Logo Daihatsu
Menu

Cara Naik Pesawat bagi Pemula

Family

2021-01-13

naik pesawat

Cara naik pesawat bagi pemula merupakan hal yang baru dan mendebarkan. Namun, setiap orang harus melaluinya. Perjalanan dengan pesawat lebih menyenangkan dan relatif lebih cepat dibandingkan perjalanan laut ataupun darat.

Jika Sahabat pertama kali naik pesawat, jangan gugup. Cari info apa saja sih yang perlu Sahabat kuasai dan siapkan untuk penerbangan pertama kali. Berikut ini adalah beberapa tips cara naik pesawat bagi pemula yang bisa Sahabat lakukan.

Beli di Agen Travel Terpercaya

Untuk Sahabat yang terbiasa belanja online, Sahabat bisa menggunakan jasa agen travel terpercaya untuk naik pesawat, seperti Traveloka, Mister Aladin, Tiket, dan sejenisnya. Atau jika Sahabat punya teman yang memang bekerja di agen travel, bisa minta bantuannya untuk membelikan tiket. Jangan sampai pengalaman pertamamu menjadi hal yang buruk.

Cek Kuota Bagasi

Jika Sahabat memang membawa banyak barang, coba cek berapa kuota bagasi yang diperbolehkan oleh maskapai yang Sahabat naiki. Setiap maskapai punya aturan masing-masing. Ada yang 10 kg, 20 kg, dan 30 kg.

Tahu di Mana Terminal Keberangkatan

Karena bandara memiliki beberapa terminal, Sahabat harus mengecek nanti Sahabat bakal berangkat dari terminal keberangkatan yang mana. Keberangkatan domestik dan mancanegara biasanya dipisah terminalnya. Tiap maskapai juga beda-beda terminal keberangkatannya.

Ingat Jam Keberangkatan, Datang Lebih Awal

Biasanya tidak menjadi orang yang molor. Sangat berbeda dengan naik kereta atau bus, naik pesawat perlu datang jauh lebih awal. Sahabat harus check-in dan melakukan banyak hal lain sebelum bisa naik pesawat. Hal itu juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Untuk Sahabat yang memang pertama kali dan belum terbiasa, Sahabat bisa datang lebih awal, misal 3 jam dari jarak jam keberangkatan. Lebih baik menunggu di bandara daripada ketinggalan pesawat.

Jangan Bawa Barang Terlarang

Aturan di pesawat sangat ketat. Ada banyak barang yang boleh dibawa ketika Sahabat naik kereta atau bus, namun di pesawat itu dilarang. Beberapa contoh barang yang dilarang adalah aki, barang berisi aerosol, oli, zat beracun, baterai dengan kapasitas tertentu, semprotan, dan masih banyak lainnya. Bahkan air minum yang sudah terbuka, tidak boleh dibawa naik ke pesawat. Mending Sahabat habiskan sebelum naik ke pesawat.

Siapkan Tiket dan Kartu Identitas untuk Keperluan Check-in

Dari rumah Sahabat pastikan bahwa Sahabat membawa tiket atau e-ticket dan kartu identitas seperti KTP, SIM, atau Paspor untuk kebutuhan check-in. Taruh semua di tempat yang mudah Sahabat jangkau yah.

Tunggu di Gate Sesuai Instruksi Pihak Maskapai

Ketika sudah check-in, Sahabat akan diinfokan harus menunggu di gate mana. Terkadang ada perubahan gate dan ini biasanya diberitahukan melalui pengumuman di bandara. Sahabat harus memperhatikan setiap pengumuman yang ada. Jangan-jangan itu info untuk keberangkatan Sahabat.

Patuhi Semua Aturan

Banyak sekali aturan yang ada di pesawat. Patuhi semua aturan itu demi keselamatan bersama. Jangan nyalakan ponsel ketika pesawat hendak take-off maupun landing. Sinyal ponsel akan mempengaruhi sinyal radio yang digunakan untuk komunikasi pilot dengan Air Traffic Controller (ATC) yang ada di bandara.

Jangan Lupa Ambil Barang

Ketika sudah landing, turun dengan hati-hati dan bergantian. Jangan lupa ambil barang Sahabat jika Sahabat punya barang yang ditaruh di bagasi. Tunggu hingga Sahabat melihat tas/barang Sahabat lalu ambil. Orang lain pun biasanya juga akan menunggu. Sahabat bisa mengingat siapa saja orang yang satu pesawat dengan Sahabat untuk memastikan Sahabat menunggu di pengambilan barang dari bagasi yang tepat.

Itulah tips naik pesawat bagi pemula yang bisa Sahabat terapkan. Semoga perjalanan Sahabat menyenangkan yah.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Hati-Hati! Inilah Bahaya Tidur Larut Malam Bagi Ibu Hamil!

2021-03-16

Kalau Sahabat adalah seorang ibu yang tengah hamil, mohon untuk tidak terlalu sering tidur larut malam. Pasalnya, tidur larut malam bisa menyebabkan bahaya untuk Sahabat

thumbnail

Ragam Suku di Indonesia dan Ciri Khasnya

2021-01-12

Suku di Indonesia merupakan suku yang sangat beragam, mulai dari cara berpakaiannya, bahasanya, hingga adat istiadatnya. Namun meski beragam, antara suku satu dengan suk

thumbnail

Deretan Film Anak Anak Terbaik Sepanjang Masa

2020-11-27

Film anak anak merupakan salah satu alternatif hiburan yang aman ditonton. Selain karena memang dibuat khusus sesuai perkembangan anak, film-film tersebut bisa dijadikan

thumbnail

Karakter Orang Sunda

2021-04-14

Karakter merupakan ciri-ciri atau sifat dalam ranah batin yang bisa menentukan pikiran, perilaku, akhlak, dan tabiat seseorang. Untuk memahami sebuah karakter, Sahabat t