Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Keyless Mobil? Inilah Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

Otomotif

2023-01-10

Apa itu Keyless Mobil? Inilah Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya

Keyless mobil merupakan suatu fitur terbaru yang disematkan oleh pabrikan mobil beberapa tahun terakhir ini. Lantas apa fungsi dari fitur tersebut? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari fitur tersebut? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut ini. 

Sekilas Mengenai Keyless Mobil beserta Fungsinya

Keyless pada mobil sebenarnya merupakan sebuah inovasi teknologi terbaru pada industri otomotif. Tujuan diciptakan fitur keyless untuk kepraktisan penggunaan mobil. Agar Anda lebih memahaminya, yuk perhatikan beberapa fungsi fitur keyless pada mobil seperti berikut.

1. Sebagai pengganti kunci mobil

Jika diartikan, istilah keyless memiliki arti tanpa kunci. Fitur keyless memang diciptakan sebagai pengganti kunci mobil manual. Dengan fitur tersebut para pemilik mobil bisa menyalakan mobil hanya dengan menekan tombol keyless. Ketika tombol ditekan, secara otomatis bagian key fob akan mencari sinyal atau gelombang radio yang terpancar dari mobil Anda. Dengan begitu, kunci pintu mobil akan terbuka.

2. Sebagai perangkat keamanan mobil

Fitur keyless yang tersemat dalam mobil, bisa dibilang sebagai salah satu perangkat keamanan mobil. Sebab dengan menggunakan fitur tersebut, mobil jadi susah dicuri karena setiap mobil memiliki kode keyless yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cara Setting Remote Alarm Mobil Mode Silent & Unsilent

Kelebihan Keyless Mobil

Berikut beberapa kelebihan yang Anda dapatkan ketika mobil Anda sudah dilengkapi dengan fitur keyless.

1. Lebih praktis

Dengan menggunakan fitur keyless, semuanya akan terasa lebih praktis. Mengapa bisa begitu? Karena Anda tidak perlu susah-susah merogoh kantong pakaian atau celana Anda untuk mencari kunci mobil.

Hanya dengan menekan tombol start pada key fob, secara otomatis mobil Anda akan menyala. Cocok bagi Anda, yang sering lupa menaruh kunci mobil. Dengan adanya fitur keyless permasalahan tersebut dapat teratasi dengan baik.

2. Keamanan mobil lebih terjaga

Fitur keyless pada mobil dapat berfungsi mengunci pintu mobil secara otomatis ketika pengemudi mobil menjauh dari mobil. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi mobil Anda apakah pintunya sudah terkunci dengan baik atau belum? Dengan begitu, keamanan mobil menjadi lebih terjaga.

Selain itu, setiap keyless memiliki kode khusus nan unik sehingga sulit untuk dibobol pencuri. Sedangkan mobil dengan kunci mobil manual, mudah sekali di bobol karena kunci manual lebih mudah untuk di duplikasi.

Baca Juga : Wajib Tahu! Begini Cara Reset Remote Mobil dengan Mudah

Kekurangan Keyless Mobil 

Meski penggunaan keyless pada mobil dibilang lebih praktis dan aman. Fitur tersebut tetap memiliki kekurangan. Lantas apa saja kekurangannya? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.

1. Keyless bisa mati secara tiba-tiba

Kekurangan dari penggunaan keyless adalah bisa mati secara tiba-tiba. Penyebab remote keyless tidak berfungsi atau mati biasanya baterai dalamnya sudah habis ataupun keyless terendam air. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengecek kondisi keyless Anda.

Biasanya baterai keyless yang sudah mulai habis, memiliki ciri-ciri bagian lampu indikatornya redup. Apabila digunakan sering sekali tidak memberikan respons sinyal terhadap mobil. Bila baterai habis, segera ganti dengan baterai yang baru. Jangan lupa untuk menjauhkan keyless dari air agar tidak rusak.

2. Sinyal mudah terganggu

Seperti Anda ketahui, keyless pada mobil memanfaatkan gelombang radio sebagai sinyal untuk menyalakan mesin mobil ataupun membuka dan menutup pintu mobil. Sinyal tersebut akan sangat mudah terganggu bahkan mati apabila Anda memarkir mobil di area sekitar pemancar radio, atau BTS (Base Transceiver Station) dari provider internet atau telepon selular. 

Demikian ulasan mengenai fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari fitur keyless pada mobil. Semoga bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Lokasi Parkir Termahal di Jakarta dan Tarifnya Terbaru 2023

2023-11-17

Mengetahui lokasi parkir termahal di Jakarta 2023 beserta tarif terbarunya sangatlah diperlukan. Pasalanya pihak Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kenaikan tarif

thumbnail

Komponen Kompresor AC Mobil, Fungsi dan Cara Perawatannya

2023-10-30

Mengenali komponen kompresor AC mobil beserta fungsi dan cara merawatnya merupakan hal yang penting. Mengapa bisa begitu? Karena kompresor AC merupakan jantungnya si

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Lampung 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-30

Informasi mengenai pemutihan pajak lampung wajib untuk diketahui bagi Anda yang mempunyai tempat tinggal di Lampung. Sebab keberadaan dari program inilah sangat pent

thumbnail

Cat Bemper Mobil, Ketahui Rincian Biaya dan Jenis Catnya

2020-12-03

Cat bemper mobil merupakan bagian dari perbaikan bemper de