Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Gampang Banget! Begini Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remote
03 Desember 2020
cara mematikan alarm mobil tanpa remot

Keberadaan fungsi remote tak cuma sekedar membuka dan mengunci pintu mobil. Tapi ada yang disematkan fitur alarm mobil untuk menghindari dari upaya buka paksa sebagai fitur keamanan. Terkadang, ada saja kejadian alarm mobil nyala sendiri sementara itu remote ngadat alias hilang kendali. 

Cara mematikan alarm mobil tanpa remote adalah bukan perkara sulit. Sahabat bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini agar bisa menonaktifkan alarm mobil secara manual. 

1. Gunakan kunci mobil untuk buka pintu 

Banyak alarm mobil yang dirancang untuk mati sendiri ketika pemilik mobil membuka pintu dengan kunci original. Coba masukkan kunci mobil ke pintu, kemudian putar ke posisi mengunci dan membuka beberapa kali. Prinsipnya, ketika mobil dikunci dengan benar, maka alarm menerima sinyal untuk mematikan bunyi.

2. Nyalakan mobil seperti biasa

Beberapa tipe mobil ada yang disetting OFF ketika mobil menyala. Langkah yang perlu dilakukan adalah buka pintu mobil secara manual dengan kunci, kemudian nyalakan mobil seperti biasa. 

Alarm mobil akan mati sendiri ketika mesin hidup karena sensor alarm sudah mendeteksi kunci original yang digunakan untuk menyalakan kendaraan. 

3. Matikan dengan kunci mobil.

Cara ini paling mudah dilakukan ketika dua langkah di atas nggak berhasil. Matikan mesin mobil lagi, kemudian segera masukkan kunci ke lubang starter, kemudian putar bolak-balik dari ACC ke ON 10 kali secara cepat dan konstan. 

Cara ini dapat membuat alarm mobil dalam posisi disarm yang ditandai dengan bunyi yang semakin cepat, kemudian mati. Selain itu, lampu yang berkedip juga akan mati. Proses mematikan alarm mobil tanpa remote pun selesai. Selanjutnya, segera cek kondisi remote alarm apakah baterainya habis atau memang sudah rusak. 

4. Lepas sekring alarm 

Jika dua cara di atas nggak berhasil juga, Sahabat harus melepas sekring alarmnya secara manual. Teorinya, ketika sumber aliran arus listrik dilepas, maka alarm mobil jadi nonaktif. 

Gunakan buku panduan mobil untuk mencari tahu posisi kotak berisi sekring di mobil. Biasanya kotak ini berada di wadah mesin atau kabin. Usahakan tetap tenang dan jangan panik, karena bunyi alarm mobil memang sangat mengganggu. Jangan lupa gunakan tang berujung runcing untuk melepasnya karena mungkin sekringnya rapuh dan mudah patah.

Alarm mobil seharusnya langsung mati ketika sekringnya dilepaskan. Kalau tidak tahu posisi sekring ada di sebelah mana, coba lepas dan pasang kembali sekring satu persatu untuk mengetahui sekring mana yang dapat mematikan alarm mobil.

Kalau alarmnya sudah berhenti, kemudian gunakan tang kembali untuk meletakkan sekringnya lagi. Seharusnya alarm mobil yang sudah direset nggak bakal nyala lagi. Tapi kalau alarm masih saja bunyi, sepertinya alarm perlu diperbaiki.  

5. Reset kelistrikan lewat aki mobil 

Cara ini terbilang langkah paling manjur ketika semua cara di atas gagal. Sahabat hanya perlu melepas terminal negatif dari aki. Longgarkan terminal dengan kode (-) di sambungan aki dan tidak perlu melepas kabel positifnya (+). Kemudian pasang kembali, alarm beserta komponen listrik pada mobil seharusnya mati dengan cara ini. 

Namun perlu diingat, kemungkinan cara ini bisa mereset semua sistem kelistrikan pada mobil termasuk audio hingga Electronic Control Unit (ECU)nya. Oleh karena itu lebih baik panggil tukang jasa servis untuk melakukan langkah ini. 

Demikian lima cara yang bisa dilakukan untuk mematikan alarm mobil tanpa remote. Setelah itu, lakukan pemeriksaan kondisi remote di bengkel resmi biar mobilitas Sahabat tidak terganggu. 

Penulis: Dinno Baskoro

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku