Logo Daihatsu
Menu

Cara Pasang Klip Bumper Mobil yang Renggang Jadi Rapat

Otomotif

2023-05-09

Cara Pasang Klip Bumper Mobil yang Renggang Jadi Rapat

Bumper mobil renggang merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele. Seperti yang diketahui bumper merupakan komponen yang berfungsi melindungi bagian depan dan belakang mobil ketika terkena benturan. Selain itu, komponen ini bisa mengoptimalkan fungsi sistem suspensi. Mengingat fungsinya yang beragam, sudah sepatutnya Anda mengetahui cara pasang klip bumper mobil yang renggang agar rapat kembali. Lantas bagaimana cara melakukannya? Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Cara Memasang Klip Bumper Mobil yang Renggang dengan Benar

Ketika Anda hendak memperbaiki klip bumper mobil yang renggang, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut agar klip bumper rapat kembali. Berikut cara pasang klip bumper mobil selengkapnya.

1. Mengukur bumper mobil terlebih dahulu

Langkah pertama, Anda ukur sejauh apa kerenggangan yang terjadi antara bumper dengan bodi mobil. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar Anda bisa mengetahui seberapa parah kondisi bumper mobil Anda. Dengan begitu Anda bisa jauh lebih berhati-hati ketika melakukan tindakan selanjutnya.

2. Melepas bumper mobil

Cara pasang klip bumper mobil selanjutnya, Anda tinggal melepaskan bumper mobil yang renggang tersebut. Caranya cukup mudah sekali, gunakan obeng untuk membuka sekrup yang berada di atas ataupun di bagian bawah bumper. Jika sudah, lepas seluruh kabel yang menempel pada bodi bumper. Apabila terdapat grill pada bumper, Anda perlu melepaskan bagian ini hingga bumper bisa dipisahkan. 

3. Menyetel ulang lubang sekrup dan pegangan bodi mobil

Langkah selanjutnya Anda perlu menyetel ulang lubang sekrup dan pegangan pada bodi mobil. Jika lubang sekrup dan pegangan pada bodi mobil rusak atau patah, maka Anda perlu membuat penggantinya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan serat fiber pada bumper mobil. Kemudian biarkan beberapa saat hingga fiber tersebut membeku. Jika sudah, Anda perlu melubangi bagian serat fiber yang sudah Anda buat.

4. Memasang kembali bumper mobil

Langkah terakhir, Anda bisa memasangkan kembali bumper yang Anda bongkar tersebut. Pasang dengan hati-hati agar Anda tidak ada elemen yang belum terpasang. Jika proses ini tetap tidak memberikan hasil, Anda bisa mengganti bagian bracket bumper dengan komponen yang baru. 

Faktor Penyebab Klip Bumper Mobil Renggang

Setelah Anda mengetahui cara cara pasang klip bumper mobil yang renggang. Anda perlu mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kondisi tersebut dapat terjadi. Berikut faktor penyebab selengkapnya.

1. Mobil terlalu sering melewati jalanan yang rusak

Penyebab pertama, disebabkan intensitas mobil melewati jalanan rusak terlalu sering. Seperti diketahui, jalanan yang rusak dapat menimbulkan guncangan yang terlalu besar. Meski guncangan tersebut dapat dikendalikan oleh sistem suspensi, tidak menutup kemungkinan guncangan tersebut dapat melonggarkan klip bumper.

2. Bumper terkena benturan

Penyebab kedua, disebabkan karena bumper terkena benturan yang cukup keras misalnya mobil Anda menabrak atau ditabrak. 

3. Faktor usia

Penyebab terakhir, karena faktor usia pemakaian yang terlalu lama. 

Tips Merawat Bumper Agar Awet

Agar kondisi bumper Anda selalu awet, Anda perlu mempraktikkan beberapa tips berikut.

1. Hindari berkendara di jalanan yang rusak terlalu sering

Tips pertama, Anda bisa menghindari jalanan yang rusak ketika mengemudikan mobil. Jalanan yang rusak, tentu memiliki permukaan yang tidak rata sehingga memperbesar guncangan pada mobil. Kondisi ini dapat mempercepat keausan bumper dan komponen sistem suspensi mobil. Selain jalanan rusak, Anda juga perlu menghindari jalanan yang banyak polisi tidurnya. 

2. Selalu mengecek dan melakukan perawatan secara rutin

Tips kedua, Anda bisa mengecek kondisi bumper sebelum melakukan perjalanan. Anda perlu memastikan klip dan sekrup terpasang dengan kencang. Hindari mengganti bumper terlalu sering. 

Jika Anda kurang ahli dan percaya diri membongkar bumper, sebaiknya Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat, Untuk estimasi biayanya tergantung dengan tingkat kerusakan yang Anda alami dan cat mobil yang Anda gunakan. Biaya perbaikan bumper mobil sendiri berkisar Rp500.000 hingga jutaan. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-08-03

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud

thumbnail

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

2020-12-04

Indonesia mengenal surat perjanjian jual beli mobil atau akta jual beli mobil sebagai tanda bukti yang sah terkait transaksi jual beli yang sudah dilaksanakan. Bagi Saha

thumbnail

Solo-Malang Berapa Jam Naik Mobil? Ini Pilihan Rute Terbaiknya!

2023-08-03

Solo-Malang berapa jam jika naik mobil? Estimasi perjalanan tersebut perlu diketahui, jika Anda hendak berlibur ke kota Malang. Seperti Anda ketahui kota Malang meru

thumbnail

Apa itu Water Repellent pada Mobil? Ternyata Berguna Saat Hujan!

2023-05-08

Berbicara mengenai perawatan mobil, Anda pasti pernah mendengar istilah water repellent. Lantas apa arti istilah tersebut? Agar Anda tidak penasaran, yuk ketahui inf