Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Membuat Kerajinan Mobil mobilan Dari Botol Bekas

Family

2020-12-01

kerajinan mobil mobilan dari botol bekas

Anak-anak belajar dengan caranya sendiri yaitu bermain. Bermain tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak tetapi juga sebagai metode belajar. Terkadang orang tua tidak memahami ini dan menyuruh anaknya belajar dengan cara yang kaku.

Ada banyak sekali cara untuk belajar sambil bermain dengan anak-anak. Salah satunya adalah membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas. Kerajinan ini akan mengasah kreativitas anak dalam membuat mainan sesuai imajinasi. Anak secara tidak langsung belajar mengukur dan berhitung saat membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas.

Nah, lalu bagaimana cara membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas ini? Yuk simak caranya.

Siapkan Bahan-bahan untuk Membuat Kerajinan Mobil mobilan dari Botol Bekas

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat kerajinan dari mobil mobilan dari botol bekas ini tentu saja botol bekas. Sahabat dapat menggunakan botol bekas apa saja. Entah itu bekas air mineral ataupun bekas minuman bersoda. Botol bekas yang digunakan sebaiknya yang mudah untuk ditembus cutter atau pisau. Botol bekas yang terlalu tebal akan sedikit menyulitkan proses pembuatan.

Setelah menyiapkan botol bekas, siapkan alat-alat seperti gunting, pisau atau cutter, dan lem tembak. Untuk membuat hiasan sediakan tusuk gigi, sedotan, cat non toxic, kertas lipat, beberapa tutup botol bekas, dan juga spidol berwarna.

Membuat Desain Mobil

Sebelum benar-benar membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas, buatlah terlebih dahulu desain mobilnya. Desain ini akan memudahkan Sahabat saat akan membuat mobil mobilan dari botol bekas. Desainnya tidak harus bagus, Sahabat dapat mencoret-coret di atas kertas bekas, yang penting terlihat garis besar desain yang akan dibuat.

Sahabat dapat bertanya pada si kecil model apa yang ingin dibuat. Ingat untuk tidak mencela apapun desain milik anak ya. Karena anak kecil memiliki imajinasi yang berbeda dengan orang dewasa. Biarkan anak untuk berkreasi dengan keinginannya.

Mulai Membuat Kerajinan Mobil Mainan dari Botol Bekas

Setelah memiliki bahan dan desain mobil yang diinginkan, sekarang waktunya untuk membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas. Caranya mungkin akan bervariasi tergantung model mobil mainan yang dibuat.

Untuk mobil dari botol bekas dengan model mobil yang simpel, Sahabat dapat melubagi terlebih dahulu bagian leher botol dan juga pada bagian bawah. Atau Sahabat dapat menyesuaikan dengan keinginan letak roda nanti akan dipasang.

Untuk melubanginya Sahabat akan membutuhkan obeng, bakar ujung obeng pada api hingga panas. Lalu tusukan pada bagian yang diinginkan hingga berlubang. Ulangi pada bagian sisi lainnya.

Lalu untuk rodanya, Sahabat dapat melubanginya dengan cara seperti melubangi tempat poros roda tadi. Lubangi pada bagian tengah tutup botol. Ulangi sampai tutup botol mencukupi untuk dibuat roda.

Setelah mendapati lubang pada poros dan roda tersebut, masukan tusukan sate pada badan botol yang sudah dilubagi, lalu tusukan tutup botol tadi dan lilitkan karet pada ujung tusuk sate agar roda tidak lepas.

Sekarang Sahabat tinggal menghias mobil mobilan dari botol bekas ini sesuai dengan keinginan. Sahabat dapat menambahkan kertas lipat yang sudah dibentuk seperti jendela mobil. Tempelkan pada badan botol bekas dengan lem perekat. Jika ingin bentuk yang lebih lucu, pada bagian tengah badan buat ornamen dengan motif hewan. Caranya kertas lipat atau kertas apapun digambar terlebih dahulu. Setelah itu rekatkan pada botol. Tambahkan telinga, buntut agar terlihat lebih lucu.

Harus dengan Pengawasan Orang Tua

Membuat kerajinan mobil mobilan dari botol bekas ini harus dengan pengawasan orang tua. Karena alat yang digunakan berupa benda-benda tajam. Hal ini dapat membahayakan anak jika anak teledor saat menggunakannya. Sahabat dapat mengambil alih beberapa langkah yang akan membahayakan anak dan memberikan anak tugas untuk membuat komponen yang tidak membahayakannya.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Kutu Rambut pada Anak dan Rekomendasi Obatnya

2020-11-25

Kutu rambut sering kali menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Baik itu orang dewasa, maupun anak-anak, jika sudah kena kutu rambut, maka tidak akan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-har

thumbnail

Referensi Dongeng Sebelum Tidur yang Cocok untuk Anak Usia 1 - 7 Tahun

2021-02-05

Membacakan dongeng kepada anak-anak tetaplah penting untuk dilakukan. Apalagi, jika dilakukan sebelum tidur. Selain sebagai cara agar anak bisa tertidur, membacakan dong

thumbnail

5 Pahlawan Nasional Wanita untuk Diteladani Perempuan Indonesia

2021-02-10

Indonesia adalah negara yang ada dengan perjuangan para pahlawannya dalam mengusir penjajah. Tidak hanya lelaki, banyak pula

thumbnail

Membangun Rumah, Tips, Tahapan, Estimasi Biaya

2021-01-22

Banyak orang yang mendambakan untuk memiliki rumah sendiri. Tentunya ada cara untuk mendapatkan hal itu, mulai dari membeli rumah jadi sampai membangun rumah dari nol.&n