya cukup tinggi, kemungkinan berpengaruh pada kinerja dari remote itu sendiri. 

Umumnya remote akan mengalami gangguan ketika berada di area yang berdekatan dengan tower radio, BTS provider telepon seluler, SUTET, atau tower televisi. Sebab beberapa area tersebut memancarkan gelombang cukup tinggi. 

Menyadari bahwa kendaraan berada di area rawan tersebut, Anda harus bergegas menghindarinya agar remote dapat berfungsi kembali. Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, dapat diketahui bahwa gangguan kecil tersebut hanya bersifat sekunder dan tidak beresiko kerusakan permanen. 

Meski demikian, Anda merasa terganggu karena kendaraan tidak dapat menangkap sinyal yang diberikan. Alhasil Anda tetap harus menghindari beberapa area penyebab kunci remot mobil tidak berfungsi tersebut. 

2. Baterai Remote Habis 

Tidak perlu panik ketika remote kendaraan tidak dapat berfungsi meski telah berusaha menekan beberapa tombolnya. Sebab ada kemungkinan jika baterai remotenya telah habis, sehingga aksesoris tersebut tidak dapat mengirimkan sinyal pada kendaraan seperti biasanya. 

Oleh karena itu, segera ganti dengan baterai baru agar remote dapat bekerja kembali. Salah satu pertanda bahwa penyebab utamanya adalah baterai habis, yaitu lampu indikatornya yang tidak menyala meski Anda menekan salah satu tombolnya. 

Dengan kata lain, baterai merupakan sumber energi listrik yang harus dipenuhi agar aksesoris tersebut dapat menyala. Oleh karena itu, tidak ada  salahnya stok beberapa baterai sebagai alternatifnya. 

3. Receiver Remote Rusak 

Kerusakan pada receiver remote, merupakan salah satu penyebab kunci remot mobil tidak berfungsi. Receiver remote sendiri, merupakan komponen yang tertanam di dalam mesin kendaraan dan memiliki peran utama sebagai penerima gelombang ketika salah satu tombol remote ditekan. 

Gelombang yang berhasil ditangkap akan diterjemahkan terlebih dahulu. Hasil dari terjemahan perintah akan dibaca oleh kendaraan dan menjalankan perintah yang diberikan. Namun perintah tersebut tidak akan pernah sampai jika bagian penerjemah sinyal mengalami kerusakan. 

Menyadari adanya kerusakan pada receiver remote, sebaiknya segera membawanya ke bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penanganan. 

4. Remote Mengalami Kerusakan

Kerusakan pada remote mobil, adalah penyebab kunci remot mobil tidak berfungsi meski telah berusaha menekan beberapa tombolnya. 

Salah satu tanda bahwa remote mengalami kerusakan, yaitu lampu indikatornya yang tidak menyala meski baterai baru saja diganti dengan yang baru. 

Salah satu penyebab kerusakan pada remote kendaraan yaitu terlalu sering jatuh atau tertekan. 

Ketika mendapati remote mobil tidak dapat dinyalakan, sebaiknya Anda tidak panik dan carilah penyebab utama kerusakannya. Setidaknya ada beberapa faktor utama remote tidak dapat berfungsi meski tombolnya telah ditekan. 

Dengan memahami penyebab kerusakan, Anda bisa mengatasinya tanpa perlu membeli remote yang baru. 

Baca juga: 5 Merek Alarm Mobil Bagus, dari yang Termurah sampai Jutaan Rupiah


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Simak Cara Menggunakan Avometer Analog dan Digital dengan Benar

2021-01-04

Avometer atau multimeter berperan untuk mengukur arus listrik, hambatan, dan tegangan. Namun ternyata, alat ini juga sering kali digunakan untuk maintenance

thumbnail

Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel

2020-12-03

Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi meng

thumbnail

Hindari Kerusakan, Berikut 4 Cara Menyetel Wiper Mobil yang Benar

2021-01-12

Wiper merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan dan penyetelan dengan benar. Kedua hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar komponen wiper dapat menjang

thumbnail

Tips Jitu Mengetahui Apakah Mobil Bekas Pernah Tabrak Belakang

2022-06-24

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati masyarakat. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin memiliki mobil dan menjadikannya kendaraan untuk beraktiv