Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Mobil Mainan dari Bahan-bahan Bekas dan Mudah Ditemukan

Family

2020-12-01

mobil mainan

Mobil mainan adalah salah satu mainan yang dapat dimainkan oleh anak laki-laki perempuan. Anggapan bahwa anak perempuan tidak boleh bermain mobil mainan sangatlah keliru. Orang beranggapan jika anak perempuan bermain mobil mainan akan menghilangkan sisi feminin anak perempuan. Padahal mobil mainan tidak akan menghilangkan sisi feminin anak perempuan.

Ada banyak jenis mobil mainan yang dijual di toko mainan tetapi anak-anak tidak selalu harus dibelikan mainan baru yang harganya mahal. Karena sebenarnya yang anak-anak sukai adalah bermain bersama orang tua. Sayangnya banyak orang tua yang tidak memahami hal ini. Dan terus saja membelikan mainan yang mahal sebagai bentuk kasih sayang.

Padahal benda apa pun di rumah bisa menjadi mainan dengan anak-anak. Sahabat hanya perlu sedikit menyulap barang-barang bekas yang ada di rumah. Salah satunya Sahabat dapat membuat mobil mainan sendiri di rumah bersama si kecil dengan beberapa barang bekas berikut ini.

Mobil Mainan Dari Barang Bekas

Memanfaatkan bahan yang ada di rumah untuk membuat mainan sangatlah bagus. Selain untuk mengasah kreativitas anak, memanfaatkan barang bekas ini akan sedikit mengurangi sampah. Ada beberapa barang bekas yang dapat dijadikan mobil mainan, yaitu kardus, botol minum, kertas atau koran dan juga kalender bekas.

Cara Membuat Mobil Mainan Dari Kardus

Kardus adalah bahan yang paling mudah ditemukan di rumah. Ada macam-macam kardus, seperti kardus bekas susu, bekas pasta gigi, bekas mi instan atau kardus bekas dari berbagai macam barang lainnya.

Bahan dan perlengkapan yang harus Sahabat persiapkan untuk membuat mobil mainan dari kardus adalah gunting, lem, penggaris, pensil, penghapus, lakban hitam, tusuk sate dan jika dibutuhkan spidol atau krayon.

Pertama, membuat mobil mainan dari kardus bekas pasta gigi.

Kardus bekas pasta gigi ini ukurannya memang tidak besar. Sehingga Sahabat tidak perlu memotong bagian kardus bekas pasta gigi ini. Cukup tambahkan roda yang berasal dari tutup botol. Jika tidak ada, Sahabat dapat memotong kardus yang ukurannya lebih besar untuk membuat roda.

Setelah membuat rodanya, sesuaikan panjang tusuk sate dengan lebar kardus pasta gigi. Lubangi kardus pasta gigi dan memasukkan tusuk sate kemudian pasang rodanya. Beri penutup pada ujung roda.

Untuk bagian akhirnya, pada badan pasta gigi, beri lakban hitam untuk membuat kaca mobil. Jika tidak ada lakban hitam, bisa menggunakan kertas berwarna hitam untuk membuat kaca mobil tersebut.

Kedua, membuat mobil dari kardus bekas susu.

Untuk membuat mobil dari kardus bekas susu, Sahabat perlu membuat pola terlebih dahulu pada kardus. Tentukan bentuk mobil akan dibuat seperti apa. Gambar pola dan gunting sesuai pola yang dibuat. Rekatkan pola tersebut dengan lem dan pasang roda pada mobil mainan tersebut.

Cara Membuat Mobil Mainan Dari Botol Bekas

Selain kardus, barang yang paling sering ditemukan di rumah adalah botol bekas. Bisa bekas air mineral, ataupun bekas minuman lainnya. Sebelum digunakan untuk membuat mobil mainan, botol bekas sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan sabun. Apalagi jika botol tersebut bekas minuman manis. Sisa minuman manis tersebut dapat mengundang semut bahkan membuat mobil mainan yang dibuat menjadi lengket dan tidak nyaman untuk dimainkan.

Cara membuat mainan dari botol bekas cukup mudah. Siapkan gunting, lem, tutup botol 4 biji, tusuk sate, kertas lipat.

Lubangi badan botol dengan tusuk sate yang sudah diukur panjangnya. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk poros roda.

Dan untuk roda, panaskan obeng dan buat lubang pada tengah tutup botol bekas.

Masukan terlebih dahulu tusuk sate pada badan botol yang sudah dilubangi tadi. Lalu pasang tutup botol pada setiap sisi hingga membuat botol bekas terlihat seperti mobil mainan.

