Logo Daihatsu
Menu

Bumper Mobil Renggang? Tanpa Ke Body Repair, Begini Cara Mudah Memperbaiki

Otomotif

2021-01-12

cara memperbaiki bumper mobil renggang

Kendaraan roda empat memiliki pelindung body di bagian depan atau belakang yang dikenal dengan nama bumper. Fungsi bumper ini tak hanya sebagai pelindung, tetapi juga berperan sebagai aksesoris yang menambah kesan elegan. Cara memperbaiki bumper mobil renggang ini bisa Anda lakukan sendiri, sehingga lebih hemat biaya. Yuk cek caranya di sini!

Penyebab Bumper Renggang

Penyebab pertama yang seringkali terjadi, yaitu mobil Anda terlalu sering melintasi jalanan yang rusak. Jalanan dengan kontur seperti ini membuat clip bumper sebagai penghubung dengan body jadi longgar bahkan patah. 

Hal tersebut akhirnya membuat pelindung body bagian depan dan belakang ini renggang dan kurang elegan saat dipandang mata.

Penyebab lainnya karena Anda sering membongkar bagian tersebut, sehingga clip yang menghubungkan bumper dengan body mobil patah. Clip yang patah membuat bumper tidak bisa melekat kuat dan menempel di posisinya seperti awalnya. 

Oleh sebab itu, Anda harus mereparasi atau membawanya ke body repair agar bumper tidak mudah lepas. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba memperbaikinya sendiri silahkan ikuti petunjuk dibawah.

Baca Juga: Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Perbaikan Bemper Mobil

Cara Mudah Memperbaiki Bumper yang Renggang

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan, yaitu jarak renggang dari bumper ke body mobil. Setelah itu, lepaskan bumper dari tempatnya secara perlahan agar tidak ada komponen yang semakin rusak. Tak lupa untuk melepas lampu foglamp dan kabel kabel yang menempel di bumper secara perlahan.

Kemudian, Anda harus menyetel ulang dudukan lubang sekrup yang menempelkan bumper ke body mobil. Ukuran yang dipakai harus sesuai dengan jarak yang telah Anda ukur sebelumnya. 

Bila lubang sekrup sebelumnya rusak atau patah, maka Anda bisa membuat pegangan sebagai penghubung dengan bahan fiber.

Pegangan bumper membutuhkan lubang dengan ukuran yang pas di body mobil. Oleh sebab itu, cara memperbaiki bumper mobil renggang selanjutnya dilakukan pengeboran di body mobil. 

Pengeboran ini bertujuan untuk membuat lubang sebagai tempat pegangan yang sudah Anda buat sebelumnya agar bumper dapat dipasang.

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan, yaitu memasang kembali bumper ke body mobil secara perlahan. Hal ini dilakukan agar bumper dan body mobil tidak lecet atau justru menambah kerusakan lainnya. Tak lupa untuk memasang kembali lampu foglamp dan kabel yang sebelumnya sudah Anda lepas dari tempatnya.

Pastikan lampu dan susunan kabel tidak ada yang salah agar pemasangan tidak dilakukan secara berulang ulang. Anda juga harus memastikan bumper telah terpasang dengan tepat di body mobil dan tidak lagi renggang. 

Cara memperbaiki bumper mobil renggang ini bisa Anda perkuat dengan memasang kawat di pojok atas dan kawat bendrat di kap mobil bagian dalam.

Pelindung mobil bagian depan dan belakang ini berfungsi untuk melindungi body dari benturan yang keras. Oleh sebab itu harus terpasang dengan tepat dan sesuai di tempatnya. 

Bila komponen ini renggang, selain mengganggu penampilan seringkali juga membuat getaran tersendiri pada mobil sehingga mengurangi tingkat kenyamanan. Maka dari itu ada baiknya saat hal ini terjadi segera perbaiki.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Seperti Inilah Cara Mengganti Bushing Arm Mobil, Khususnya Komponen Karet

2021-01-04

Cara mengganti bushing arm mobil adalah cara yang bisa dipakai saat bushing arm pada mobil sudah rusak, khususnya di bagian karet. Walaupun hanya sebuah karet, komponen

thumbnail

6 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Terbaik & Berkualitas

2023-05-12

Agar performa mobil selalu maksimal

thumbnail

Tidur di Mobil dengan AC Menyala? Amankah untuk Tubuhmu?

2021-02-18

Menyalakan mobil sudah sepaket dengan menyalakan AC. Setuju kan Sahabat? Apalagi di kala siang, AC seperti penyelamat dari paparan sinar matahari yang membuat panas dan

thumbnail

Tanda Platina Mobil Rusak yang Perlu Diwaspadai

2020-12-02

Mobil tak bisa nyala, mati mendadak sampai terasa tak bertenaga merupakan tanda platina mobil rusak. Sahabat harus memahami soal tanda-tanda ini biar nggak terjadi kerusakan mesin yang cukup parah.