Logo Daihatsu
Menu

Cara Merakit Subwoofer untuk Mobil yang Baik

Otomotif

2021-03-23

cara merakit subwoofer yang baik

Subwoofer merupakan salah satu jenis speaker yang berfungsi untuk menerima musik dengan frekuensi rendah. Jenis speaker satu ini dinilai sangat nikmat jika digunakan untuk memutar lagu yang menggunakan hard bass. 

Lantas, bagaimana cara merakit subwoofer yang baik agar bisa digunakan untuk menikmati lagu ini? Cek ulasannya berikut.

1. Perhatikan Rangkaian Penyatu Pada Dual Input

Rangkaian ini menjadi komponen utama yang harus diperhatikan agar dapat mengangkat nada dengan baik. Pasalnya, subwoofer ini hanya memerlukan nada yang yang rendah agar dapat menghasilkan suara musik hard bass yang yang asik. 

Kendati demikian, speaker yang dihadirkan dengan bentuk subwoofer tidak akan mampu membawa nada tinggi maupun nada sedang.

Namun, kehadiran subwoofer dapat menjadi speaker favorit bagi pecinta musik hard bass. Merakit speaker jenis ini perlu dilakukan dengan menjadikan rangkaian penyatu dual input menjadi single output. 

Cara merakit subwoofer yang baik perlu dilakukan dengan menciptakan rangkaian c945 untuk menghadirkan subwoofer yang bisa mengeluarkan suara sangat menggelegar.

Rangkaian c945 merupakan jenis transistor bipolar untuk menghasilkan nada rendah hingga menengah menggunakan tipe NPN. Transistor ini dirancang menggunakan basis, emitor dan kolektor. 

Kemudian, Anda juga bisa memilih kemasan transistor c945 menggunakan type TO-92. Meski demikian, Anda juga dapat mencoba rangkaian transistor lainnya untuk menghasilkan nada jenis ini.

Baca Juga: Daftar 7 Merk Audio Mobil Terbaik

2. Buffer Audio Pada Satelit

Kemudian, Anda juga perlu menggunakan buffer audio satelit ganda pada rangkaian ini. Buffer audio tersebut memiliki fungsi sebagai kontrol audio agar dapat menghadirkan output bersubwoofer. Anda bahkan bisa menggunakan alat berupa stereo untuk menghasilkan mono atau 1 output tanpa melakukan interferensi dari chanel R.

3. Membangkitkan Nada Rendah

Cara merakit subwoofer yang baik juga dapat dilakukan dengan membangkitkan nada yang dibutuhkan, yaitu nada rendah. Dalam hal ini, input L perlu dibagi menjadi 2 menggunakan resistor 4K7. 

Rangkaian ini akan menyalurkan ke buffer satelit maupun control audio untuk subwoofer. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menggunakan 2200 watt atau yang lebih sedikit.

Jika Anda telah mencapai perakitan pada tahapan ini, Anda dapat mendengarkan nada tinggi dan nada menengah mulai menipis. Sedangkan output yang dihasilkan telah didominasi oleh nada rendah. 

Kendati demikian, kondisi ini biasanya hanya akan membuat suara terdengar lebih rendah maupun lebih kecil. Untuk itu, Anda perlu mengatasi hal ini dengan penguat transistor.

4. Penguat Transistor

Penguat transistor berfungsi untuk meredam nada tinggi maupun nada menengah yang masih tersaring output nada yang dihasilkan. Tentunya, nada rendah yang sempat terdengar lebih kecil dan rendah ini akan dikuatkan oleh penguat transistor. 

Oleh karena itu, penguat ini seringkali memiliki fungsi ganda untuk meredam dan menguatkan nada yang dibutuhkan.

Meski demikian, Anda perlu memperhatikan penguat transistor dalam mempelajari cara merakit subwoofer yang baik. Anda sebaiknya menggunakan penguat transistor untuk menghubungkan pemasangan basis ke bagian kolektor yang terdapat pada kaki transistor c945. 

Untuk itu, pasangkan penguat ini pada R6 atau 1 Mega pada paralel dengan 8.20 pico dengan kapasitor 470 PF-1000 PF.

Itulah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan untuk merancang transistor dan menciptakan subwoofer dengan baik. Rancangan yang baik dan benar dapat menghadirkan nada rendah dengan suara yang keras dan menggelegar. 

Tentunya, perakitan subwoofer yang baik ini dapat Anda gunakan pada untuk memutar lagu hard bass atau menciptakan suasana home theater.

Baca Juga: Tips Memilih Power Amplifier Untuk Subwoofer Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda-tanda Selang Rem Perlu Diganti

2022-05-13

selang rem adalah salah satu komponen paling penting dalam sistem pengereman mobil, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka efektivitasnya pun akan tergangg

thumbnail

Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

2022-05-20

Shockbreaker merupakan komponen berbentuk tabung pada mobil yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang diciptakan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling. Jadi, sa

thumbnail

Plat P Daerah Mana? Temukan Informasinya di Sini!

2024-01-15

Apakah Anda pernah menemui kendaraan plat P ketika sedang melakukan perjalanan? Lantas dari daerah mana kendaraan dengan plat tersebut berasal? Anda tentu penasaran

thumbnail

Daftar Aplikasi GPS Penunjuk Jalan yang Canggih dan Recommended

2020-11-17

GPS penunjuk jalan adalah komponen yang harus Sahabat punya saat berkendara. Alat itu nantinya bisa membantu Sahabat untuk menemukan jalan atau rute yang tengah dituju.