Agar terlihat lebih bagus, Sahabat dapat menambahkan hiasan dari kertas lipat misalkan ditambahkan kuping agar terlihat seperti kelinci. Bisa juga dengan menggambar badan botol menggunakan spidol berwarna. Sahabat dapat menyesuaikan desain tersebut dengan imajinasi si kecil.

Cara Membuat Mobil Mainan Dari Kertas atau Koran

Origami atau seni melipat merupakan kegiatan yang dapat melatih motorik halus anak. Pada anak kecil, membuat origami dapat dimulai dari yang paling mudah terlebih dahulu. Mobil mainan dari kertas atau koran termasuk bentuk origami yang mudah untuk dibuat.

Selain kertas koran, kalender bekas yang ada di rumah dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai bahan membuat mainan bekas. Apalagi biasanya kalender bekas memiliki sisi polos yang dapat digambar dengan bentuk sesuai keinginan. Bahan dari kalender bekas pun lebih kokoh daripada kertas koran.

Nah sekarang bagaimana cara membuat mobil mainan dari kertas kalender atau koran ini?

Cukup menyiapkan 2 lembar kertas bekas seperti koran atau kalender yang sudah tidak dipakai, spidol, gunting dan lem.

Untuk membuat badan mobil, lipat kertas berbentuk persegi panjang. Lalu potong setengah lingkaran pada salah satu sisinya. Sisi ini akan dibuat sebagai kepala mobil. Agar kokoh, dapat menambahkan kertas dengan pola yang sama lalu ditempelkan.

Setelah badan mobil jadi, Sahabat dapat menambahkan gambar jendela atau pun pintu mobil. Bila perlu, seluruh kertas diberi motif yang warna agar terlihat lebih menarik.

Lalu untuk rodanya, dengan kertas yang berbeda warna buatlah lingkaran sebanyak 2 lembar untuk rodanya. Lem pada badan mobil yang sudah dibuat tadi.

Mobil mainan ini memang tidak dapat dimainkan sambil berjalan seperti pada mobil mainan yang dibuat dengan kardus atau botol bekas. Tapi bentuknya yang menyerupai sudah cukup membuat si kecil senang karena membuatnya bersama Sahabat.

Harus dengan Pengawasan Orang Tua

Membuat mobil mainan dari barang bekas dengan orang tua merupakan aktivitas yang mengasyikkan bagi anak. Perlu diingat, karena beberapa langkah membuat mobil mainan membutuhkan benda tajam, maka anak-anak harus didampingi orang tua. Minimal usia anak-anak dapat diajak membuat mobil mainan dari barang bekas ini adalah tiga tahun. Karena pada usia tersebut anak sudah mulai dapat memahami perkataan orang dewasa dengan baik. Dan dapat mengikuti instruksi.

Pada langkah yang membutuhkan benda tajam tersebut, sebaiknya diambil alih oleh orang tua agar tidak melukai anak. Apalagi anak kecil sering kali belum dapat mengontrol tangannya dengan baik. Tetapi pada bagian menggunting, Sahabat dapat memberikan gunting khusus yang tidak berbahaya. Biasanya gunting ini hanya dapat menggunting kertas, sehingga tidak terlalu tajam.

Pada saat membuat mobil mainan pun perlu diperhatikan agar mainan dari mobil bekas tersebut tidak memiliki bagian yang membahayakan anak. Apalagi jika menggunakan botol bekas maka akan ada kemungkinan ada sudut yang tajam yang dapat melukai anak. Agar lebih aman, Sahabat dapat menggunakan bahan dari kardus bekas, karena tidak membahayakan anak.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Cepat Belajar Membaca

2021-01-11

Banyak orang tua yang bertanya-tanya, bagaimana cara cepat belajar membaca? Cara cepat belajar membaca merupakan proses pembelajaran yang bertahap dan tidak dapat dilaku

thumbnail

Inilah Sejumlah Efek Begadang yang Berdampak Buruk Pada Kesehatan

2021-03-12

Sesekali begadang untuk tugas atau pekerjaan memanglah tak mengapa. Namun, jika keseringan, hal itu bisa bikin Sahabat mengalami sejumlah efek buruk. Terutama, dari segi

thumbnail

5 Pekerjaan di Bidang Sosial Media yang Menghasilkan Gaji Tinggi

2020-12-02

Sejak munculnya sosial media, seolah membuat semua orang tersihir untuk aktif dalam dunia online tersebut. Tak hanya digunakan sebagai alat sosialisasi online saja, namu

thumbnail

Macam-macam Perpindahan Penduduk dan Dampaknya

2020-12-04

Perpindahan penduduk merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Setiap harinya perpindahan penduduk terjadi baik perpindahan penduduk nasional maupun internasional. Munculnya perpindahan penduduk ada